Categories: Tanaman

Jenis Tanaman Hias Daun Berharga Mahal di 2020

Manusia ditakdirkan untuk menyukai keindahan, salah satunya adalah tanaman hias. Terdapat beberapa jenis tanaman hias daun yang memiliki bentuk yang sangat indah dan mempesona. Tanaman ini sangat cocok ditaruh di halaman rumah anda untuk mempercantik tampilan rumah serta memberikan kesan sejuk didalamnya.

Tren tanaman hias daun di tahun 2020 ini tidak hanya berlangsung di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Kemungkinan besar karena adanya efek pandemi covid-19 yang membuat manusia mencari hiburan lain yang bisa dilakukan di dalam rumah. Penjualan tanaman hias daun menjad laris manis, harganya pun menukik tajam. Pada artikel ini saya akan mencoba membahas jenis tanaman hias daun apa saja yang menjadi termahal di tahun 2020.

Apa yang Dimaksud Tanaman Hias Daun ?

Sesuai dengan namanya, unsur keindahan dari tanaman hias daun terlihat pada bentuk daunnya. Bentuk daun ini bervariasi antara satu dengan yang lainnya, tergantung spesies dan varietasnya. Apalagi di negara kita yang beriklim tropis, memiliki keanekaragaman hayati yang sangat luar biasa banyak jadi wajar saja jika variasi tanaman hias yang ada sangat melimpah.

Tanaman hias daun biasanya mudah dirawat dan dipelihara, saya sendiri belum menemukan ada jenis tanaman hias daun yang membutuhkan perawatan khusus. Hal berbeda jika kita mau memilihara tanaman hias bunga, beberapa jenisnya membutuhkan perlakuan khusus agar bisa hidup dengan baik. Kita sebut saja anggrek, beberapa variannya khususnya jenis bunga anggrek termahal sangat sulit untuk di tumbuhkan dan diperbanyak.

Diantara berbagai jenis tanaman hias daun yang ada di Indonesia, ada yang harganya sangat mahal di tahun 2020 ini. Walaupun sebenarnya jika kita menilik harga di tahun-tahun sebelumnya, mayoritas harga tanaman hias di tahun 2020 ini mengalami penurunan. Salah satu sebabnya dikarenakan adanya pandemi Corona yang menimpa seluruh dunia sehingga perekonomian mengalami goncangan. Alhasil, banyak masyarakat kita yang hanya bisa memikirkan kebutuhan pokok seperti sandang, pangan dan papan menyebabkan harga barang hoby seperti tanaman hias menjadi turun.

Jenis Tanaman Hias Daun Mahal

Pada tahun 2020 ini, harga tanaman hias daun mengalami lonjakan harga yang cukup drastis. Kita sebut saja tanaman Philodendron monstera di Bogor yang terjual seharga 98 juta rupiah. Memang harga tanaman hias daun ini belum bisa menyaingi harga bunga paling mahal yang ada di dunia. Walau begitu, dari segi bisnis jenis tanaman daunini dianggap lebih cerah daripada bunga.

Walaupun terkadang mengalami kenaikan dan penurunan harga yang drastis, tetapi mayoritas tanaman hias daun harganya tetap stabil mahal. Biasanya yang harganya stabil adalah yang jumlahnya masih langka serta memiliki keindahan yang unik dibandingkan spesies lainnya. Sedangkan yang naik dan turun drastis biasanya diakibatkan adanya permainan mafia tanaman hias.

Beberapa jenis tanaman hias daun berharga mahal adalah sebagai berikut :

Aglaonema

Sampai saat ini aglaonema masih menjadi rajanya tanaman hias daun. Hal itu menjadi wajar, karena ia memang memiliki keindahan daun yang menakjubkan. Terdapat berbagai variasi aglaonema yang memiliki ciri khas berbeda-beda.

Sebut saja Aglaonema Red Sumatera yang pernah menjuarai kontes tanaman hias internasional di Belanda. Daunnya berwarna hijau tua di bagian atas sedangkan di bagian bawahnya berwarna ungu. Tulang daunnya terlihat dengan jelas, sehingga justru malah seperti sebuah motif yang indah.

Saat ini, Jenis aglaonema paling mahal di 2020 adalah Aglaonema Khanza. Ia memiliki daun berwarna hijau dengan tepian dan tulang daunnya berwarna pink. Warna daun yang kontras dan indah ini menyebabkan harga tanaman ini menjadi sangat mahal. Saat ini, Aglaonema Khanza dibanderol antara 5 – 7 juta rupiah per tanaman dewasanya.

Philodendron

Philodendron pernah mengalami masa jaya di sekitar tahun 2013-2014. Pada saat itu, harga tanaman hias daun ini sangat mahal, bahkan ada yang mencapai ratusan juta rupiah. Salah satu jenis philodendron yang pada kala itu booming adalah varietas marbel variegata.

Related Post

Di tahun 2020 ini, harga Philodendron kembali naik terbukti dari terjualnya beberapa tanaman dengan harga puluhan juta rupiah. Bahkan yang terbaru adalah Philodendron monstera variegata milik mas iwan dari Bogor yang berhasil terjual kepada pecinta tanaman hias dari Jakarta senilai 98 juta rupiah.

Saya sendiri bukanlah orang yang terlalu menyukai jenis tanaman hias ini. Memang sih ia memiliki bentuk daun yang unik, daunnya yang berukuran besar dan berwarna hijau ini tampak kekar dan kokoh. Tetapi ya hanya seperti itu, saya rasa ia tak pantas bila dihargai jutaan rupiah seperti harga pasaran saat ini. Apalagi tanaman ini termasuk mudah sekali dikembangbiakan secara vegetatif menggunakan stek batang.

Rhaphidophora

Sekilas bentuknya sangat mirip dengan philodendron, dengan ciri daunnya yang bolong-bolong. Walau begitu keduanya memiliki kekerabatan yang cukup jauh, karena berbeda famili. Rhaphidophora merupakan sebuah tanaman langka yang biasa tumbuh di daerah tropis seperti Asia Tenggara. Ia merupakan tanaman yang menyukai hidup di daerah yang sejuk, sehingga cocok dijadikan tanaman hias dalam ruangan.

Tanaman ini sempat menggegerkan seluruh dunia karena terjual dengan harga US 5.300 atau sekitar 77 juta rupiah pada akhir Agustus lalu. Berhari-hari situs berita internasional memberitakan penjualan tanaman yang mencatakan rekor penjualan tanaman hias termahal di situs jual beli trade me.  Walau begitu saya sendiri tidak kaget dengan harganya, memang sih secara tampilan ia tidak terlalu menganggumkan. Akan tetapi jenis tanaman ini jumlahnya di seluruh dunia sudah sangat langka dan sulit untuk dibudidayakan.

Sansevieria

Di tahun 2020 ini, harga sansiviera masih cukup tinggi. Tanaman yang dijuluki sebagai tanaman berdaun silindris ini dibanderol sekitar 100 ribu rupiah per daunnya. Padahal, di dalam satu tanaman ia memiliki paling tidak 5 daun.

Sansevieria memiliki harga mahal karena bentuk dannya yang unik. Daunnya berlekuk lekuk dan memanjang tegak keatas. Banyak pecinta tanaman hias yang mengidolakan sansevieria, apalagi ia dikenal sebagai salah satu tanaman yang bisa menyerap polusi udara. Jadi selain mendapatkan keindahan tanaman, dengan menanam Sansevieria anda juga membersihkan udara di sekitar rumah anda.

Anthurium

Memang harga Anthurium di tahun 2020 masih kalah dibandingkan masa jayanya 15 tahun lalu. Akan tetapi bukan berarti tanaman ini bisa disepelekan, harga Anthurium tetap stabil menjadi salah satu tanaman hias termahal di Indonesia. Anthurium keris saat ini menjadi jenis yang paling mahal harganya, khususnya yang memiliki warna daun hitam.

Daun tanaman ini memiliki kesan eksotis karena bentuknya yang panjang bergelombang dan berwarna hitam. Saat ini varietas Anthurium keris dengan warna hitam masih sangat sedikit jumlahnya di Indonesia. Hal itulah yang memicu mengapa harga tanaman tersebut menjadi meroket, banyak kolektor tanaman hias yang merasa penasaran dan ingin memilikinya. Sayang karena jumlahnya sedikit, para kolektor tersebut harus saling berlomba untuk merogoh koceknya agar bisa meminang tanaman hias langka satu ini.

Jenis Tanaman Murah tetapi Indah

Walau tidak memiliki harga yang mahal seperti tanaman diatas, beberapa jenis tanaman hias daun dibawah ini memiliki tampilan yang juga memukau. Berikut beberapa jenis tanaman murah tetapi indah :

Tanaman Ti

Tanaman ini memili daun berwarna ungu dengan garis-garis merah menyala. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menambahkan warna kontras di halaman rumah anda selain dengan tanaman Ti ini.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di sepanjang musim. Ia tahan terhadap kekeringan, tetapi membutuhkan sinar matahari langsung sepanjang hari. Sehingga jika anda ingin menaruhnya sebagai tanaman hias indoor, taruhlah di daerah yang terkena sinar matahari seperti di dekat jendela.

Oxalis

Jika anda menginginkan sebuah tanaman yang memiliki bentuk dan warna yang berbeda, anda bisa mencoba memelihara Oxalis. Daunnya majemuk tiga dan berwarna ungu tua, sehingga jika dilihat sekilas akan terlihat seperti bunga. Dengan bentuk dan warna daunnya tersebut, Oxalis benar-benar akan menjadi pusat perhatian.

Tanaman ini bisa dijadikan sebagai tanaman indoor ataupun outdoor. Ia termasuk tahan terhadap sinar matahari tetapi jika kekurangan pun Oxalis masih bisa tumbuh dengan baik. Walau bentuknya sangat indah, tanaman ini harganya sangat murah lho. Anda bisa mendapatkan tanaman hias daun ini diharga sekitar 20 ribu rupiah saja per tanamannya.