Jenis Aglaonema

Adanya pandemi Covid-19 yang terjadi di tahun 2020 ini membuat masyarakat yang lebih banyak dirumah mencari kegiatan baru yang dapat digunakannya untuk menghabiskan waktu luang. Salah satu kegiatan yang cukup banyak diminati adalah berkebun dan salah satu tanaman hias yang kembali lagi menggeliat harganya akibat tren baru ini adalah Aglaonema. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai jenis aglaonema yang memiliki harga paling mahal di tahun 2020 ini.

Aglaonema memang merupakan salah satu jenis tanaman yang populer di Indonesia dan bahkan ia dijuluki sebagai ratunya tanaman hias daun. Tanaman ini bahkan sempat booming di taun 2006an dimana pada saat itu harga aglaonema bisa mencapai puluhan juta rupiah per tanaman. Setelah booming tanaman ini berakhir, tanaman hias daun ini sebenarnya masih cukup populer dan banyak di tanam di pekarangan rumah warga yang membedakan hanya harganya aja yang menurun. Maklum saja, selain daunnya yang indah, aglaonema sangat mudah dirawat dan tahan terhadap cekaman lingkungan.

Jenis Aglaonema Mahal di 2020

Jenis aglaonema sangat beragam bahkan terdapat lebih dari 22 spesies dengan ratusan varietas. Tren bentuk dan warna daun aglaonema yang paling populer pun sering berubah-ubah. Pada tahun 90an, aglaonema yang paling disukai adalah yang memiliki daun berwarna hijau. Kemudian pada tahun 2000an, terjadi perubahan tren karena kemunculan varietas yang memiliki daun berwarna merah. Puncaknya pada taun 2005-2008, jenis aglaonema merah yang saat itu menjadi primadona, memiliki harga hingga mencapai puluhan juta rupiah.

Pada tahun 2010an terjadi perubahan tren kembali, tanaman yang memiliki warna daun lembut seperti aglaonema sunrise lah yang banyak dicari. Kepopularitas varietas tersebut sempat bertahun sampai tahun 2018an hingga kemunculan aglaonema anyamane yang memiliki tiga warna di dalam daunnya mematahkan dominasi varietas tersebut.

Di tahun 2020 ini, kepopuleran aglaonema yang berwarna merah menyala kembali naik daun. Bersanding dengan aglaonema anyamane keduanya memuncaki daftar jenis aglaonema berharga paling mahal di tahun 2020. Berikut ini akan saya tuliskan 4 jenis aglaonema termahal sepanjang tahun 2020 :

Aglaonema Anyamanee

Jenis aglaonema ini merupakan varietas baru yang muncul pada tahun 2019. Varietas ini dikembangkan oleh pembudidaya tanaman hias dari Thailand. Saya sendiri kurang mengetahui dari jenis ini merupakan hasil persilangan dari varietas apa, yang jelas ia memiliki daun yang sangat indah. Keindahannya terletak di daunnya yang lebar yang terdiri dari tiga warna yaitu hijau, merah dan putih.

Tanaman ini di Indonesia masih sangat sedikit jumlahnya, belum banyak pedagang yang mendatangkan bibit atau indukan Aglaonema Anyamanee dari Thailand. Apalagi saat ini masih masa pandemi, sehingga pergerakan barang antar negara menjadi sangat dibatasi. Karena jumlahnya sangat terbatas, memiliki Aglaonema Anyamanee menjadi kebanggaan tersendiri karena keeksklusifannya. Apalagi varietas ini memang memiliki bentuk yang sangat indah. Sehingga menjadi wajar jika ia saat ini menjadi jenis aglaonema termahal di tahun 2020. Harga jual tanaman indukannya bisa mencapai puluhan juta rupiah dan harga bibitnya sekitar 300 ribuan.

Aglaonema Khanza

Sangat wajar jika aglaonema khanza ini mahal harganya dikarena ia merupakan tanaman aglaonema yang masih baru, sekitar tahun 2018 rilisnya. Yang unik dari khanza ini adalah tulang daun dan tepi daunnya yang berwarna pink. Pada daun muda warnanya hijau tua yang kemudian akan menjadi warna hijau kekuningan seiring bertambahnya umur daun. Pada saat awal rilisnya tanaman ini biasa dihargai sekitar 5 – 7 juta rupiah untuk tanaman dewasa. Tetapi di tahun 2020 ini karena ada perubahan tren, harganya di pasaran menjadi turun hingga sekitar 1-2 juta rupiah saja untuk tanaman dewasa.

Aglaonema Suksom

Warnanya yang merah menyala menyebabkan aglaonema sukson menjadi tanaman favorit saya. Dibandingkan jenis lainnya bentuk daun tanaman ini lebih membulat dan berukuran lebih kecil. Minimnya klorofil pada daunnya menyebakan aglaonema sukson perlu ditempatkan pada lokasi yang terkena sinar matahari pagi dan sore agar dapat tumbuh dengan baik.

Pada tahun 2020 ini, jenis aglaonema suksom kembali berharga mahal. Sebabnya karena mulai banyak orang yang ingin memiliki tanaman hias dengan tampilan berani. Tanaman yang memiliki warna merah menyala seperti suksom tentunya menjadi sebuah pilihan yang tepat. Karena terlalu banyaknya peminat tanaman ini, saya merasa kesulitan ketika ingin membelinya pada Agustus 2020 ini. Jikapun ada yang menjualnya di grup tanaman hias facebook, harganya telah diluar budget saya karena mencapai 3 jutaan.

Saya sempat membeli di salah satu marketplace, dimana ada salah satu pedagang yang mengatakan menjual bibit varietas ini dengan harga 100 ribu. Akan tetapi pada saat saya membelinya, ternyata yang datang justru varietas lain yaitu aglaonema red ruby yang memiliki warna daun merah mudah. Sebenarnya sih karena saya membeli di marketplace dimana uangnya ditahan dulu oleh penyedia platformnya, jikalau mau saya bisa mengajukan refund.

Sayangnya saya sendiri terlalu malas untuk packing dan mengirim kembali tanaman yang saya beli untuk diproses refund. Lebih baik saya merawatnya di rumah, walaupun agak sedikit kecewa. Oleh sebab itu, saya sarankan anda berhati-hati jika ingin membeli varietas ini. Apalagi jika ada yang menjualnya dengan harga terlalu murah, bisa-bisa anda terkena tipu.

Aglaonema Red Sumatera

Varietas ini merupakan kebanggaan Indonesia karena pernah memenangi kontes tanaman hias internasional di belanda pada tahun 2002. Hal inilah yang menyebabkan tanaman hias ini mendapatkan julukan pride of Sumatera yang artinya kebanggaan Sumatera. Walau harganya sudah tak mahal dulu tetapi tanaman ini harganya masih cukup stabil jika dibandingkan varietas lama lainnya yang sudah sangat turun. Tanaman dewasanya harganya masih berkisar antara 500 ribu sampai 1 juta rupiah.

Aglaonema Terfavorit

Harganya sih tidak semahal 3 jenis aglaonema di atas tetapi bukan berarti yang murah kalah indah dibandingkan yang lebih mahal. Sehingga bagi anda yang keuangannya tidak berlebih terlalu banyak dapat memilih beberapa jenis aglaonema berikut ini :

Aglaonema Kochin

Tanaman ini warna daunnya pink dengan tepi daun yang berwarna hijau tua. Pada tahun 2015 sampai 2018, varietas ini memiliki harga yang cukup mahal yang mencapai 5 jutaan. Harganya mulai turun di sekitar tahun 2019 dan saat ini ia banyak dijual dengan harga kurang dari 250 ribu rupiah. Penyebab turunnya harga varietas tanaman ini tentu saja karena para penghobi telah memilikinya sehingga dapat mengembangbiakannya sendiri dirumah. Ia saya masukkan ke dalam daftar aglaonema terfavorit karena banyaknya orang yang memeliharanya dirumah, baik itu karena terlanjur membeli pada saat ngetren atau memang karena menyukainya.

Aglaonema Bidadari

Varietas ini paling banyak dicari orang di tahun 2020 ini dan pernah booming pada tahun 2018. Pada saat itu harga aglaonema bidadari ini dapat mencapai 10 juta rupiah. Tetapi dikarenakan pembudidayaan secara besar besaran terhadap tanaman yang memiliki batang berwarna merah muda ini mengakibatkan harganya pada tahun 2020 hanya sekitar 300 – 400 ribu saja.

Aglaonema Snow White

Tanaman ini memiliki daun berwarna putih dengan sedikit corak hijau di dalamnya. Walaupun harganya sudah sangat turun drastis dan banyak dijual dengan harga 20 ribu rupiah saja tetapi jenis ini masih banyak dicari orang. Menurut data mesin pencari Google, setiap bulannya ada lebih dari 800 orang yang mencari tahu tentang aglaonema snow white ini.