Jenis Bunga Anggrek Termahal di Indonesia

Anggrek merupakan salah satu bunga yang menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia. Wajar saja, dikarenakan di negeri kita terapat banyak sekali spesies dari tanaman berbunga ini. Tetapi sangat disayangkan bahwa jenis anggrek termahal di dunia saat ini justru bukan berasal dari negeri kita.

Jenis Bunga Anggrek Termahal di Dunia

Rekor bunga anggrek termahal saat ini masih dipegang oleh Shenzen nongke yang harganya per tanaman dapat mencapai £ 160.000, atau bila dirupiahkan sekitar 3 milyar rupiah. Selain Shenzen nongke, masih ada beberapa jenis anggrek lain yang harganya mahal.

Hal yang membuatnya mahal adalah karena selain memiliki bentuk yang indah juga karena lamanya penelitian untuk menciptakannya . Untuk membuat anggrek yang seunik ini, para ilmuwan dari Universitan Shenzen Nongke membutuhkan waktu 8 tahun lamanya. Mereka melakukan rekayasa genetika secara berulang-ulang agar mendapatkan sebuah gen yang menghasilkan sebuah bunga yang berbentuk seperti obor ini. Jadi wajar saja jika harga tanaman ini sangat mahal, karena dibutuhkan usaha yang tidak mudah dalam proses mendapatkannya.

Walau tanaman ini memiliki harga yang sangat mahal, hingga mungkin kita tidak ada pikiran untuk memilikinya tetapi ternyata ia bukanlah jenis bunga paling mahal di dunia. Harganya masih kalah mahal di bandingkan dengan bunga mawar juliet yang pada tahun 2006 terjual dengan harga 231 milyar rupiah. Para ahli tanaman hias dunia pun juga sepakat bahwa mawar juliet bukanlah yang paling mahal di dunia. Mereka berpendapat bahwa bunga Kadupul lebih layak menjadi yang mendapatkan julukan sebagai yang paling mahal, karena harganya dianggap tak ternilai.

Bunga anggrek yang memiliki harga termahal ke dua didunia adalah anggrek kinabalu yang berasal dari Malaysia. Anggrek ini meruapakan tanaman endemik yang hanya dijumpai di Taman nasional Kinabalu, Malaysia.

Selain karena kelangkaannya, satu hal lagi yang membuat bunga ini memiliki harga yang tinggi adalah sulitnya ia tumbuh untuk berbunga. Tanaman ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang sebelum akhirnya bunganya muncul. Jadi wajar saja jika Anggrek kinabalu ini harganya dapat mencapai 100 juta rupiah per tanamannya.

Anggrek Termahal di Indonesia

Walaupun dari segi harga, tanaman anggrek dari Indonesia masih kalah dari kedua spesies di atas. Tetapi jangan berkecil hati, karena jika kita melihat dari keindahannya anggrek yang berasal dari Nusantara tidak kalah kok.

Berikut beberapa jenis bunga anggrek termahal di Indonesia, yang keindahannya bisa mempesona mata :

1. Anggrek Phalaenopsis

Anggrek yang berwarna ungu ini merupakan salah satu koleksi tanaman yang saya miliki. Ia merupakan salah satu jenis bunga anggrek termahal yang ada di Indonesia. Bunganya tumbuh dalam berumpun dalam satu batang, beraroma cukup harum dan juga tidak mudah layu. Saat tanaman ini sudah berbunga, ia dapat bertahan lebih dari satu bulan dan baru kemudian ia akan layu.

Bentuk bunganya sangat unik dan tidak ada yang menyamainya. Mahkotanya berukuran besar sehingga enak untuk dlihat. Saat ini sudah banyak orang Indonesia yang membudidayakan tanaman ini, walau begitu satu pohon Phalaenopsis yang sudah dewasa harganya masih diatas 5 juta rupiah.

2. Anggrek Hitam

Bagi orang Indonesia, tanaman dan hewan yang memiliki warna hitam biasanya diburu untuk dikoleksi. Kita ambil contoh saja ayam cemani, ayam yang seluruh tubuhnya berwarna hitam ini harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah per ekornya.

Hal itulah mengapa anggrek yang berasal dari pulau Kalimantan ini memiliki harga cukup tinggi. Satu buah tanaman dewasa harganya sekitar 20 juta rupiah, walau begitu banyak kolektor yang memburunya. Anggrek hitam merupakan tanaman yang menjadi maskot Kalimantan timur, disana banyak orang mencoba membudidayakan tanaman ini. Tetapi sayangnya, membudidayakan jenis anggrek ini sangatlah sulit sehingga kebanyakan yang mencobanya akan menemui kegagalan.

Mendapatkan cara mengembangbiakkan bunga anggrek hitam dengan sukses merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal itu dikarenakan selain berharga mahal, populasinya di alam juga sudah sangat berkurang jauh, salah satunya disebabkan karena penebangan hutan secara masif di pulau Kalimantan. Sehingga sebagai salah satu upaya konsevasi tanaman ini, kita perlu berupaya agar bisa mengembangbiakkan sehingga jenis bunga ini tidak mengalami kepunahan.