Categories: Hewan

Jenis Ikan Hias Air Tawar Kecil dan Indah

Memelihara ikan hias air tawar dapat menjadi hiburan tersendiri. Hal ini disebabkan memandangi ikan di akurium dapet menenangkan pikiran kita. Hanya saja banyak orang kerepotan masalah perawatannya sehingga memilih jenis ikan hias air tawar berukuran kecil bisa menjadi solusi.

Ikan yang tubuhnya berukuran kecil ini memang lebih mudah dalam masalah perawatannya. Misalnya masalah makanan saja, ikan kecil membutuhkan jumlah pakan yang lebih sedikit dan cukup diberi pelet saja. Hal berbeda terjadi jika kita memelihara ikan yang ukurannya besar seperti arwana, kita perlu memberi makanan dalam jumlah banyak dan itu juga salah satu penyebab air akuarium menjadi cepat kotor sehingga kita perlu rajin menggantinya.

Beberapa jenis ikan hias air tawar kecil memiliki bentuk tubuh yang indah, berikut ini beberapa yang menjadi rekomendasi saya :

1. Ikan Cupang

Cupang merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari Asia Tenggara. Dulunya, Ikan ini sering digunakan sebagai ikan aduan karena ganasnya para pejantan cupang begitu melihat sesamanya. Walau begitu, saat ini ikan cupang lebih sering dijadikan ikan hias daripada ikan aduan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya beredar varian baru cupang dengan penampilan yang sangat menarik.

Ikan cupang termasuk ke dalam jenis ikan hias air tawar yang sangat mudah dalam perawatannya. Ikan ini tidak membutuhkan makanan dalam jumlah banyak, diberi makan 3 kali sehari pun ia tetap dapat hidup dengan baik. Selain itu, dia tidak membutuhkan air dalam kondisi yang bersih karena ia dapat mengambil oksigen dari udara di atas permukaan air. Hal inilah yang menyebabkan anda tidak perlu membeli pompa air saat memelihara cupang.

Cupang merupakan jenis ikan yang saya rekomendasikan bagi anda yang sibuk dengan pekerjaan kantor tetapi ingin memiliki ikan untuk sekedar hiburan dan cuci mata. Anda dapat menaruh ikan ini pada akuarium kecil yang anda letakkan di meja kerja anda. Sehingga saat mata anda lelah menghadap layar monitor, anda bisa melihat ikan cupang sebagai hiburan dan membuat mata anda kembali fresh kembali.

2. Ikan Guppy

Ikan yang memiliki nama latin Poecilia reticulata ini, merupakan ikan yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan ini pertama kali diidentifikasi oleh seorang ahli biologi dari Belanda bernama Wilhem Peters pada tahun 1859. Saat ini, guppy merupakan salah satu ikan hias paling populer di seluruh dunia.

Dikutip dari Animal-World.com, Guppy memiliki beberapa ciri – ciri fisik, diantaranya adalah ukuran tubuhnya yang memanjang, memiliki gigi di kedua rahang atas dan bawahnya, ukuran ikan betina sekitar 3 – 6 cm sedangkan pejantannya sekitar 2 – 3.6 cm. Tubuh ikan guppy jantan lebih bagus dibantingkan betina, hal tersebut dikarenakan badannya lebih ramping dan memiliki sirip ekor dan punggung yang lebar dan berwarna indah dan kontras.

Related Post

3. Ikan Grim Tetra

Grim tetra merupakan jenis ikan hias air tawar kecil yang memiliki bentuk badan yang agak panjang dan pipih ke samping. Tubuhnya dapat tumbuh hingga mencapai panjang 3 cm, karena ukurannya yang kecil ini ia dijuluki dengan nama tetra kontet.

Warna dasar tubuh ikan Grim Tetra adalah hijau pada bagian punggung dengan putih atau agak kekuningan di bagian perutnya. Sirip – sirip dari ikan ini berwarna merah sehingga kontras dengan warna tubuh ikan ini. Kombinasi 3 warna kontras yang ada di tubuhnya itulah yang membuat ikan hias ini terlihat indah.

4. Ikan Platy Pedang

Ikan hias air tawar ini memiliki ciri mempunyai sirip dubur yang memanjang mirip sebuah pedang. Perawatan ikan ini sangat mudah dan tidak perlu lingkungan yang khusus. Salah satu sifatnya yang perlu diwaspadai ialah ia seringkali meloncat keluar dari akuarium. Oleh karena itu dalam memielihara ikan platy pedang ini sebaiknya anda menutup bagian atas akuarium anda. Saat telah dewasa (sekitar umur 6 bulan), ukuran ikan platy pedang sekitar 4 – 5 cm sehingga masih sangat cocok untuk ditaruh di akuarium yang berukuran kecil.

5. Ikan Platy Variatus

Bentuk maupun ukuran tubuh ikan ini mirip dengan platy pedang, hal yang membedakan keduanya adalah pada sirip duburnya. Sirip dubur ikan platy variatus tidak memanjang seperti pedang. Ciri dari jenis ikan hias air tawar ini ialah adaya bintik – bintik tak beraturan pada bagian samping badannya yang berjumlah 6 – 8 buah.

Saat dewasa, ikan ini memiliki panjang sekitar 4 cm. Oleh karena itu, agar terlihat lebih menarik maka didalam akuarium anda sebaiknya diisi lebih dari 5 ekor ikan sehingga kita dapat melihatnya berenang bersama-sama sambil memamerkan keindahan gerak dan warna tubuhnya yang cemerlang. Untuk menambah keindahannya, anda bisa menaruh lampu sorot di bagian atas akuarium.