Tanaman Pengusir Tikus yang Mudah Ditemukan

Tanaman Pengusir Tikus yang Mudah DitemukanTikus adalah hewan pengerat yang punya tingkat daya tahan tubuh dan adaptasi yang tinggi. Maka tak jarang tikus banyak ditemukan di tempat manapun termasuk di dalam rumah. Hal ini tentu akan menyebalkan dan mengganggu kenyamanan hunian anda. Untuk cara menghalaunya anda bisa menggunakan beberapa tanaman pengusir tikus berikut ini.

Tanaman Pengusir Tikus Yang Bisa Ditemukan Dengan Mudah

Berikut ini adalah beberapa tanaman pengusir tikus yang bisa dengan mudah ditemukan dan di tanam di rumah anda. Penggunaan tanaman pengusir tikus merupakan cara alami yang efektif untuk mencegah kehadiran hewan pengerat ini.

1. Daun Mint

Tikus dikenal sebagai hewan yang dapat hidup di tempat yang kotor dan bau tidak sedap. Hal inilah yang menjadikan tikus sangat benci dengan bau wangi dan segar. Oleh karena itu, pemakaian daun mint sebagai penangkal datangnya tikus cukup ampuh digunakan. Anda juga bisa menanam tanaman daun mint ini di rumah dengan mudah.

Menanam daun mint bisa anda lakukan di halaman atau kebun belakang rumah anda. Atau anda bisa masukkan kedalam pot kecil kemudian diletakkan di salah satu sudut rumah yang terkena banyak sinar matahari. Daun mint akan cenderung tumbuh subur bila terkena banyak sinar matahari.

Daun mint yang berfungsi sebagai campuran minuman segar ini juga bisa anda manfaatkan untuk mengusir hewan pengerat lainnya. Untuk cara pemakaiannya cukup mudah, anda tinggal mencampurkan daun mint dengan air. Setelah menjadi larutan anda bisa memasukkannya dalam botol semprot lalu menyemprotkannya ke beberapa sisi rumah yang sering dilalui tikus.

2. Buah Buahan

Buah buahan yang segar dan banyak mengandung vitamin juga beberapa sangat dibenci oleh tikus. Hal ini karena jenis buah buahan ini mempunyai aroma segar dan khas yang berguna untuk Tanaman Pengusir Tikus. Beberapa tanaman buah buahan ini antara lain adalah buah bintaro, Mengkudu, Durian, Nangka, Sirsak dan Salak.

Buah bintaro adalah tanaman pantai yang bisa tumbuh mencapai 12 meter. Tanaman yang tidak disukai tikus ini mempunyai bentuk daun seperti telur dengan warna hijau dan mempunyai bunga berukuran 3-5 cm. Tanaman satu ini mempunyai aroma yang cukup menyengat dan mempunyai kandungan racun untuk tikus.

Tetapi satu hal yang harus diwaspadai adalah, racun buah bintaro juga berbahaya untuk manusia sehingga anda perlu berhati hati dalam menggunakannya. Sedangkan untuk buah lainnya yaitu Mengkudu dan Sirsak anda cukup menghaluskan buah tersebut kemudian dilarutkan dengan air lalu menyemprotkannya ke berbagai sudut rumah.

Untuk buah berkulit tebal seperti durian, anda hanya butuh menggunakan kulitnya saja. Kulit durian yang tebal dan berduri ini masih mengeluarkan bau yang tajam dan menyengat khasnya. Anda tinggal memotongnya menjadi bagian kecil kemudian diletakkan ke berbagai sudut rumah anda.

Bau segar dan khas dari buah buah ini yang akan menghalau tikus datang di rumah anda. Dan membuat tikus yang sudah bersarang di dalam rumah juga akan tidak betah dan keluar rumah. Selain itu, menanam buah buahan ini juga dapat berguna untuk anda karena bila musim panen tiba, anda bisa menikmati buahnya yang segar.

3. Cabe Rawit

Cabe rawit adalah bumbu dapur yang sangat umum digunakan di Indonesia. Hampir semua masakan Indonesia menggunakan cabe rawit ini sebagai bumbu atau pelengkapnya. Tetapi cabe rawit ternyata mempunyai fungsi lainnya yang tak kalah berguna, yaitu sebagai tanaman pengusir tikus yang efektif.

Aroma dari cabe yang tajam dan menusuk hidung ini sangat tidak disukai oleh tikus. Untuk cara pemakaiannya, anda dapat menumbuk cabe ini hingga halus kemudian dilarutkan di air. Setelah didiamkan beberapa saat, anda bisa memasukkan larutan cabe ini kedalam botol semprot dan menyemprotkannya ke beberapa area rumah anda.

Bila anda ingin menanam tanaman cabe ini sendiri di rumah, caranya juga cukup mudah. Tanaman satu ini bisa anda tanam di halaman atau kebun belakang rumah ataupun anda masukkan dalam pot pot kecil. Disiram secukupnya dan mendapatkan sinar matahari yang cukup akan membuat tanaman anda tumbuh dengan lebat.

4. Tikel Balung

Tanaman Pengusir Tikus ini bernama tikel balung ini mempunyai arti yaitu patah tulang. Tanaman satu ini mempunyai getah yang bisa anda gunakan untuk mengusir tikus dengan ampuh. Selain tikus, getah dari tanaman ini bisa anda gunakan juga untuk mengusir cicak atau kutu. Untuk cara menggunakannya, anda perlu cukup berhati hati.

Karena dari tanaman tikel balung ini yang akan diambil adalah getahnya, sehingga anda harus berhati hati agar getah yang diambil ini tidak mengenai kulit atau bahkan mata karena bisa menyebabkan iritasi. Setelah getah dari tanaman ini berhasil diambil, anda tinggal mengoleskannya di tempat yang sering dilalui tikus di rumah anda.

5. Bumbu Dapur

Tanaman sederhana lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengusir tikus adalah cengkeh, bawang merah dan bawang putih. Ketiga bumbu masakan ini tentu tersedia hampir di semua rumah. Tak hanya berfungsi untuk pelengkap masakan rumah anda, tetapi ketiga bahan ini juga bisa ampuh mengusir tikus.

Tikus tidak menyukai bau yang harum dan segar. Hidung tikus juga mempunyai indra penciuman yang lebih peka daripada manusia kebanyakan. Oleh karena itu tikus sangat sensitif dengan bau yang dikeluarkan oleh bumbu dapur tersebut. Dengan menghirup aroma seperti ini, tikus akan mengalami sesak nafas yang bisa berujung kematian.

Untuk cara menggunakan cengkeh, bawang putih dan bawang merah ini cukup mudah dan tidak perlu cara yang ribet. Anda cukup memotong Tanaman Pengusir Tikus ini menjadi bagian kecil kemudian bisa juga anda bungkus dengan kain kasa. Hal ini akan lebih mudah untuk meletakkannya di setiap sudut rumah tanpa tercecer.

6. Sage

Tanaman sage ini biasanya difungsikan untuk penghias ruangan. Daun dari tumbuhan sage ini memang berbau harum. Oleh karena itu daun sage ini sering dijadikan sebagai bahan pembuat sabun dan juga kosmetik. Daun sage berbentuk lebar dengan rambut rambut halus di permukaan daun.

Belum banyak yang mengetahui, teryata tanaman ini dapat digunakan sebagai salah satu cara mengusir tikus yang efektif lho. Sehingga bila di dalam hunian anda terdapat tikus pengganggu yang susah diusir, akan sangat disarankan untuk anda menanam sage ini di halam rumah anda. Atau menempatkannya dalam pot dan diletakkan di dalam rumah sebagai hiasan cantik.

7. Lavender

Tumbuhan satu ini cukup mudah bila anda ingin menanamnya sendiri di halaman rumah. Selain mempunyai bau yang harum, lavender juga punya fungsi lain yaitu dapat menghalau tikus. Tak hanya tikus, tumbuhan satu ini juga bisa menghalau nyamuk, ngengat, kutu dan berbagai hama yang ada di kebun lainnya.

Bunganya yang harum dan warnanya yang cantik bisa anda letakkan di beberapa sudut rumah dengan tetap terkesan estetik. Dengan bau harum yang disebarkan Tanaman Pengusir Tikus ini tikus akan cenderung menjauhinya. Tikus sangat membenci bau bau wangi seperti ini karena akan merusak paru parunya.

Mengusir tikus memang bukan hal mudah. Hewan pengerat satu ini cukup tangguh untuk dilumpuhkan. Bila dengan berbagai rekomendasi cara diatas anda tetap tidak bisa menghalau hewan kecil satu ini, ada baiknya bila anda meminta bantuan kepada ahlinya untuk mengusir tikus di rumah anda.