Jenis Bunga Berharga Paling Mahal di 2020

Bunga merupakan organ reproduksi tanaman yang banyak di kagumi karena keindahannya. Ia menjadi bagian penting dalam budaya manusia, seperti pada saat acara pernikahan, wisuda hingga kematian semuanya tidak bisa dilepaskan dari bunga. Bunga juga dianggap sebagai hadiah untuk menunjukkan rasa kasih sayang kepada seseorang. Walau begitu ternyata ada beberapa bunga yang memiliki harga sangat mahal, di artikel ini saya akan membahas mengenai hal tersebut.

Jenis Bunga Paling Mahal di 2020

Dari jutaan jenis bunga yang ada di dunia, tau kah anda apa saja yang memiliki harga paling mahal di tahun 2020 ini? Hargaea bunga yang ada di list ini semuanya luar biasa mahal. Bahkan tanaman janda bolong yang dianggap sebagai tanaman hias termahal di Indonesia pun masih kalah jauh dibandingkan dengan daftar bunga mahal yang akan saya tulis berikut ini.

Berikut ini akan saya lampirkan 10 jenis bunga berharga paling mahal di tahun 2020.

10. Bunga Lisianthus

Bunga Lisianthus mekar setiap tahun dan tumbuh dengan diameter sekitar 5 cenntimeter. Bunganya memiliki kelopak yang halus, bergelombang, dan dapat tumbuh dengan berbagai warna seperti biru-ungu, lavender, putih, dan ungu muda. Lisianthus berharga mahal karena kelangkaanya, selain itu ia bisa bertahan beberapa minggu setelah dipotong dari batangnya. Karena kelopak bunganya yang halus dan berwarna putih, orang barat menyebutnya dengan sebutan “paper flower”. 1 buket bunga ini harganya sekitar 10 hingga 35 dollar amerika, atau jika dirupiahkan sekitar 140 hingga 490 ribu rupiah.

9. Bunga Lily Lembah

Bunga lily lembah memiliki aroma yang sangat harum tetapi juga beracun. Bunganya berbentuk bulat berwarna putih dengan ukuran yang munggil dan terlihat menggemaskan. Bunganya ini biasanya mekar pada akhir musim semi dan dapat bertahan selama beberapa minggu sebelum akhirnya layu. Dalam memetik bunga ini para pembudidaya harus berhati-hati agar dapat memperpanjang kesegarannya. Jenis bunga ini jarang ditemukan di Indonesia tetapi di luar negeri biasanya dibanderol dengan harga $15 – $50 per buket.

8. Bunga Hydrangea

Sebagian besar bunga hydrangea berwarna putih, tetapi ada yang memiliki kelopak berwarna ungu, ungu muda, merah muda, dan biru. Jenis bunga ini mudah layu, jadi jika anda ingin menggunakannya dalam sebuah acara belilah saat dalam waktu berdekatan. Bunga ini banyakk digunakan dalam berbagai acara, terutama di pesta pernikahan. Bunga ini berharga mahal karena tingkat kesulitan yang dimiliki untuk membudidayakan dan memanen bunga-bunga indah tersebut. Setiap tangkai bunga Hydrangea biasanya diharga sekitar 6,5 dollar Amerika atau jika dirupiahkan adalah sekitar 75 ribu rupiah.

7. Bunga Gloriosa

Gloriosa merupakan tanaman yang habitat alaminya berada di Asia dan Afrika Selatan. Ia memiliki harga yang mahal di tahun 2020 karena merupakan bunga yang langka dan unik. Gloriosa memiliki kelopak bunga yang memanjang dan merucing sehingga terlihat seperti cakar dengan warna yang kontras dari bagian tengah ke ujung. Terdapat beberapa variasi warna yang dimiliki bunga ini yaitu kuning-hijau, kuning, oranye dan merah tua. Setiap bunga dari Gloriosa biasanya dihargai sekitar 10 dollar amerika atau sekitar 140 ribu rupiah.

6. Bunga Tulip Bulp

Merupakan bunga tulip dari Belanda yang pernah memiliki harga sangat mahal pada abad ke-17. Pada saat itu banyak orang Belanda yang menyukai bentuk dan warnanya yang indah sehingga pada saat itu dianggap sebagai bunga terbaik. Harganya padasaat itu mencapai 10.000 gulden (US $ 5.700) dan bunga tulip telah menjadi simbol status seorang bangsawan sejak saat itu. Di tahun 2020 ini, walaupun harganya sudah turun tetapi tetap saja anda perlu merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkannya. Setangkai bunga tulip biasanya dijual dengan harga US $ 13-15 dollar, masih cukup mahal bukan?

5. Bunga Saffron Crocus

Jika lima bunga sebelumnya memiliki harga mahal karena keindahannya, Saffron mahal dikarenakan ia merupakan bumbu populer yang digunakan di banyak restoran dan hotel mewah untuk mewarnai dan membumbui. Bunganya berwarna ungu dengan benang sari kuning dan putih berwarna merah. Karena permintaan bumbu yang terbuat dari bunga saffron sangat tinggi, 1 pon (0,45 kg) bunga ini harganya sekitar US $1200-1500.

4. Anggrek Kinabalu

Bunga ini memiliki harga yang sangat mahal karena keindahan dan kelangkaannya. Ia Memliki kelopak berwarna kuning kehijauan dengan garis-garis merah yang memanjang. Anggrek ini hanya dapat ditemukan di Taman Nasional Kinabalu, Malaysia. Tanaman ini sangat sulit dibudidayakan karena bunga baru akan muncul setelah bertahun-tahu. Di tahun 2020 ini, setiap bunga anggrek kinabalu dihargai sekitar US $ 6.000 atau sekitar 90 juta rupiah. Karena Kelangkaan dan harganya yang mahal tersebut membuat buga anggrek ini mendapat julukan “Gold Of Kinabalu”.

3. Anggrek Shenzhen Nongke

Bunga anggrek ini merupakan hasil rekayasa genetika dan dinamai berdasarkan nama Universitas tempat peneliti membudidayakannya. Mereka membutuhkan waktu delapan tahun untuk meerekayasa genetika untuk medapatkan bunga ini. Ia memiliki harga yang mahal karena keindahan, kelangkaannya, latar belakang dan sulitnya membudidayakannya. Tanaman ini membutuhkan waktu sekitar lima tahun untuk berbunga. Pada awal kemunculannya, satu tanaman anggrek Shenzen Nongke dihargai sekitar US $160.000 akan tetapi di tahun 2020 ini harganya telah turun lumayan banyak, yaitu sekitar US $50,000 atau jika dirupiahkan sekitar 700 juta rupiah yang menjadikannya sebagai jenis bunga anggrek termahal yang ada di dunia.

2. Bunga Mawar Juliet Rose

Ahli biologi bernama David Austin membutuhkan waktu 15 tahun penelitian untuk membuat bunga yang indah ini melalui rekayasa genetika. Dia kemudian memamerkannya kepada dunia di Chelsea Flower Show pada tahun 2006. Mawar itu dihargai sebesar US $ 15,8 juta atau sekitar 231 milyar rupiah.

1. Bunga Kadupul

Bunga ini dianggap sangat berharga karena langka dan tidak dapat dibudidayakan. Ia merupakan tanaman kaktus yang hidupnya menempel di pohon, begitu tanaman ini dilepaskan dari pohon maka ia akan mati. Tanaman ini hanya tumbuh di daerah hutan hujan tropis Sri Langka, bunganya hanya akan mekar pada malam hari selama 2 jam. Bunganya memancarkan aroma yang aromanya menenangkan dan lembut. Oleh karena tidak dapat dibudidayakan dan bunganya mekar hanya selama 2 jam, bunga kadupul disepakati oleh sebagian besar ahli tanaman sebagai bunga termahal di dunia karena dianggap harganya tak ternilai.