Categories: Hewan

Jenis Kadal di Indonesia

Terdapat 2 jenis kadal di Indonesia yaitu Mabuya multifasciata dan Takydromus sexlineatus. Istilah kadal yang saya ulas disini seperti yang terdapat dalam kamus besar bahasa Indonesia yang merujuk terbatas pada kelompok reptil yang umumya bertubuh kecil, bersisik licin dan berkilau serta hidup di atas tanah.

Kadal Kebun

Nama ilmiahnya adalah Mabuya multifasciata karena terdapat garis-garis samar memanjang pada tubuhnya. Reptil ini disebut kadal kebun karena sering dijumpai di kebun pekarangan. Jenis kadal ini juga sering disebut dengan nama bengkarung.

Habitat

Kadal kebun menyukai tempat bersemak dan berumput, baik di tempat terbuka maupun yang terlindung oleh pepohonan. Di pagi hari, jenis kadal ini sering terlihat berjemur di jalan setapak yang terbuka, tepi parit atau di pematang sawah. Pada siang hari, kadal kebu mencari makanan di kebun, sedangkan pada malam hari, ia tidur di bawah lapisan serasah, timbunan kayu atau tumpukan batu.

Jenis Makanan

Makanan kadal kebun terdiri atas aneka serangga, cacing, kodok kecil dan juga reptil yang lain, seperti cicak dan jenis kadal lain yang bertubuh lebih kecil.

Ciri Khusus

Kadal kebun sangat gesit, meskipun agak gemuk. Kepalanya seolah-olah menyatu dengan leher yang gemuk kokoh dan penampang tubuh tampak bersegi empat tumpul. Total panjangnya hingga sekitar 22 cm. Reptil ini pandai memanjat pepohonan, tebing batu atau bahkan dinding tembok yang tegak namun kasar sampai ketinggian sekitar 8 – 10 meter.

Sisi atas tubuhnya berwarna cokelat tembaga keemasan, biasanya dengan bercak bercak kehitaman di tepi sisik yang membentuk pola garis memanjang dan terputus putus, sedangkan sisi bawah tubuhnya berwarna abu-abu keputihan atau kekuningan. Sisik kepala di bagia belakang halus (tidak bertonjolan) dan sisik-sisik di atas moncong saling bersentuhan.

Related Post

Kadal Rumput

Jenis kadal ini nama ilmiahnya adalah Takydromus sexlineatus. Tubuhnya panjang dan ramping. Secara tradisional, khususnya d pedesaaan, kadal rumput biasa ditangkap dan dijadikan permainan anak-anak gembala. Lain halnya di kota-kota besar, kadal ini sering diperdagangkan sebagai hewan peliharaan.

Habitat

Kadal jenis ini sering ditemukan berlari cepat menyusuri rermputan atau tengah berjemur di atas semak-semak rendah. Kadal rumput sering berdiam di sekitar lapangan rumput atau sawah yang mengering da semak-semak terbuka. Ia hampir tidak pernah ditemukan di dalam kebun yang rapat dengan pepohonan. Kadal rumput menyenangi sinar matahari dan tempat-tempat terbuka sehingga sering dijumpai berjemur di ujung dedaunan atau rerumputan di pagi hari.

Dikutip dari Wikipedia, jenis kadal ini di Indonesia terdapat di Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Secara umum, sering di temukan d wilayah Asia, mulai dari India di Barat, Cina (Timur dan Selatan) di Utara, Burma, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam dan Indonesia.

Jenis Makanan

Kadal rumput sering memangsa aneka jenis serangga kecil seperti lalat, ngengat dan belalang yang berukuran kecil.

Ciri Khusus

Jenis kadal ini memiliki lidah yang bercabang, leher yang panjang dan kepala yang meruncing. Tubuhnya hampir serupa dengan biawak, namun berukuran jauh lebih kecil dan kurus. Total panjang tubuhnya mencapai 29 cm dan sekitar empat perlimanya adalah ekor. Panjang kepala dan badan mencapai 8 cm tetapi pada umumnya tidak melebihi 6 cm.

Jenis kadal ini mampu berlari cepat sampil menyusup di sela sela rumput. Selain itu, ia mampu memutuskan ekornya sendiri (autotomi) apabila terancam oleh pemangsa. Musuhnya akan tertarik dan tertipu oleh ekor putus yang bergerak-gerak sendiri, sementara si kadal pergi menghilang di antara rerumputan. Beberapa lama kemudian, ekor pada kadal tumbuh dan memanjang kembali seperti semula.