Jurusan yang Prospek Kerjanya Bagus untuk Wanita

Di era modern seperti saat ini, banyak wanita yang menginginkan untuk bisa mandiri secara finansial. Untuk mendapatkan kemandirian secara finansial ini, memilih jurusan yang prospek kerjanya bagus untuk wanita menjadi sebuah langkah penting. Dengan memilih jurusan kuliah yang tepat, maka anda dengan mudah bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok.

Pertimbangan Dalam Memilih Jurusan

Sebelum kita membahas mengenai jurusan yang prospek kerjanya bagus untuk wanita, kita perlu mengetahui apa saja yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan. Paling tidak sebelum memutuskan untuk memilih suatu jurusan, anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

  1. Jurusan tersebut berkecimpung dalam bidang yang kamu minati. Dengan menyukai bidang tempat kamu bekerja, maka kamu akan nyaman ketika harus bekerja siang dan malam.
  2. Jurusan tersebut termasuk ke dalam bidang yang kamu kuasai, sehingga kamu tidak akan kesulitan ketika kuliah di dalamnya.
  3. Anda juga perlu memperhatikan materi kuliah yang diajarkan di dalam jurusan yang akan anda pilih. Minimal anda mengetahui garis besar materi yang diajarkan di dalamnya.
  4. Prospek kerja setelah lulus, anda perlu mempertimbangkan berapa jumlah lowongan kerja yang bisa dimasuki oleh lulusan jurusan tersebut.
  5. Beban pekerjaan setelah lulus, misalnya saja bagi anda untuk alumni teknik biasanya memerlukan bekerja di lapangan dalam waktu lama. Anda perlu mempertimbangkan apakah anda sanggup untuk menghadapi beban pekerjaan yang seperti itu setelah lulus dan bekerja.

Khusus mengenai masalah prospek kerja, anda juga perlu mengetahui berapa jumlah lulusan jurusan tersebut setiap tahunnya. Misalnya saja teknik geodesi, lowongan pekerjaan untuk alumni jurusan tersebut memang tidak banyak akan tetapi lulusannya tiap tahun juga sedikit. Oleh karena itu prospek kerja teknik geodesi untuk wanita terbilang cukup baik.

7 Jurusan yang Prospek Kerjanya Bagus untuk Wanita

Berikut ini akan saya coba tampilkan 9 jurusan yang menurut saya memiliki prospek kerja bagus untuk wanita. Anda bisa mempertimbangkan pendapat saya di dalam artikel ini sebagai salah satu bahan dalam memilih jurusan kuliah anda.

1. Pendidikan Kedokteran

Saat adanya pandemi seperti saat ini, tenaga kesehatan sangat dibutuhkan dalam jumlah besar. Bahkan, andai kata pandemi Covid-19 telah berakhir sekalipun, masyarakat sangat membutuhkan dokter. Pekerjaan ini sangat bagus bagi wanita karena tidak membutuhkan fisik yang kuat. Anda perlu memiliki otak yang cerdas untuk bisa menghafal dan mendiagnosis suatu penyakit. Setelah lulus menjadi dokter, anda bisa membuka praktek sendiri apabila tidak ingin bekerja di rumah sakit.

Selain membutuhkan otak yang cerdas, kuliah di jurusan kedokteran juga memakan waktu yang lama serta biaya yang tidak sedikit. Anda harus bersabar untuk melalui proses pendidikan menjadi dokter, karena setelah lulus sarjana tidak serta merta bisa langsung kerja. Masih ada tahapan pendidikan lain yang perlu dilalui, yaitu pendidikan profesi, sertifikasi, internship dan spesialisasi.

2. Kebidanan

Kebidanan merupakan jurusan yang dikhususkan untuk kaum hawa, karena tugasnya yang berhubungan untuk membantu kelahiran para ibu. Kebidanan merupakan salah satu jurusan yang prospek kerjanya bagus untuk wanita, karena kebutuhan akan tenaga bidan setiap tahunnya jumlahnya sangat banyak. Selain bekerja di klinik atau rumah sakit, seorang bidan bisa membuka praktek bersalin sendiri sehingga uang yang bisa dihasilkan oleh seorang bidan cukuplah banyak.

Didalam jurusan ini, anda akan dibekali dengan ilmu seputar persalinan sehingga bisa membantu proses persalinan. Anda perlu mempelajari tentang teori dan praktek mengenai proses persalinan, memeriksa dan merawat saat serta setelah kehamilan. Selain membantu proses persalinan, seorang bidan juga harus mampu membantu ibu saat di dalam proses menyusui, memulihkan kesehatannya pasca melahirkan serta melakukan program keluarga berencana.

3. Keperawatan

Jurusan yang berhubungan dengan kesehatan memang menjadi primadona bagi para wanita. Hal ini dikarenakan wanita dianggap lebih teliti dan telaten, sehingga jurusan yang berhubungan dengan kesehatan prospek kerjanya bagus untuk kaum hawa. Selain menjadi dokter ataupun bidan, kuliah keperawatan menjadi salah satu pilihan yang menarik. Selain karena peluang mendapatkan pekerjaan yang cukup besar, bekerja sebagai seorang perawat dinilai sangat cocok bagi seorang wanita.

Sesuai namanya di dalam jurusan keperawatan, anda akan disiapkan untuk bisa menjadi seorang perawat yang handal. Apabila anda masuk ke dalam jurusan ini, maka anda akan diajari mengenai teori dan praktek bagaimana merawat seseorang yang sedang sakit maupun yang menyandang disabilitas. Pada jurusan ini akan dilakukan spesialisasi, yaitu menjadi seorang perawat dewasa, perawat anak-anak, perawat manula, perawat mental ataupun perawat jalan.

4. Jurusan Kimia Murni

Kimia murni mungkin menjadi salah satu program studi yang jarang dilirik, terbukti dari passing grade untuk memasukinya yang tidak cukup tinggi. Padahal ini merupakan jurusan yang prospek kerjanya paling bagus untuk wanita, sebabnya adalah karena lowongan pekerjaan yang sangat banyak bagi alumninya.

Di dalam jurusan ini, anda akan diajari secara teori dan praktek berbagai ilmu yang berkaitan dengan kimia sehingga kemampuan yang dimiliki lulusannya cukup mumpuni. Sebagai contoh saja, di dalam ilmu ini anda akan diajari bagaimana cara menganalisis suatu zat kimia, memisahkan materi kimia, tentang kimia organik, geokimia dan lain sebagainya.

5. Teknik Informatika

Meskipun termasuk salah satu jurusan di fakultas teknik, lulusan teknik informatika tidak melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan fisik. Hal inilah yang menyebabkan teknik informatika cocok dimasuki bagi kaum hawa yang tertarik dengan bidang ini. Jurusan ini prospek kerjanya cukup bagus untuk wanita, mengingat saat ini banyak sekali pekerjaan yang berhubungan dengan IT. Maklum saja, saat ini dunia telah memasuki era digitalisasi sehingga pekerjaan seringkali harus berhubungan dengan teknologi.

Selain memiliki jumlah lowongan kerja yang banyak, gaji yang ditawarkan untuk lulusan jurusan ini cukup tinggi. Akan tetapi memang karena saat ini jumlah kampus yang memiliki jurusan teknik informatika jumlahnya sangat banyak, lulusan jurusan ini setiap tahunnya juga jumlahnya sangat banyak. Saya menyarankan anda untuk memilih kampus yang kredibel sehingga anda lebih mudah mendapatkan pekerjaan dibandingkan para pesaing anda. Bagaimanapun juga, kampus tempat kamu menimbang ilmu menjadi salah satu hal pertama yang dilihat oleh perusahaan. Anda yang merupakan lulusan dari UGM tentunya akan mendapatkan perhatian berbeda dengan seseorang yang lulus dari universitas swasta yang memiliki akreditasi rendah.

6. Akuntansi

Bekerja sebagai seorang akuntan banyak diminati oleh wanita, apabila anda tertarik dengan bidang pekerjaan ini maka jurusan ini bisa anda pilih. Banyak perusahaan yang membutuhkan alumni akuntansi, sehingga peluang kerjanya terbuka lebar. Masalah penghasilan yang bisa didapatkan di dalam jurusan ini juga relatif besar dengan beban kerja yang ringan.

Anda memerlukan ketelitian dan kemampuan hitung yang baik di dalam jurusan akuntansi. Maklum saja pekerjaan seorang akuntan tidaklah lepas dari perhitungan dan pembukuan yang membutuhkan kedua hal tersebut. Pekerjaan anda sehari-hari juga tidak akan luput dari masalah menghitung angka-angka.

7. Keguruan

Banyak yang menganggap bahwa menjadi seorang guru merupakan pekerjaan terbaik bagi seorang wanita. Pekerjaan ini tidak akan menghabiskan banyak waktu anda, karena jam kerjanya yang sudah teratur. Beban kerja yang dihadapi tergolong tidak cukup berat, asalkan anda tidak mendapatkan murid yang bandel. Masalah penghasilan guru untuk saat ini tergolong sangat besar, apalagi jika anda menjadi seorang guru PNS yang telah sertifikasi.

Kekurangan dari jurusan ini adalah persaingan kerja yang relatif cukup berat untuk menjadi seorang PNS. Pasalnya, banyak sekali universitas yang menyelenggarakan jurusan keguruan di Indonesia. Oleh karena itu, setiap ada penerimaan PNS untuk guru maka persaingan mengisi lowongan pekerjaan tersebut sangatlah ketat. Anda memerlukan kepintaran dan keberuntungan agar bisa menjadi seorang guru PNS.

Itulah beberapa jurusan yang prospek kerjanya bagus untuk wanita, sehingga bisa menjadi pilihan anda. Selain berdasarkan prospek kerjanya, saya menyarankan anda untuk mendahulukan bakat dan minat anda. Apabila anda memiliki minat dan bakat pada bidang tersebut, maka pilihlah jurusan tersebut meskipun prospeknya kurang begitu bagus. Bagaimanapun juga, apabila anda bisa menjadi yang terbaik dalam suatu bidang maka anda tetap akan menjadi legenda dan mencapai kesuksesan dunia.