Prospek Kerja Teknik Geodesi Untuk Wanita

Teknik Geodesi mungkin masih kalah mentereng dibandingkan geologi yang keduanya sama-sama mempelajari tentang bumi. Bedaya adalah di teknik Geodesi, mahasiswanya akan lebih berfokus pada pemetaan. Geodesi juga dianggap sebagai jurusan di fakultas Teknik yang cocok untuk para wanita, karena tidak terlalu membutuhkan tenaga fisik. Ada banyak prospek kerja teknik geodesi untuk wanita yang menjanjikan secara finansial.

Teknik geodesi termasuk salah satu jurusan yang kurang populer, walaupun begitu ilmu yang dipelajari di jurusan ini dibutuhkan di dalam kehidupan kita. Banyak perusahaan swasta dan lembaga pemerintah yang membutuhkan orang yang memiliki kemampuan dalam bidang geodesi, diantaranya saja di sektor pertambangan, perminyakan, pertanahan dan lain sebagainya.

Prospek Kerja Teknik Geodesi

Prospek kerja teknik geodesi tentunya harus disesuaikan dengan ilmu yang mahasiswa pelajari saat mengenyam pendidikan di universitasnya. Seperti yang telah saya bahas diatas, di teknik geologi memfokuskan diri untuk mempelajari masalah pemetaan. Setiap tahunnya ada banyak lowongan kerja yang membutuhkan ahli pemetaan, misalnya saja di BPN, Pertamina, Kementrian Pekerjaan Umum, Antam dan lain sebagainya.

Pegawai BPN

Setiap tahunnya ada banyak lowongan pekerjaan di lembaga pemerintah BPN bagi alumni jurusan Teknik Geologi. BPN sangat membutuhkan para sarjana teknik geodesi untuk masalah pembuatan sertifikat dan rekonstruksi batas. Setiap tahunnya ada jutaan sertifikat yang dibuat oleh BPN, sehingga diperlukan orang yang melakukan pemetaan mengenai pertanahan tersebut. Seorang sarjana teknik geodesi tentunya mampu menjadi tenaga kerja yang menyelesaikan pekerjaan pembuatan sertifikat tanah ini.

Bekerja di BPN dianggap memiliki jenjang karir yang terjamin dan sebagai seorang PNS anda akan mendapatkan uang pensiun setelah selesai bekerja. Pekerjaan di BPN juga dianggap tidak terlalu berat bagi seorang wanita, sehingga ini bisa menjadi prospek kerja yang bagus untuk kaum wanita. Biasanya seorang pegawai BPN bisa mendapatkan penghasilan per bulan hingga lebih dari 10 juta rupiah, tergantung dari jabatan yang dimilikinya.

Kementerian Pekerjaan Umum

Hampir setiap tahun Kementerian Pekerjaan Umum membuka lowongan kerja untuk alumni teknik geodesi yang menguasai masalah pemetaan. Hal ini tentu berkaitan tentang merancang sebuah pekerjaan di kementerian tersebut, misalnya masalah pembuatan jalan tol yang perlu dipetakan tentang jalur yang dirasa paling efisien. Pembuatan ibukota baru yang sedang direncanakan juga tidak bisa dilepaskan dari ahli geodesi yang akan memetakan daerah mana saja yang bisa dibangun ataupun tidak dengan sebab-sebabnya.

Menjadi seorang PNS di kementrian ini dirasa memiliki prospek yang cukup cerah dengan penghasilan yang terbilang tinggi. Hanya saja memang pekerjaan di kementrian ini cenderung harus melakukan survei ke lapangan sehingga dirasa lebih pas untuk dimasuki kaum pria. Akan tetapi apabila anda tidak keberatan untuk melakukan pekerjaan yang demikian, seorang wanita pun tidak dibatasi untuk mendapatkan pekerjaan ini.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Satu lagi kementrian yang membutuhkan seorang ahli geodesi di dalam jobdesk mereka dimana banyak pekerjaan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang berkaitan dengan pemetaan. Misalnya saja memetakan hutan yang memiliki resiko terbakar, memetakan lahan gambut dengan pengkategorian tebal tipisnya lapisan gambut, memetakan resiko pencemaran yang terjadi akibat suatu proyek dan masih banyak lainnya.

Bekerja di lembaga pemerintahan ini dinilai cukup menarik, apalagi jika ada seorang pecinta alam karena harus menjelajahi hutan untuk menyelesaikan pekerjaan anda. Tentunya pekerjaan ini juga tidak bisa diambil oleh sembarangan wanita, karena untuk menjelajahi hutan ini dibutuhkan fisik yang prima. Sering meninggalkan suami untuk tugas di luar kota juga menjadi salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan bagi seorang wanita yang ingin ambil di pekerjaan ini.

Konsultan Teknik

Konsultan teknik tugasnya adalah melakukan analisis tentang suatu proyek baik milik pemerintah maupun swasta apakah sudah sesuai dengan ketentuan atau belum. Misalnya saja ketika akan dibangun sebuah proyek pembangkit tenaga listrik, konsultan teknik akan menganalisis apakah pembangunan tersebut sudah aman dari berbagai sisi teknik. Salah satu yang dianalisis adalah berdasarkan pemetaan wilayah yang tentunya dikuasai oleh seorang sarjana teknik geodesi. Oleh karena itu, konsultan teknik menjadi salah satu prospek kerja yang bisa dimasuki oleh lulusan teknik geodesi baik pria maupun wanita.

Perusahaan Konstruksi

Perusahaan konstruksi yang berskala besar membutuhkan seorang ahli geodesi untuk menganalisis keamanan serta aspek lainnya berdasarkan ilmu geodesi. Tentunya jika anda memilih bekerja di perusahaan konstruksi, anda harus sering berada di lapangan untuk memetakan dan mensurvei berbagai aspek di proyek tersebut. Biasanya gaji yang bisa didapatkan oleh seorang lulusan teknik geodesi yang mau bekerja di perusahaan konstruksi cukup besar, hingga diatas 10 juta rupiah.

Perusahaan Pertambangan dan Perminyakan

Perusahaan pertambangan juga membutuhkan banyak ahli geodesi untuk memetakan area pertambangan, menganalisis resiko bencana alam dan mengelola daerah pertambangan tersebut. Prospek kerja teknik geodesi yang bekerja di pertambangan sangatlah bagus karena memiliki penghasilan yang sangat besar. Anda bisa mendapatkan gaji perbulan hingga puluhan juta rupiah, apabila anda bekerja di perusahaan internasional. Sayangnya, bekerja di pertambangan membuat anda harus jauh dari keluarga karena pekerjaan yang harus dilakukan pada area proyek.

Dosen

Dosen menjadi prospek kerja teknik geologi yang dinilai paling cocok untuk wanita. Sebabnya adalah jam kerja yang tidak terlalu banyak serta pekerjaan yang mayoritas dilakukan di area kampus. Dengan begitu, anda tidak perlu berpisah dengan keluarga anda disebabkan masalah pekerjaan.

Memang peluang menjadi dosen teknik geodesi terbilang agak sulit, karena masih sedikit universitas yang memiliki jurusan ini. Peluang terbaik anda adalah menjadi dosen di tempat anda mengenyam pendidikan. Anda tentu harus mendapatkan prestasi yang menonjol diantara teman seangkatan anda, supaya dilirik pihak kampus untuk dijadikan dosen.

PNS Pemda

Prospek kerja teknik geodesi lain yang bisa anda masuki adalah bekerja sebagai PNS di Pemda. Lulusan Teknik Geodesi dapat bekerja di dinas Tata Kota dan Bangunan yang ada di setiap Pemerintah Daerah. Pekerjaan ini juga dinilai cocok untuk wanita, karena anda hanya perlu bekerja di daerah anda berdinas.

Jika anda ingin mendapatkan penghasilan yang besar, anda bisa melamar menjadi PNS di Pemprov DKI Jakarta. Gaji sebagai Pemprov DKI Jakarta tergolong sangat tinggi, karena banyaknya tunjangan yang bisa anda dapatkan. Anda bisa mendapatkan penghasilan hingga 30 juta rupiah bila bekerja di tempat ini.

Direktorat Jenderal Pajak Bumi Dan Bangunan

Direktorat Jenderal Pajak Bumi Dan Bangunan juga membutuhkan tenaga ahli di bidang geodesi untuk mengkaji masalah pajak bangunan, pertanahan dan lain sebagainya. Bekerja di direktorat di bawah kementrian keuangan ini tentunya akan membuat anda mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Hanya saja, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan ini relatif cukup sulit dan anda perlu bersaing dengan alumni geografi dan geologi.

Itulah beberapa prospek kerja teknik geodesi untuk wanita yang bisa anda coba. Memang kebanyakan pekerjaan diatas membutuhkan kerja di lapangan sehingga anda  perlu menjaga kesehatan fisik dan bekerja jauh dengan keluarga di rumah.