Prospek Kerja Kimia Murni yang Bergengsi

Jurusan kimia murni sering dianggap tidak menjanjikan sehingga tidak banyak yang meminatinya. Hal ini bisa dibuktikan dari rendahnya passing grade yang dibutuhkan untuk memasukinya. Ia masih kalah peminat dibandingkan dengan saudaranya pendidikan kimia ataupun teknik kimia. Padahal sebenarnya prospek kerja kimia murni juga tidak kalah bergengsi dibandingkan kedua jurusan tersebut.

Perusahaan yang membutuhkan lulusan kimia murni jumlahnya sangat banyak, sehingga banyak peluang yang bisa didapatkan oleh lulusannya. Memang banyak orang yang mengira bahwa lulusan jurusan ini nantinya hanya bisa menjadi dosen ataupun bekerja di lab seharian. Padahal masih banyak prospek kerja kimia lain yang bisa di coba, gaji yang ditawarkan juga sangat bervariasi dan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Apa Itu Jurusan Kimia Murni ?

Jurusan kimia murni merupakan sebuah jurusan di dalam universitas yang mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu kimia. Ilmu kimia sendiri adalah ilmu yang mempelajari materi pada skala molekuler dengan berbagai reaksi yang berkaitan dengannya. Oleh karena itu, cakupan ilmu yang dipelajari di dalam jurusan kimia murni akan luas, misalnya saja anda akan mempelajari mengenai analisis zat kimia, geokimia, elektrokimia, pemisahan materi kimia, termodinamika, kimia organik dan lain sebagainya.

Jurusan ini sangat cocok bagi anda yang gemar melakukan eksperimen, baik itu di laboratorium ataupun melakukan penelitian di lapangan. Lulusan jurusan ini menjadi ujung tombak di berbagai industri yang ada di tanah air, sehingga banyak perusahaan yang membutuhkannya. Misalnya saja perusahaan makanan, perminyakan, kosmetik dan tekstil, yang semuanya tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan mereka atas pekerja yang menguasai bidang kimia.

Prospek Kerja Lulusan Kimia Murni

Lulusan jurusan kimia murni seharusnya memiliki kemampuan yang luas berkaitan dengan ilmu kimia, sehingga prospek kerja yang bisa diambilnya sangat luas. Apalagi jika anda merupakan lulusan kimia murni dari universitas ternama, anda biasanya tidak akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Teman-teman saya yang merupakan alumni Kimia Murni UGM justru merasa kesulitan untuk memilih pekerjaan apa yang akan diambilnya, saking banyaknya tawaran pekerjaan yang ada.

Melihat dari fakta tersebut, maka mengambil kuliah di jurusan kimia murni memiliki prospek kerja yang sangat baik. Paling tidak ada 2 hal penyebab mengapa kuliah di jurusan ini bisa memberikan anda masa depan yang cerah. Pertama, jumlah universitas yang memiliki jurusan kimia murni tidak begitu banyak, sehingga lulusan yang dihasilkan setiap tahunnya juga sedikit.

Penyebab kedua adalah hampir seluruh sektor industri membutuhkan alumni jurusan ini, dengan begitu maka peluang kerja yang bisa didapatkan sangat terbuka lebar. Menggabungkan dua sebab diatas, kita bisa mendapatkan kesimpulan bahwa para alumni kimia murni memiliki banyak peluang kerja tetapi pesaingnya sedikit. Berikut ini adalah beberapa contoh prospek kerja yang bisa diambil oleh lulusan kimia murni.

Analis Laboratorium

Lulusan jurusan kimia murni tentunya sudah akrab dengan berbagai aktivitas yang ada di Laboratorium. Hal itu dikarenakan sejak dari semester awal, mahasiswa jurusan ini disibukkan dengan berbagai rangkaian praktikum yang dilakukan di laboratorium. Tentunya mahasiswa kimia murni telah secara lancar melakukan berbagai kegiatan analisis, misalnya menganalisis kandungan gizi makanan, menganalisis zat yang terkandung di dalam sebuah produk dan berbagai aktivitas analisis lainnya.

Dengan kemampuan analisis yang dimilikinya, tentu menjadi seorang analis laboratorium di sebuah perusahaan menjadi hal yang wajar bagi seorang alumni kimia murni. Ada berbagai industri yang membutuhkan analis laboratorium yang bisa diisi oleh alumni jurusan ini, misalnya saja industri farmasi, makanan, tekstil dan lain sebagainya. Di era industri modern seperti saat ini, prospek kerja kimia murni untuk menjadi analis laboratorium menjadi sangat luas.

Tidak hanya di dunia industri, ada banyak instansi pemerintah maupun swasta yang memajang membutuhkan pekerjaan ini setiap tahunnya. Misalnya saja di bidang kesehatan, rumah sakit tentunya membutuhkan analis laboratorium yang melakukan berbagai analisis tentang kondisi pasien disana. Begitu juga di kepolisian yang membutuhkan ahli forensik yang harus melakukan berbagai analisis di laboratorium.

Quality Control

Hampir di semua sektor industri memerlukan yang namanya Quality Control guna memastikan kualitas produk yang dihasilkannya. Dalam divisi ini, biasanya terdapat minimal 1 orang sarjana kimia murni yang bertugas menganalisis kualitas produk dari sisi kimianya. Perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk menjadi staff Quality Control ini tentu jumlahnya banyak sekali. Bagaimanapun juga industri di negara kita cukup berkembang dengan baik dan ada banyak sekali perusahaan yang berdiri.

Anda yang menjadi lulusan kimia murni bisa mencoba untuk melamar di pekerjaan ini. Gaji yang bisa didapatkan bervariasi tergantung perusahaan tempat anda bekerja. Bila mendapatkan perusahaan skala internasional, staff Quality Control bisa mendapatkan penghasilan lebih dari 10 juta rupiah perbulannya.

Research and Development (RnD)

Sebuah perusahaan yang bonafit harus memiliki divisi Research and Development di dalamnya. Tugas dari divisi R&D adalah melakukan penelitian untuk bisa mengembangkan produk yang dihasilkan sebuah perusahaan menjadi lebih baik. Tugas dari staff divisi ini adalah menemukan formula baru produk yang dihasilkan sehingga terjadi peningkatan kualitas.

Dibalik banyaknya perusahan yang bergerak di industri yang sama, tentu sebuah perusahaan perlu melakukan inovasi dan pengembangan produk yang dihasilkannya. Apabila tidak melakukan pengembangan, tentunya produk perusahaan tersebut akan menjadi tertinggal sehingga akhirnya kalah bersaing dengan perusahaan lain. Kita ambil contoh saja masalah shampo, saat ini varian shampo jumlahnya jauh lebih banyak apabila dibandingkan dengan 10 – 20 tahun yang lalu. Setiap varian ditugaskan untuk mengatasi masalah rambut spesifik dan hadirnya varian-varian ini tentu merupakan hasil dari kerja keras divisi RnD.

Dosen

Luasnya ilmu yang dimiliki oleh seorang lulusan kimia, membuatnya bisa menjadi seorang dosen di banyak jurusan. Saat saya kuliah di jurusan Biologi UGM, ada beberapa dosen saya yang merupakan lulusan kimia murni. Jadi prospek kerja alumni Kimia Murni, tidak hanya bisa menjadi dosen di jurusannya saja tetapi bisa juga di jurusan lain yang masih berkaitan dengan kimia.

Menjadi dosen di Indonesia dianggap sebagai pekerjaan yang terhormat, anda memiliki tugas untuk membagi ilmu yang anda miliki pada mahasiswa anda sehingga membantu mencerdaskan Indonesia. Untuk menjadi dosen tentu anda perlu melanjutkan studi anda ke jenjang lebih tinggi. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak beasiswa yang diberikan bagi anda yang ingin menjadi seorang dosen.

Penulis

Tidak menutup kemungkinan seorang lulusan kimia murni menjadi penulis top, anda bisa menulis buku yang berhubungan dengan kimia ataupun tidak. Menjadi penulis di era modern ini memiliki penghasilan yang menjanjikan, akan tetapi anda tidak boleh terpaku untuk menulis di media mainstream seperti buku.

Banyak juga penulis yang mendapatkan penghasilan besar dari tulisannya di internet, contohnya saja menulis novel online berbayar. Banyak penulis novel online berbayar yang mendapatkan ratusan juta rupiah per bulannya. Tentu jumlah itu sangat besar untuk standar gaji Indonesia, sehingga bisa anda coba. Anda bisa membuat novel yang menggabungkan antara sains dan fiksi, siapa tau hasil tulisan anda bisa memiliki banyak peminat sehingga bisa membuat anda sukses secara finansial.

Itulah beberapa prospek kerja kimia murni yang cukup bergengsi untuk anda coba. Masih banyak lagi pekerjaan lain yang bisa diambil oleh seorang lulusan kimia murni, sehingga sangat jarang alumni jurusan ini yang menganggur. Bagi anda yang masih bingung memilih jurusan apa untuk studi kuliah anda, masuk jurusan kimia murni bisa menjadi pilihan yang tepat bila anda menyukai kimia.