Jurusan yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang

Dalam memilih jurusan yang ingin anda pilih untuk melanjutkan studi, tentunya anda perlu melihat bagaimana peluang kerjanya. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang. Dengan begitu anda tidak akan mengalami kesalahan di dalam memilihnya, sehingga setelah menyelesaikan studi maka anda bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan.

9 Jurusan yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan

Sebagian besar orang memilih kuliah agar bisa mendapatkan peluang mendapatkan pekerjaan yang lebih banyak dan baik. Oleh sebab itu, tidak salah apabila anda memilih untuk memasuki jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang. Jangan sampai setelah anda berusaha keras menyelesaikan studi anda, anda masih kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan sehingga menjadi pengangguran. Tentu hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat kita hindari demi masa depan kita.

Memang memilih jurusan yang peluang kerjanya banyak bukanlah satu-satunya faktor yang harus anda pertimbangkan ketika ingin melanjutkan studi. Anda juga perlu melihat bakat dan minat anda tentang hal yang dipelajari pada jurusan tersebut. Akan lebih baik lagi apabila anda mendapatkan keduanya. Dengan begitu selain anda menguasai bidang yang dipelajari, anda juga dengan mudah mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan studi anda.

Dibawah ini saya akan mencoba mengulas secara singkat mengenai 9 jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang. Pendapat saya di dalam artikel ini bisa menjadi salah satu pertimbangan anda dalam pilihan studi anda.

1. Sastra Inggris

Di era globalisasi ini, seseorang yang memiliki kemampuan berbahasa inggris yang bagus memiliki peluang kerja yang sangat besar. Oleh karena itu, sastra inggris menjadi salah satu jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang. Ada banyak sekali peluang kerja dengan penghasilan besar yang bisa didapatkan oleh seorang lulusan sastra inggris.

Salah satunya adalah anda bisa menulis sebuah novel berbahasa inggris secara online yang kemudian diupload di website pribadi atau yang bekerja sama dengan anda. Menjadi penulis novel online ini tidak bisa diremehkan juga penghasilannya, anda bisa mendapatkan puluhan ribu dollar perbulan apabila pembaca novel anda bisa mencapai puluhan ribu orang per harinya.

2. Pendidikan Dokter

Setelah adanya pandemi covid-19 ini, kita menjadi sadar bahwa ternyata Indonesia masih kekurangan tenaga kesehatan. Oleh karena itu, menjadi seorang dokter masih menjadi salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan di negeri ini. Memang untuk kuliah di jurusan ini tidaklah mudah, diperlukan kemampuan menganalisis dan menghafal yang baik. Hal penting lain yang diperlukan adalah biaya, dimana jurusan ini menjadi salah satu yang memiliki biaya pendidikan termahal.

Terlepas dari kedua hal diatas, setelah anda menyelesaikan studi anda biasanya cukup mudah dalam mendapatkan pekerjaan. Selain bekerja di rumah sakit atau klinik, anda juga bisa membuka praktek sendiri. Penghasilan yang bisa didapatkan oleh seorang dokter terbilang lumayan besar, apalagi jika sudah menjadi dokter spesialis. Mendapatkan penghasilan puluhan juta per bulan bagi seorang dokter spesialis menjadi suatu yang lumrah didapatkannya.

3. Teknik Informatika

Di era digitalisasi seperti saat ini, seseorang yang menguasai pemrograman sangat dibutuhkan. Hal itu tak lepas dari banyaknya aktivitas manusia yang harus berhubungan dengan perangkat digital. Sebut saja saat ini untuk jual beli telah ada banyak marketplace yang akan memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli. Masih banyak lagi kegiatan manusia lain yang membutuhkan bantuan program, termasuk oleh berbagai perusahaan yang ada di Indonesia. Diperkirakan tren digitalisasi ini akan terus berlanjut, sehingga seorang sarjana teknik informatika mempunyai peluang kerja yang sangat bagus di masa mendatang.

4. Ilmu Komunikasi

Komunikasi menjadi salah satu hal yang sangat penting dan diperlukan di masa sekarang. Seorang yang ahli dalam berkomunikasi bisa membuat penggiringan opini, memasarkan produk, endorse dan lain sebagainya. Seorang sarjana ilmu komunikasi banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan untuk membuat produknya menjadi lebih terkenal. Peluang tersebut sangatlah besar, karena dengan adanya internet lebih memudahkan perusahaan untuk menjangkau para calon pelanggannnya. Tugas tersebut tentunya harus bisa dilakukan oleh seorang sarjana ilmu komunikasi dengan bekal ilmu pengetahuan yang dimilikinya selama studi.

5. Ilmu Ekonomi

Sarjana ilmu ekonomi setiap tahunnya memang terus bertambah dalam jumlah yang sangat banyak. Hal itu disebabkan banyaknya kampus yang memiliki jurusan ilmu ekonomi di dalamnya. Banyaknya kampus yang memiliki jurusan ini sebenarnya menjadi salah satu bukti bahwa kebutuhan akan sarjana ekonomi setiap tahunnya sangatlah banyak. Apabila anda menyukai bidang ini, maka ilmu ekonomi bisa menjadi salah satu jurusan yang peluang kerjanya bagus. Akan tetapi anda perlu memiliki kampus yang bonafit dan mendapatkan IPK yang bagus, sehingga anda bisa bersaing dengan sarjana ekonomi lainnya.

6. Teknik Mesin

Industri saat ini berkembang begitu cepat, sehingga kebutuhan seorang sarjana teknik mesin setiap tahunnya sangatlah banyak. Bagi yang menyukai bidang ini, anda bisa memasukkannya ke dalam list jurusan yang akan kamu pilih. Di masa mendatang diperkirakan kebutuhan akan seorang ahli mesin akan terus bertambah. Bisa jadi nantinya sebagian besar aktivitas manusia selalu dibantu oleh sebuah mesin, misalnya saja berupa sebuah robot. Oleh karena itu, tak salah apabila saya memasukkannya ke dalam jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang.

7. Arsitektur

Bidang konstruksi akan terus berkembang di masa mendatang, seiring dengan bertambahnya jumlah populasi manusia. Orang juga akan semakin menyadari bahwa dalam membuat sebuah bangunan diperlukan ketahanan, keindahan dan fungsi yang pas. Tentunya untuk membuat sebuah bangunan yang demikian diperlukan seorang arsitek untuk merancangnya. Bagi kamu yang menyukai menggambar dan merancang sesuatu, memasuki jurusan arsitektur bisa menjadi sebuah pilihan yang pas.

8. Ilmu Gizi

Kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi saat ini telah cukup baik di masyarakat. Bahkan banyak orang yang pergi ke konsultan gizi agar bisa mendapatkan berat badan ideal. Peluang ini menjadikan jurusan ilmu gizi memiliki prospek yang sangat bagus di masa mendatang sehingga bisa menjadi salah satu alternatif pilihan anda. Di dalam jurusan ini, anda tidak hanya belajar mengenai gizi dan kesehatan saja. Anda juga akan diberikan ilmu agar bisa menjadi membuat program diet bagi seseorang sesuai dengan kebutuhannya.

9. Teknik Lingkungan

Saat ini, orang sudah semakin menyadari akan pentingnya lingkungan bagi kehidupan manusia. Hal itulah yang mendasari kegiatan manusia harus mempertimbangkan efeknya kepada lingkungan. Hampir setiap pabrik saat ini memiliki seorang ahli lingkungan di jajarannya untuk menganalisis dampak aktivitas pabrik terhadap lingkungan di sekitarnya. Banyaknya kebutuhan akan ahli lingkungan ini membuat prospek kerja teknik lingkungan sangatlah baik.

Itulah 9 jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang untuk anda pilih. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat anda sehingga nantinya anda bisa menikmati pekerjaan anda. Menikmati saat anda bekerja akan membuat kesuksesan menjadi selangkah lebih mudah untuk diraih.