Jurusan Kimia Murni Terbaik di Indonesia

Jurusan kimia murni memang bukanlah yang paling populer tetapi lulusannya memiliki prospek kerja yang bagus. Oleh sebab itu, ia bisa menjadi salah satu pilihan tepat bagi anda yang sedang bingung mencari tempat kuliah yang cocok. Tentu memilih universitas dengan jurusan kimia murni terbaik harus diutamakan, karena peluang anda mendapatkan pekerjaan semakin besar ketika lulus dari sana. Pada artikel ini saya akan membahas sekilas tentang beberapa jurusan kimia murni terbaik di Indonesia yang bisa anda jadikan referensi.

Mengapa Memilih Jurusan Kimia Murni ?

Di jurusan ini, mahasiswanya akan mempelajari tentang struktur, komposisi dan sifat materi dari ukuran terkecil (atom). Disini juga akan dipelajari bagaimana materi tersebut berinteraksi sehingga terbentuklah materi baru yang memiliki sifat berbeda. Anda yang masuk jurusan ini tentu harus menyukai dan memahami bidang kimia. Apalagi kimia seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang paling sulit, sehingga tidak semua orang bisa memahaminya.

Bagi anda yang berhasil menyelesaikan studinya di jurusan kimia dengan nilai yang baik, maka biasanya akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Prospek kerja lulusan kimia murni memang cukup banyak dan bervariasi karena kemampuannya di bidang ilmu kimia banyak dibutuhkan perusahaan di berbagai bidang. Kita ambil contoh alumni kimia UGM, banyak yang justru kebingungan untuk memilih pekerjaan karena saking banyaknya tawaran untuk mereka. Memang salah satu faktornya adalah karena Kimia UGM menjadi salah satu jurusan kimia terbaik di Indonesia.

Universitas dengan Jurusan Kimia Murni Terbaik

Berikut ini adalah beberapa universitas dengan jurusan kimia murni terbaik di Indonesia yang bisa anda pilih :

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Siapa sih yang meragukan UGM sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia ? Ini bisa dibuktikan dari sepak terjang alumninya yang menjadi pimpinan di berbagai bidang di Indonesia. Salah satunya kita bisa lihat di jajaran menteri di kabinet Joko Widodo yang menempatkan banyak alumni UGM. Bahkan Presiden Joko Widodo juga merupakan salah satu alumni UGM yang lulus di tahun 1985 dari Fakultas Kehutanan.

Jurusan Kimia UGM tidak perlu lagi diragukan kualitasnya dan bagi lulusannya yang memiliki IPK diatas 3 biasanya akan sangat mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Dari segi Akreditasinya, Kimia UGM juga mendapatkan nilai A yang merupakan nilai akreditasi tertinggi saat ini. Maka dari itu, bagi anda yang ingin melanjutkan studinya di Kimia saya sarankan menjadikan UGM sebagai pilihan pertama anda.

Related Post

Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB juga memiliki jurusan kimia murni yang tidak kalah baiknya dengan UGM dan bisa menjadi pilihan anda. Selain dapat dibuktikan dari akreditasi A yang dimilikinya, banyak alumni Kimia ITB yang menempati posisi penting di berbagai perusahaan. Kita ambil contoh di pertamina, kita akan menemukan banyak sekali lulusan kimia ITB yang diterima kerja di perusahaan BUMN tersebut.

Prestasi mahasiswanya dalam berbagai event Internasional juga tidak bisa dilihat sebelah mata. Terbaru Mahasiswa Kimia ITB mendapatkan lima penghargaan dalam ajang International Young Chemists Summit 2021 (IYCS) yang diselenggarakan oleh American Chemical Society (ACS). Dengan prestasi yang dimilikinya, wajar jika Jurusan Kimia ITB dianggap sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia.

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Memang jurusan Kimia Murni UNS tidaklah sebaik yang dimiliki UGM dan ITB, tetapi kualitas yang dimilikinya tak perlu diragukan. Alumni Kimia UNS juga banyak tersebar di berbagai perusahaan dan menempati posisi penting. Dosen yang mengajar disini terbilang sangat mumpuni dan memiliki banyak penelitian di bidang Kimia. Akreditasi Kimia UNS juga mendapatkan nilai A sejak tahun 2009 hingga sekarang sehingga anda tidak perlu ragu untuk memilihnya sebagai tempat studi anda.

Universitas Indonesia (UI)

UI sering dianggap sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, begitu pula jurusan kimia yang ada di dalamnya. Banyak alumni Kimia UI yang menjadi pakar di berbagai bidang yang mereka lakukan. Penelitian yang dilakukan oleh para mahasiswa dan dosen Kimia UI juga sangat banyak jumlahnya serta telah diakui oleh kalangan ilmuwan internasional. Selain itu, Laboratorium yang dimiliki oleh UI sangatlah lengkap dan baik sehingga menjadikannya sebagai salah satu jurusan kimia terbaik di Indonesia.

Universitas Diponegoro (UNDIP)

UNDIP menjadi salah satu dari deretan universitas top yang dimiliki Indonesia yang telah terbukti kualitasnya. Prodi Kimia yang dimilikinya juga terbilang sangat baik dan telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Alumni yang dihasilkannya terbilang cukup bersaing dalam dunia kerja dan tersebar di berbagai perusahaan top di Indonesia. Prestasi mahasiswanya dalam berbagai event juga cukup baik diantaranya pada ajang World Young International Exhibitions (WYIE) di Kuala Lumpur tahun 2018, mahasiswa kimia Undip berhasil mendapatkan medali Emas.

Universitas Airlangga (UNAIR)

Inovasi dan profesionalitas yang dimiliki Jurusan Kimia UNAIR tidak perlu diragukan lagi. Hal itu dibuktikan dengan akreditasi A yang diberikan oleh BAN PT terhadapnya. Tenaga pendidik yang dimiliki oleh program studi ini juga sangat handall dan mayoritas telah bergelar Doktor yang diberikan berbagai universitas ternama di dunia. Sarana dan prasarana yang dimilikinya juga sangat lengkap untuk mendukung proses belajar mengajar serta penelitian yang dilakukan oleh civitas akademik di dalamnya.

Itulah 6 universitas di Indonesia yang memiliki jurusan kimia murni terbaik sehingga bisa menjadi pilihan tepat untuk melanjutkan studi anda. Keenam universitas tersebut tersebar di 6 kota besar yang ada di negeri kita, saya menyarankan untuk menjadikan UGM sebagai pilihan utama anda apabila yakin dapat diterima disana. Jika anda merasa Passing Grade anda tidak akan mencapai standar minimum di UGM maka anda bisa memilih jurusan kimia murni terbaik lain yang telah saya jabarkan diatas.

Categories: Pendidikan