Jenis Aglaonema Merah

Tanaman hias yang daunnya merah sangat diminati di Indonesia, begitu pula dengan jenis aglaonema merah. Harga aglaonema merah pernah mencapai puncak keemasan pada tahun 2005, kala itu harga tanaman hias ini dihitung dari jumlah daunnya. Setiap daun yang berukuran besar, dianggap memiliki harga sekitar 1 juta rupiah sehingga menjadi wajar jika pada kala itu tanaman hias ini harganya mencapai puluhan juta rupiah.

Setelah tahun 2010, harga aglaonema mengalami penyusutan karena terlalu banyak orang yang membudidayakannya. Kemudian pada tahun 2020 ini, karena adanya pandemi covid-19 yang membuat banyak orang mulai mengembangkan hobi merawat tanaman hias kembali menyebabkan aglaonema menjadi kembali populer. Hal ini dapat dibuktikan dari banyaknya orang yang melakukan jual beli jenis tanaman ini di berbagai marketplace dan grup jual beli tanaman di facebook. Akibat kepopulerannya yang kembali naik ini mengakibatkan aglaonema kembali menjadi salah satu tanaman hias termahal di 2020.

Jenis Aglaonema Merah

Saat ini jenis aglaonema merah bukanlah varietas yang memiliki harga paling mahal. Jenis aglaonema termahal saat ini ialah Anyamanee yang memiliki 3 warna, walau begitu popularitas aglaonema merah juga mulai moncer. Beberapa varietas harganya sudah mendekati 1 juta rupiah per tanamannya. Pada artikel ini saya akan mengulas beberapa jenis aglaonema merah yang bisa anda koleksi.

Aglaonema Red Valentine

Varietas ini telah ada sejak lama dan ia pernah memiliki harga yang sangat mahal di tahun 2005an. Saat ini Red Valentine kembali digemari banyak orang dan menurut penglihatan saya di sosial media banyak orang yang memamerkannya. Varietas ini mempunyai daun yang lonjong dan lancip pada ujungnya, daunnya berwarna hijau dengan corak berwarna kemerahan.

Menurut ahli tanaman hias lulusan UGM Pratama Adi, semakin banyak sinar matahari yang mengenai daun tanaman ini maka akan semakin banyak warna merah di daunnya. Walau begitu, tidak disarankan apabila diberi sinar matahari siang yang terik karena justru akan membuat daunnya menguning karena terlalu panas. Idealnya Aglaonema Red Valentine dijemur pada pagi dan sore hari, sedangkan pada siangnya ia dipindahkan ke tempat yang teduh.

Aglaonema Red Ruby

Sesuai dengan namanya, varietas ini memiliki warna merah muda seperti permata ruby. Red ruby merupakan salah satu jenis aglaonema lokal yang merupakan hasil persilangan dari pembudidaya dalam negeri. Tanaman ini memiliki daun yang berukuran agak kecil dengan panjang sekitar 15 – 20 cm. Daunnya berbentuk agak membulat dengan ujung yang lancip.

Tanaman ini memiliki daun yang terdiri atas dua warna yaitu hijau dan merah muda. Saat daun baru tumbuh, daun memiliki warna hijau dan seiring bertambahnya umur warna merah muda akan semakin mendominasi. Oleh karena itu, pada saat daun tanaman telah tumbuh dengan penuh, 90% warnanya adalah merah dua. Varietas ini kurang begitu memiliki harga jual di Indonesia karena masyarakat kita lebih menyukai warna merah yang menyala. Saat ini tanaman ini memiliki harga jual sekitar 100-200 ribu per tanaman dewasa. Menurut saya tanaman ini tetap layak untuk dikoleksi karena cenderung indah dan sangat cocok jika ditaruh di dalam ruangan.

Aglaonema Suksom

Jenis aglaonema merah ini dikenal sebagai yang memiliki warna merah menyala. Varietas ini merupakan hasil persilangan yang dilakukan pembudidaya Thailand pada tahun 2000an. Daunnya ada yang agak membulat maupun yang seperti jantung dengan ujung yang lancip. Hampir seluruh daun tanaman ini berwarna merah darah, karena warnanya tersebutlah yang membuat tanaman ini banyak disukai orang.

Pada tahun 2020 ini, harga Aglaonema suksom kembali naik dan berdasarkan pantauan saya di pasaran stoknya mulai langka. Banyak pembudidaya tanaman hias daun ini yang sudah kehabisan stok untuk dijual karena terlalu banyaknya permintaan. Walaupun ekonomi sedang tidak begitu baik akibat adanya pandemi covid-19, tidak membuat para penghobi tanaman hias mengurungkan niatnya untuk membeli tanaman yang sangat menawan ini. Tampilannya yang merah membara membuatnya dapat menjadi tanaman yang menjadi sorotan di sekitar rumah anda. Saat ini harga 1 buah varietas ini berada di kisaran 1 hingga 5 juta rupiah.

Aglaonema Super Red

Walaupun disebut dengan embel-embel super, tetapi jenis aglaonema ini warna merahnya masih kalah menyala jika dibandingkan dengan varietas suksom. Walau begitu, bukan berarti varietas ini tidak menarik untuk anda koleksi. Jenis ini memiliki keindahan tersendiri, Ia mempunyai daun yang memanjang dan meruncing di ujungnya sehingga terlihat seperti mata tombak. Karena bentuk daunnya itu, menjadikannya sangat cocok untuk ditaruh di pot yang tinggi.

Tanaman ini sebaiknya dijadikan sebagai tanaman outdoor karena membutuhkan sinar matahari dalam jumlah cukup, khususnya sinar matahari pagi. Berikan naungan tepat diatas tanaman ini, agar ia tidak terkena sinar matahari siang yang terik secara langsung. Biasanya jika terlalu banyak terkena sinar matahari siang akan membuat daun tanaman ini menjadi menguning, mengering di bagian tepinya dan selanjutnya daun akan layu.