Warna Batu Giok yang Paling Bagus

Ada dua warna batu giok yang dianggap paling bagus, yaitu merah dan hijau pekat. Giok merupakan salah satu batu mulia yang paling awal dimanfaatkan sebagai perhiasan. Batu yang terdiri dari senyawa Sodium Aluminium Silikat (NaAlSi2O6) ini memiliki beberapa varian warna diantaranya, merah, hijau apel, hijau gelap, kuning, coklat, abu-abu, putih dan campuran warna putih dan hijau.

Warna abu-abu dan putih menjadi yang paling banyak dijual secara murah di pasaran. Anda dapat dengan mudah mendapatkan sebuah liontin batu giok berwarna ini dengan harga sekitar 100 ribu rupiah saja. Saya sendiri mengoleksi beberapa ukiran giok yang berwarna abu-abu dan putih ini karena menurut saya memiliki nilai seni yang baik dan tetap saja batunya merupakan batu asli.

Giok hitam (Black Jade) sebenarnya tidak termasuk ke dalam keluarga jade, batu tersebut masuknya adalah kedalam kelompok serpentine, bukan jade. Walau begitu ada juga pakar geologi yang mengatakan bahwa kelompok serpentine boleh juga dimasukkan ke dalam salah satu jenis batu giok, bergabung bersama nephrite dan jadeite.

Warna Batu Giok yang Paling Bagus

Walaupun memiliki banyak varian warna, hanya batu giok yang berwarna merah dan hijau daun saja yang dianggap paling bagus. Varian warna giok lainnya memiliki harga yang jauh lebih murah. Oleh sebab itu, banyak pelaku usaha yang mencoba melakukan treatment pada batu giok berwarna lain dengan cara menambahkan tinta cat ke dalamnya sehingga terlihat menjadi berwarna merah dan hijau.

Batu Giok Merah

Batu giok yang berwarna merah, hanya ditemukan di dalam kelompok jadeite. Batu tersebut sudah sejak dulu dianggap sebagai batu keberuntungan oleh bangsa Cina. Penggunaan batu ini sudah terlihat sejak 7.000 tahun yang lalu, karena banyak artefak peninggalan bangsa Cina yang dibuat menggunakan batu giok merah ini.

Batu giok merah jumlahnya sangat terbatas, sangat jarang ada penjual perhiasan yang memiliki batu ini. Kalaupun ada, harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah untuk yang kualitas standar. Warna merah yang dimilikinya ini sebenarnya tidaklah merah darah seperti yaman ataupun ruby, merahnya lembut dan terkesan ekslusif.

Memang ada yang menjual batu giok merah dengan harga jauh murah, akan tetapi biasanya warna merahnya merupakan hasil treatment. Batu dengan warna hasil treatment ini bila di bawa ke laboratorium batu permata akan terdeteksi adanya penambahan tinta di dalamnya. Biasanya di dalam memo atau sertifikat ditulis dengan nama Giok Tipe C. Hal ini tentu kurang begitu bagus untuk dikoleksi, karena warna yang dihasilkan dari penambahan tinta ini tidaklah permanen. Dalam beberapa bulan (apalagi jika sering dipake) warna tersebut akan berangsur-angsur pudar dan membuat batu tersebut menjadi berwarna putih.

Selain yang merupakan hasil treatment penambahan warna, banyak juga beredar batu giok merah palsu yang terbuat dari mineral quarsite ataupun yang dari plastik. Keduanya banyak sekali beredar di pasaran dan seringkali dijual dengan nama giok taiwan/giok korea. Quarsite memang memiliki tampilan yang cukup menarik kalau hanya sekedar untuk aksesoris, akan tetapi jelas ini bukanlah giok. Batu ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang memiliki dana terbatas.

Batu Giok Hijau

Hijau daun seringkali dianggap sebagai warna batu giok yang paling bagus. Warna ini akan memberikan kesan kesejukan bagi anda yang melihatnya. Berbeda dengan giok merah yang memiliki harga sangat mahal, anda bisa mendapatkan giok berwarna hijau dengan harga jauh lebih murah.

Nephrite Jade yang berwarna hijau bisa menjadi pilihan anda, salah satu jenis giok yang diakui di dunia ini terdapat dalam jumlah yang banyak di Indonesia. Hal itulah yang membuat harganya relatif murah untuk di dapatkan di Indonesia. Beberapa bulan yang lalu saya mendapatkan nephrite berwarna hijau tua dengan harga hanya 300 ribu rupiah saja. Tentu saya sangat bersyukur karena berhasil mendapatkan batu yang indah ini dengan harga ekonomis.

Nephrite bukanlah batu yang buruk, pada sebuah pelelangan yang diadakan oleh Bonhams di Hongkong baru-baru ini, sebuah Nephrite kuni terjual dengan harga 23 juta dollar Amerika. Nephrite memang merupakan giok tradisional yang banyak terdapat di Tiongkok Barat. Batu ini telah digunakan selama ribuan tahun lamanya, sebelum kemunculan jadeite yang eksklusif hanya terdapat di Birma.

Jika anda ingin mendapatkan giok yang berasal dari varian Jadeite, biasanya untuk tipe A dan B (tanpa penambahan warna) dijual dengan harga sekitar 800 ribu hingga 2 juta rupiah untuk ukuran batu cincin sedang dengan kualitas warna yang cukup baik. Semakin pekat warna hijaunya dan semakin besar ukuran batunya, maka harganya akan semakin mahal. Sebuah gelang giok berkualitas istimewa seringkali terjual di pelelangan dengan harga puluhan juta dollar Amerika. Tentunya itu sangat berkaitan erat dengan kepercayaan orang tiongkok, bahwa batu ini merupakan sumber kekayaan dan kesehatan.