Manfaat Mempelajari Biologi

Biologi merupakan sebuah ilmu yang dipelajari sejak pendidikan dasar di Indonesia. Tentunya manfaat mempelajari biologi ini sangatlah penting, ilmu ini secara langsung dibutuhkan dalam kehidupan kita setiap harinya. pengetahuan di bidang biologi semakin bertambah setiap harinya. Kita dapat memahami berbagai perkembangan organisme hidup jika kita memiliki pengetahuan mengenai biologi. Faktanya, biologi merupakan salah satu subjek yang paling relevan untuk dipelajari. Berikut ini akan saya jelaskan apa manfaat mempelajari biologi bagi kehidupan kita.

Apa Manfaat Mempelajari Biologi ?

Kita tidak dapat melepaskan diri dengan berbagai aspek yang berkaitan tentang kehidupan. Biologi sebagai sebuah ilmu yang mempelajari kehidupan, tentunya sangat erat sekali kaitannya dengan hal ini. Contohnya saja mengenai virus Covid-19, kita mengetahui tentang bentuk, ukuran, bahaya dan tingkah laku virus ini juga karena kemampuan ilmu ini. Paling tidak ada 8 manfaat yang bisa kita dapatkan ketika mempelajari biologi, yaitu :

1. Memahami Diri Sendiri dengan Lebih Baik

Pertanyaan yang tidak ada habisnya memenuhi pikiran kita setiap hari. latar belakang mengenai ilmu biologi akan membantu kita untuk menjawab sebagian dari pertanyaan tersebut dan memicu munculnya lebih banyak pertanyaan yang mungkin berada di luar pemahaman kita saat ini.

Misalnya, dengan mempelajari biologi memungkinkan kita untuk menjawab pertanyaan berikut ini :

  • Bagaimana kehidupan dimulai dan terbentuk?
  • Bagaimana organisme hidup beradaptasi ?
  • Mengapa anak-anak mirip dengan orang tuanya?

2. Penghargaan terhadap Kehidupan

Biologi akan membuat kita lebih menghargai kehidupan. Ilmu ini akan menguraikan keragaman dan kompleksitas pada sebuah organisme. Hanya mengamati setetes air dengan mikroskop, kita akan terbawa ke dunia mikrobia. Lihatlah seekor lebah yang sibuk mengumpulkan serbuk sari dari setangkai bunga atau seekor burung pipit yang sedang terbang dengan komando penerbangannya yang sempurna di semua musim. Kita dapat mengamati kemampuan terbang burung untuk bermigrasi sejauh ribuan kilometer dan kembali pada tahun berikutnya ke tempat yang sama ketika burung tersebut bersarang sebelumnya. Dengan biologi kita dapat melihat peristiwa sederhana menjadi lebih bermakna sehingga membuat kita lebih menghargai kehidupan.

3. Menghasilkan dan Menumbuhkan Varietas Makanan yang Lebih Produktif dan Bermanfaat

Pada dasarnya manusia bergantung pada tumbuhan sebagai sumber makanannya. Kelangsungan hidup manusia bergantung pada bagaimana tumbuhan bisa menghasilkan zat organik (produktivitas primer) yang kemudian akan dikonsumsi oleh hewan dan manusia. Pada masa sekarang, kita menghadapi masalah ledakan penduduk. Para pakar biologi mencoba memenuhi kebutuhan akan makanan yang terus bertambah karena pertambahan penduduk dunia ini.

Varietas tumbuhan yang lebih unggul dan lebih produktif diperoleh dengan menggunakan teknik baru seperti pemuliaan tanaman, kawin silang dan rekayasa genetika. Dengan pengembangan selektif diperoleh varietas sapi, unggas dan domba yang telah ditingkatkan produksinya. Varietas unggul tersebut dipelihara untuk menghasilkan berbagai bahan makanan seperti susu, telur, daging, bahan kulit dan wol dalam jumlah yang besar sehingga dapat memenuhi kebutuhan penduduk yang terus bertambah.

4. Mengembangkan Perilaku dan Kecakapan Ilmiah

Biologi merupakan eksplorasi ilmiah yang akan mengembangkan keterampilan observasi, pencatatan, percobaan dan perhitungan. Apapun bidang pekerjaan anda keterampilan seperti ini sangat dibutuhkan. Dengan keterampilan tersebut, murid-murid yang diajarkan biologi menjadi lebih terampil dalam mengamati serta menganalisis suatu masalah.

5. Pemeliharaan Kesehatan

Mempelajari biologi membantu kita memahami pentingnya kebersihan dan mengetahui penyebab penyakit. Dalam biologi dijelaskan bahwa penyakit dapat disebabkan oleh mikrobia, akibat kekurangan zat gizi pada makanan yang dikonsumsi, kecacatan di dalam proses metabolisme atau kelainan fungsi organ tubuh tertentu pada tubuh. Biologi juga mempelajari cara penularan penyakit, misalnya Covid-19 yang menular melalui udara dan partikel air liur diketahui melalui penelitian yang dilakukan oleh ahli ilmu biologi. Pengetahuan tersebut membantu kita tetap sehat dengan melakukan tindakan pencegahan dan menghindari kondisi sanitasi yang buruk.

6. Konsevasi Sumber Daya Alam

Pengetahuan biologi telah membuat kita sadar, peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup sehingga kita perlu menjaga dan menyayangi lingkungan. Contohnya saja masalah penggundulan hutan (deforestasi) serta pembuangan sampah dan limbah industri ke sungai dan laut yang memiliki pengaruh berbahaya terhadap organisme yang menghuni bumi. Adanya hubungan saling ketergantungan antara hewan, tumbuhan dan manusia terhadap lingkungannya tersebut, membuat kita perlu melakukan pengelolaan sumber daya alam dengan bijak.

7. Mengembangkan Hobi Tertentu

Biologi membantu mengembangkan rasa estetika dan menanamkan hobi seperti merawat kebun, menanam sayuran, merawat akuarium, memelihara binatang peliharaan, memotret keindahan alam dan lain sebagainya. Banyak sekali hobi yang bisa disalurkan melalui ilmu ini.

8. Menyediakan Kesempatan Berkarir

Pengetahuan biologi telah membuka sejumlah jalan bagi kita untuk mendapatkan pekerjaan. Prospek kerja yang berkaitan langsung dengan biologi diantaranya adalah ahli pertanian, dokter, ahli genetika dan lain sebagainya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dalam mempelajari biologi. Singkatnya, mempelajari biologi merupakan hal yang penting untuk kita semua agar mendapatkan kehidupan yang lebih sehat dan bahagia serta menjadikan kita warga negara yang sadar diri dan juga untuk memakmurkan bangsa dan negara.