Categories: Hewan

Makanan Bunglon

Agar bunglon peliharaan Anda tetap sehat dan bahagia, anda harus memberinya makan dengan makanan yang tepat. Di habitat alaminya, bunglon merupakan karnivora yang memakan serangga sebagai makanan utamanya. Walau begitu ada juga pemelihara reptil ini yang memberikan buah dan sayuran sebagai makanannya. Buah dan sayuran digunakan untuk mencukupi kebutuhan vitamin yang tidak terdapat di dalam serangga yang diberikan setiap hari.

Pemberian suplemen tabahan yang mengandung kalsium dan vitamin D, juga penting untuk dilakukan karena biasanya makanan yang diberikan memiliki defisit di kedua nutrisi tersebut. Pada artikel ini saya akan membahas segala sesuatu tentang makanan sehat yang bisa diberikan untuk bunglon.

Serangga Hidup

Bunglon sangat menyukai serangga sebagai makanannya, hanya saja biasanya ia hanya mau memakan serangga yang masih hidup. Pemberian serangga beku atau yang telah mati biasanya kurang menggugah nafsu selera makannya. Beberapa jenis serangga hidup yang bagus diberikan untuk bunglon, diantaranya :

  1. Belalang
  2. Ulat Hongkong
  3. Ngengat dan kupu-kupu
  4. Belalang sembah
  5. Jangkrik
  6. Lalat
  7. Laba-Laba

Anda harus berhati-hati dalam memberikan makanannya, jangan sampai salah dalam memilih karena ada jenis serangga yang berbahaya. Misalnya saja ulat yang memiliki kandungan racun di dalam tubuhnya, sehingga bunglon anda bisa keracunan jika anda berikan serangga ini. Kandungan parasit yang ada di dalam tubuh serangga bisa juga menjadi masalah serius, parasit tersebut ada yanng bisa menular ke bunglon misalnya saja cacing parasit. Oleh karena itu disarankan untuk membeli makanan dari toko hewan peliharaan yang terjamin kebersihannya.

Merawat Serangga Makanan Bunglon Supaya Tetap Hidup

Seperti yang telah saya tuliskan diatas, bahwa bunglon hanya menyukai serangga yang masih hidup. Oleh karena itu anda perlu merawat serangga hidup yang menjadi makanan reptil peliharaan anda ini. Serangga pakan ini juga harus anda beri makanan dengan benar, supaya di dalam tubuhnya mengandung nutrisi yang cukup bagi bunglon peliharaan anda. Serangga yang sudah lama disimpan tetapi tidak diberi makan, sudah tidak lagi mengandung nutrisi sebanyak serangga yang masih sehat. Dan ini akan memberikan efek yang buruk kepada bunglon peliharaan anda.

Saya menyarankan anda untuk memberikan bunglon anda jangkrik, karena ia reatif lebih mudah untuk dipelihara. Anda bisa memberikan sayuran hijau, buah-buahan, kentang mentah atau pelet jangkrik untuk merawat serangga ini. Jangan lupa berikan mereka air, misalnya saja dengan meberikannya makan buah yang banyak air ataupun menaruh sepiring kecil berisi air di dalam kandangnya. Belalang juga relatif mudah dipelihara, mereka dapat diberi makan rumput atau alang-alang hijau yang mudah didapatkan. Akan tetapi mencari belalang di Indonesia saat ini tidaklah mudah, sangat jarang ada toko hewan peliharaan yang mau menyediakan serangga ini. Saya sendiri juga kurang paham kenapa hal itu bisa terjadi, mengingat diluar negeri belalang merupakan salah satu pakan yang paling populer diberikan kepada binatang peliharaan.

Jika anda membeli jangkrik di toko hewan, sebaiknya anda tidak menyimpannya di dalam wadah yang keci. Pindahkan serangga makanan bunglon ini pada kandang yang berukuran agak besar, misalnya saja sebuah kotak plastik yang diberi beberapa karton telur sebagai tempatnya bersembunyi. Berikan juga ia sedikit makanan dan jaga kelembapan udara dengan baik sehingga jangkrik ini dapat bertahan hidup dengan lebih lama.

Related Post

Ukuran Serangga yang Tepat Untuk Makanan Bunglon

Bayi bunglon tidak bisa memakan serangga dengan ukuran yang sama dengan apa yang dimakan bunglon dewasa. Ukuran tersebut terlalu besar, bayi bunglon yang baru lahir sebaiknya diberi makanan jangkrik yang berukuran kecil atau lalat buah Drosophila hydei. Sedangkan bunglon dewasa dapat memakan serangga yang berukuran cukup besar, misalnya saja belalang kayu dan kecoak dewasa. Jadi anda perlu memberikan ukuran serangga yang tepat sebagai makanan bunglon anda. Biasanya bunglon hanya akan memakan serangga yang berukuran 1 hingga 1,5 kali ukuran mulutnya.

Buah dan Sayuran Untuk Bunglon

Tidak banyak yang mengetahui bahwa reptil ini menyukai untuk memakan buah dan sayuran, tetapi perlu diingat bahwa ini bukanlah makanan pokok mereka. Sebagai hewan karnivora, makanan utama bunglon adalah serangga. Buah dan sayuran hanyalah untuk memberikan nutrisi tambahan, sehingga reptil peliharaan anda ini bisa hidup dengan sehat. Seringkali, ketika anda sering mengganti jenis serangga yang diberikan sebagai makanannya, bunglon menjadi tidak mau untuk memakan sayur dan buah-buahan. Ada juga yang memang dari awalnya tidak mau memakan sayur dan buah-buahan, misalnya saja Bunglon Jackson peliharaan saya hanya mau memakan brokoli tetapi tidak mau buah atau sayuran lainnya.

Oleh karena itu, berikan bunglon anda buah dan sayuran sejak usia kecil. Berikan setiap seminggu sekali, meskipun ia tidak memakannya. Bisa jadi, ia akhirnya memutuskan untuk mencicipinya sehingga pada pemberian berikutnya ia mau memakan buah dan sayuran yang anda berikan. Potong sayur dan buah-buahan tersebut dalam ukuran kecil sehingga memudahkannya makan. Jangan lupa juga mencuci bersih, sehingga mengilangkan pestisida yang ada di dalamnya. Jika anda memberikan buah dengan kulit yang keras, kupaslah terlebih dahulu. Jangan menambahkan garam atau bahan tambahan lainnya, kecuali bubuk vitamin untuk reptil atau bubuk kalsium.

Beberapa jenis buah dan sayuran yang bagus diberikan untuk bunglon diantaranya :

  1. Tomat
  2. Brokoli rebus
  3. Brokoli mentah
  4. Apel
  5. Pisang
  6. Stroberi
  7. Mangga
  8. Jeruk (dikupas)
  9. Kiwi
  10. Melon
  11. Kubis (tidak terlalu banyak)
  12. Salad hijau
  13. Kacang rebus
  14. Daun bayam segar
  15. Wortel rebus

Pemberian Makan Bunglon

Jika bunglon anda belum dewasa, anda bisa memberikannya makanan jangkrik, belalang, kecoa, ulat hongkong, buah-buahan dan sayuran sebanyak yang dia mau. Bunglon yang masih dalam masa perkembangan akan makan dengan jumlah yang banyak, seringkali lebih banyak daripada perkiraan anda. Pastikan anda memberinya cukup makanan sehingga pertumbuhannya tidak terganggu.

Bunglon Jackson milik saya, ketika berusia 3 sampai 8 bulan dapat menghabiskan 30 ekor jangkrik kecil dalam waktu sehari. Ketika bunglon telah mencapai ukuran maksimal, ia akan makan dalam jumlah sedikit. Bunglon dewasa biasanya hanya akan memakan 3 sampai 5 jangkrik sehari atau bisa juga diganti dengan dua ekor belalang setiap harinya. Barulah ketika bunglon betina memasuki masa produksi telur, nafsu makannya akan meningkat kembali.

Bunglon dewasa tidak harus di beri makanan setiap hari, ada juga yang memberikan bunglonnya makanan setiap 2 hari sekali. Walaupun, saya termasuk orang yang mendukung untuk memberi bunglon peliharaan saya makan setiap hari. Hal itu dikarenakan, terkadang ia akan menolak semua makanan yang diberikan selama satu atau dua hari. Hal ini normal dan seringkali terjadi.