Penyebab Kucing Batuk

Ketika kucing batuk apa yang Anda lakukan? pasti bagi yang awam akan bertanya-tanya apakah kucing bisa batuk, apa saja penyebab kucing batuk? dan apa obatnya agar tidak batuk?. Ini menjadi pertanyaan tersendiri yang dalam artikel ini akan kita bahas.

Dengan mengetahui penyebab kucing batuk dan bagaimana cara menyembuhkannya tentu saja menjadi ilmu tersendiri bagi Anda, dan jika sewaktu-waktu menghadapi situasi tersebut Anda sudah tidak khawatir dan dapat mengatasinya dengan baik.

Beberapa Penyebab Kucing Batuk

Ada beberapa kemungkinan mengapa kucing mengalami batuk, secara umum penyebab kucing batuk adalah gangguan saluran pernapasan dan gangguan paru-paru kucing. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya;

1. Bulu yang terlalu lebat dan panjang
Untuk penyebab yang satu ini mungkin tergantung ketahanan kucing dan sifat kucing itu sendiri. ketika kucing mengalami alergi pada bulunya yang terlalu lebat dan panjang, maka batuk pada kucing akan terjadi. Seperti pada manusia yang sistem pernapasannya kemasukan benda asing dari luar. Untuk mengatasinya tentu saja Anda bisa mencukur dan memendekan bulunya.

2. Flu dan Pilek
Ketika kucing mengalami flu, tentu saja itu menjadi salah satu penyebab kucing mengalami batuk. Apalagi hal ini juga diiringi dengan air yang keluar dari mata mulut dan hidung kucing yang sedang mengalami demam.

3. Infeksi pada Saluran Pernapasannya
Batuk pada Kucing juga bisa terjadi adanya masalah gangguan pada sistem saluran pernapasannya, hal ini juga bisa terjadi beriringan dengan demam yahg diderita oleh kucing. Tentu saja ketika kucing mengalami ini, Anda harus segera bertindak cepat, kalau sakit berlanjut segera hubungi dokter hewan terdekat.

4. Ada Cacing dan parasit pada organ Kucing
Penyebab batuk pada kucing yang satu ini menjadi sangat berbahaya jika dibiarkan, karena jika dibiarkan dalam waktu lama, kucing akan mengalami sakit yang berkepanjangan, menurunnya berat badan dan nafsu makan berkurang, yang dapat berujung pada kematian. Tentu saja dokter hewan menjadi yang utama untuk mengatasi penyakit ini.

5. Polusi Udara
Ada kucing yang sensitif terhadap polusi udara, begitu ia menghirup udara yang mengandung banyak polutan maka saluran pernafasannya akan bereaksi dan menghasilkan banyak lendir. Untuk mencah lendir masuk ke dalam paru-paru, kucing akan melakukan tindakan preventif berupa batuk.

Cara Mengobati Kucing Batuk

Jika anda mendapati kucing anda terserang batuk, anda perlu mengetahui apa penyebabnya terebih dahulu sebelum memberikan pengobatan. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengobati kucing yang batuk adalah sebagai berikut :

1. Berikan Antibiotik
Antibiotik bisa diberikan jika si kucing mengalami infeksi pada saluran pernapasannya. Dengan pemberian antibiotik secara berkala akan mengurangi resiko batuk-batuk pada kucing dan mempercepat proses penyembuhan kucing.

2. Berikan Antihistamin
Obat yang satu ini diberikan pada kucing batuk yang disebakan oleh parasit dan cacing yang menyerang organ dalam kucing. Tentu saja Antihistamin ini harus disesuaikan dengan jenis parasit yang menyerang si kucing. Agar tidak terjadi kesalahan dalam pengobatan.

3. Obati dengan obat batuk ringan
Ketika kucing mengalami batuk ringan Anda bisa memberikan obat batuk yang tersedia di toko yang menyediakan obat khusus kucing . bisa diberikan secara berkala, entah itu langsung di minumkan ke kucing maupun dicampur ke minumannya.

4. Segera Hubungi dokter
Tentu saja menghubungi dokter hewan menjadi jalan terbaik untuk mengobati kucing yang sedang sakit ini. Anda juga bisa berdiskusi dengan dokter bagaimana untuk lebih paham menangani kucing yang sedang sakit, dan makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh kucing ketika sakit.

Penyebab Kucing Batuk memang bermacam-macam, namun anda tidak perlu khawatir karena setiap penyakit pasti ada obatnya, yang penting Anda mau berusaha mencari dan memahami apa yang sedang terjadi dengan kucing peliharaan Anda. Semoga bermanfaat.