Jurusan Biologi Terbaik di Indonesia

Jurusan biologi merupakan jurusan yang di dalamnya mempelajari tentang makhluk hidup. Didalam jurusan ini mahasiswanya akan mempelajari hewan, tumbuhan, mikroba dan hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya. Luasnya bahasan yang dipelajari di dalam jurusan ini menyebabkan peluang kerja yang dimiliki lulusannya cukup banyak. Apalagi jika ia merupakan seorang lulusan jurusan biologi terbaik di Indonesia yang akan membuat peluang kerjanya semakin besar.

Standar Penilaian Jurusan Biologi Terbaik

Di Indonesia tercatat ada 24 universitas yang memiliki jurusan biologi di dalamnya. Tentu kualitas ke 24 universitas tersebut tidak sama, ada beberapa yang dianggap menonjol dan lulusannya telah teruji kualitasnya. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin melanjutkan studi di jurusan biologi pilihlah yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia.

Untuk memilih jurusan biologi terbaik ini, tentunya kita perlu mempunyai beberapa standar penilaian. Beberapa hal yang digunakan sebagai standar penilaian universitas dengan jurusan biologi terbaik diantaranya adalah :

  1. Apakah lulusannya mudah mendapatkan pekerjaan dan bekerja dimana saja ?
  2. Prestasi apa saja yang dimiliki jurusan biologi di universitas tersebut ?
  3. Bagaimana nilai akreditasi yang dimiliki jurusan tersebut ?

Universitas dengan Jurusan Biologi Terbaik di Indonesia

Dari 3 standar penilaian diatas maka menurut pendapat kami, beberapa universitas dengan jurusan biologi terbaik di Indonesia adalah sebagai berikut :

Biologi UGM

UGM dianggap sebagai universitas dengan jurusan biologi terbaik di Indonesia versi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) 2021. Saya sendiri sangat setuju dengan penilaian yang dilakukan oleh QS WUR karena memang prestasi yang dimiliki Biologi UGM sangatlah cemerlang. Kecemerlangan Biologi UGM sangat wajar karena disini Biologi bukan hanya dianggap sebagai Prodi tetapi telah menjadi sebuah Fakultas.

Fakultas Biologi UGM merupakan Fakultas Biologi pertama dan tertua di Indonesia yang terus berupaya meningkatkan kualitasnya setiap tahun. Banyak juga kerjasama yang telah dimiliki oleh Biologi UGM, diantaranya adanya student exchange dengan UTHM Malaysia, Yamagata University di Jepang dan Gottingen University di Jerman. Adanya kerjasama ini membuat mahasiswa Biologi UGM bisa melakukan studi di Universitas yang telah melakukan kerjasama diatas.

Lulusan Jurusan Biologi UGM juga banyak diminati di berbagai bidang, termasuk untuk menjadi pengajar di perguruan tinggi lain. Cukup banyak lulusan Biologi UGM menjadi dosen di berbagai perguruan tinggi yang masih berkaitan dengan Biologi. Misalnya saja ada lulusan Biologi UGM yang bekerja sebagai dosen Mikrobiologi di STIKES. Dari berbagai pertimbangan diatas, bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah di Biologi sebaiknya memprioritaskan UGM sebagai pilihan pertama anda.

Biologi ITB

ITB memang merupakan sebuah perguruan tinggi yang lebih mengedepankan fakultas teknik yang dimilikinya. Walaupun begitu, kita tidak boleh mengesampingkan fakultas lain yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah Fakultas MIPA yang memiliki Program Studi Biologi. Sebagai sebuah perguruan tinggi berbasis teknologi, ITB memfokuskan diri terhadap kajian ilmu terbaru yang mengikuti perkembangan jaman.

Related Post

Sesuai yang tertulis di website resmi Biologi ITB, di jurusan ini lebih memfokuskan diri mereka pada hal-hal seputar Bioteknologi. Didalam jurusan ini, mahasiswanya akan diajari rekayasa gen, kultur jaringan, stem cell dan berbagai ilmu pengetahuan biologi modern. Dengan ilmu terbaru diatas, lulusannya dengan mudah mendapatkan pekerjaan di berbagai bidang seperti kesehatan, peternakan, perikanan dan lain sebagainya.

Dengan kualitas yang dimiliki program studi ini, banyak lulusan Biologi ITB menempati posisi penting di berbagai bidang. Tentunya ini menjadi salah satu bukti bahwa jurusan ini memang menjadi salah satu yang terbaik di bidangnya. Posisi jurusan Biologi ITB sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia dikukuhkan dengan akreditasi A dari BAN-PT yang dimilikinya. Anda bisa mempertimbangkan jurusan Biologi ITB sebagai tujuan untuk melanjutkan pendidikan anda.

Biologi IPB

IPB dikenal sebagai perguruan tinggi yang memfokuskan diri di bidang pertanian sehingga berbagai jurusan yang berhubungan dengannya memiliki kualitas yang baik. Salah satu jurusan yang cukup menonjol di IPB adalah Biologi Murninya, dimana lulusan dari jurusan ini telah memiliki track record yang bagus khususnya di bidang pertanian. Banyak sekali inovasi yang dihasilkan oleh alumni jurusan ini yang telah diakui secara nasional dan bahkan internasional.

Prestasi yang dilakukan mahasiswa aktif yang dimiliki Biologi IPB juga tak kalah cemerlang. Terbaru, salah satu mahasiswa Biologi IPB yaitu Jessy Ovalia mendapatkan penghargaan sebagai The Best Position Paper of UNESCO in EYAMUN Online Conference 2021. Tentunya penghargaan internasional yang didapatkan salah satu mahasiswa IPB ini sangat membanggakan. Secara akreditasi, Jurusan Biologi IPB juga telah mendapatkan nilai A dari BAN PT sehingga tidak salah apabila saya memasukkan jurusan ini sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia.

Biologi UNDIP

Program Studi Biologi yang dimiliki UNDIP telah berdiri sejak tahun 1988 tetapi saat itu masih berada di bawah naungan Fakultas Teknik. Barulah pada tahun 1993 fakultas MIPA UNDIP terbentuk dan jurusan Biologi menjadi salah satu program studi di dalamnya. Lulusan yang dihasilkan oleh program studi ini sudah relatif banyak dan tersebar di berbagai tempat. Misalnya saja saya menemukan alumni Biologi UNDIP yang bekerja di kementerian pertanian, menjadi pengusaha agrobisnis dan menjadi dosen.

Saat ini Jurusan Biologi UNDIP telah mendapatkan Akreditasi A sehingga kualitasnya tidak bisa dikesampingkan. Hanya saja memang Biologi UNDIP masih perlu menunjukkan kapabilitasnya di kancah nasional dan internasional untuk bisa disejajarkan dengan biologi UGM, IPB maupun ITB. Walau begitu, tidak bisa diragukan lagi Jurusan Biologi UNDIP untuk saat ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Anda yang merasa peluang untuk bisa masuk ke Biologi UGM atau ITB cukup kecil, bisa menjadikan UNDIP sebagai alternatif untuk melanjutkan studi anda.

Biologi UNS

Nama UNS mungkin masih sering dipandang sebelah mata diantara berbagai perguruan tinggi Top yang ada di Indonesia. Padahal sebenarnya Universitas yang berlokasi di Surakarta ini memiliki kualitas yang tidak kalah bagusnya. Jurusan Biologi yang ada di Fakultas MIPA misalnya, telah menghasilkan banyak sekali lulusan berkualitas yang diterima dengan baik di dunia kerja. Jurusan ini juga telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT sejak tahun 2010 hingga sekarang sehingga wajarlah apabila saya memasukkannya sebagai salah satu jurusan Biologi terbaik yang ada di Indonesia.

Itulah 5 perguruan tinggi yang menurut pendapat saya memiliki jurusan biologi terbaik di Indonesia untuk saat ini. Prospek kerja lulusan biologi dari kelima jurusan diatas sangatlah baik, apalagi jika mendapatkan IPK diatas 3. Biasanya para sarjana baru dengan IPK 3 keatas ini bisa mendapatkan pekerjaan tidak lama setelah ia di wisuda. Bahkan banyak juga yang telah diterima bekerja di berbagai instansi sebelum mereka di wisuda lho.