Categories: Karir

Prospek Kerja Jurusan Biologi Murni

Jurusan biologi merupakan sebuah program studi yang mempelajari makhluk hidup secara keseluruhan. Di dalam jurusan ini anda akan dibawa mempelajari manusia, hewan, tumbuhan dan mikroba beserta hal-hal yang mempengaruhi mereka. Dikarenakan luasnya bahasan yang dipelajari di dalam jurusan biologi murni, prospek kerja untuk para alumninya juga sangat beragam.

Jurusan ini cocok bagi anda yang mempunyai kemampuan menghafal dengan baik, menganalisis sebuah masalah, memiliki ketekunan untuk meneliti dan tentunya menyukai tentang biologi. Kuliah di biologi murni juga membutuhkan kondisi fisik yang prima, sebabnya adalah ada banyak kegiatan praktikum yang dilakukan setiap minggunya. Anda harus terbiasa untuk kuliah pulang sore dan malam, dilanjutkan dengan menyelesaikan laporan praktikum seusai selesai kuliah.

Perbedaan Jurusan Biologi dan Pendidikan Biologi

Kedua jurusan kuliah ini sebenarnya sangat berbeda, jika di pendidikan biologi lebih difokuskan untuk bisa mengajar dengan baik maka di biologi murni anda dilatih untuk bisa menjadi seorang inovator dan peneliti. Bahasan di jurusan pendidikan biologi tidak begitu beragam, disesuaikan dengan kurikulum yang akan diajarkan kepada para siswa di sekolah. Berbeda dengan biologi murni yang mempelajari secara detail segala hal tentang biologi, di jurusan ini anda akan diajari untuk meneliti sel, mikroba, fosil, tanaman, hewan, lingkungan, evolusi dan lain sebagainya.

Perbedaan jurusan biologi dan pendidikan biologi lainnya adalah pada masalah prospek kerja yang bisa didapatkan setelah lulus. Pendidikan biologi tentunya hanya bisa melamar menjadi seorang guru saja, baik itu guru SD, SMP maupun SMA. Sedangkan lulusan biologi murni dapat melamar pekerjaan ke berbagai bidang sesuai dengan keahliannya. Berdasarkan data yang saya dapatkan, Alumni Biologi UGM angkatan 2011 memiliki pekerjaan yang sangat beragam. Ada yang bekerja di PLN, Pertamina, LSM, PNS, Pengusaha, bekerja di kepolisian dan masih banyak lainnya.

Daftar Prospek Kerja Untuk Lulusan Jurusan Biologi Murni

Beratnya kuliah di jurusan biologi murni, cukup sepadan dengan prospek kerja yang dimiliki lulusannya. Ada beragam pekerjaan yang bisa dimasuki alumni biologi murni dengan penghasilan cukup besar. Berikut ini akan saya lampirkan daftar prospek kerja untuk lulusan jurusan biologi murni dengan gaji yang cukup tinggi.

1. Blogger

Kebetulan saya sendiri merupakan seorang lulusan dari jurusan biologi murni dan pekerjaan yang saya lakukan adalah menjadi seorang blogger. Menjadi seorang blogger berarti kamu menuliskan pengetahuanmu yang nantinya akan dilihat banyak orang yang sedang mencari informasi. Semakin banyak pengunjung yang datang ke blog milikmu maka semakin banyak pundi-pundi uang untuk kamu dapatkan.

Pekerjaan sebagai seorang blogger di era digital seperti saat ini merupakan sebuah prospek kerja yang sangat bagus. Ada milyaran orang di seluruh dunia yang mencari informasi di internet setiap harinya. Begitupun informasi yang berkaitan dengan biologi, ada jutaan siswa dan mahasiswa yang mencari informasi seputar biologi untuk menyelesaikan tugasnya.

Tentunya banyaknya orang yang mencari informasi seputar biologi ini, menjadi peluang bagi seorang lulusan jurusan biologi untuk membuat blog yang berisikan informasi sesuai kebutuhan kebanyakan orang. Apabila kamu bisa menggaet jutaan orang tersebut ke blog kamu tentunya kamu dapat mendapatkan jumlah uang yang sangat besar. Sebagai contoh saja blog saya yang saat ini memiliki pengunjung sekitar 20 ribu orang setiap harinya mampu memberikan saya uang sebesar 200 ribu rupiah per hari.

Memang nominal tersebut belum cukup besar, akan tetapi blog ini masih dalam posisi merintis sehingga diharapkan akan makin berkembang setiap harinya. Apabila kamu mahir berbahasa inggris, membuat blog tentan biologi dengan bahasa inggris akan memberikan penghasilan jauh lebih besar. Selain karena orang yang mencari informasi seputar biologi dengan bahasa inggris lebih banyak, nilai iklan yang dihasilkan juga jauh lebih besar. Salah satu teman saya misalnya, mampu menghasilkan 30 juta rupiah sebulan dari sebuah blog bahasa inggris dengan jumlah kunjungan hanya 5 ribu orang per hari.

2. Dosen

Menjadi seorang dosen sangat cocok bagi kamu yang suka mempelajari ilmu baru dan mengajarkannya kepada orang lain. Dosen juga merupakan sebuah pekerjaan dengan jenjang karir yang sangat bagus. Seorang lulusan jurusan biologi murni memiliki prospek kerja yang bagus untuk menjadi dosen. Hal itu dikarenakan ada banyak jurusan yang membutuhkan seorang dosen biologi untuk mengajar. Contohnya saja jurusan kesehatan, kedokteran hewan, pendidikan biologi dan bahkan teknik sekalipun ada yang membutuhkan dosen yang berasal dari biologi.

Untuk menjadi seorang dosen, selain harus memiliki nilai IPK yang tinggi, kamu juga harus melanjutkan studi kamu minimal ke jenjang S2. Biasanya jika studimu semasa S1 cukup mencolok, maka kamu akan ditawari beasiswa untuk melanjutkan studi kamu. Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin menjadi dosen dan tidak memiliki biaya untuk studi S2mu maka semasa kuliah di S1 kamu harus bisa menjadi salah satu yang terbaik di angkatanmu.

3. Penulis

Saat ini banyak sekali buku seputar biologi yang beredar di masyarakat, tentunya ini menjadi bukti bahwa menjadi seorang penulis bisa anda pertimbangkan. Anda bisa menuliskan seputar isu populer yang berkaitan dengan bidang anda, misalnya saat ini tanaman hias sedang naik daun di Indonesia sehingga anda bisa menulis tentang daftar tanaman hias di seluruh Indonesia. Buku dengan pokok bahasan yang sedang hot ini tentunya akan cukup laris di pasaran.

Related Post

Selain menulis sebuah buku, kamu juga bisa menjadi penulis konten dalam sebuah website ataupun majalah. Penghasilan seorang penulis ini tentunya sangat berkaitan dengan seberapa laris bukumu dan seberapa ketenaran yang kamu miliki. Oleh karena itu, saat baru awal menjadi penulis biasanya penghasilannya sangat kecil ketika baru memulai pekerjaan ini. Akan tetapi setelah bukunya menjadi best seller, seorang penulis bisa mendapatkan uang per bulan dalam jumlah sangat besar.

4. Wirausaha

Seorang lulusan biologi sangat bisa untuk menjadi wirausaha, banyak sekali yang sukses ketika menjadi pebisnis. Pilihan usaha yang digeluti memang tak harus berhubungan dengan biologi, akan tetapi tentu lebih baik memilih usaha yang sesuai dengan bidang keilmuannya. Salah satu jenis usaha yang bisa digeluti oleh seorang lulusan biologi murni diantaranya bisnis ikan hias,tanaman hias, budidaya jamur, wisata taman bunga, dan lain sebagainya.

Prospek kerja lulusan biologi murni yang menjadi wirausaha tentunya sangat cerah, asalkan ia mau bekerja dengan giat. Salah satu alumni biologi UGM yang berbisnis menyediakan tanaman bibit misalnya, mampu meraup puluhan juta rupiah per bulannya. Tentunya jumlah uang yang bisa didapatkan dari menjadi wirausaha, dapat jauh lebih banyak dibandingkan ketika kamu bekerja pada orang lain.

5. Konsultan

Banyak alumni biologi murni yang setelah lulus menjadi konsultan, baik mendirikan lembaga sendiri atau bekerja dengan orang lain. Saat ini banyak perusahaan maupun pemerintah yang membutuhkan konsultan untuk menilai suatu permasalahan secara independen. Masalah pencemaran misalnya, peran konsultan lingkungan untuk menilai suatu aktivitas merusak lingkungan melebihi ambang batas atau tidak merupakan hal yang penting.

Untuk penghasilan yang didapatkan sebagai konsultan ini, biasanya tergantung skala lembaga tempat kamu bekerja. Apabila lembaga kamu telah dinilai cukup kredibel, maka akan ada banyak pekerjaan yang diberikan kepada lembaga tersebut yang artinya banyak uang didapatkan. Biasanya seseorang konsultan senior akan mendapatkan lebih dari 10 juta rupiah per bulannya.

6. Peneliti

Prospek kerja untuk lulusan jurusan biologi murni selanjutnya adalah menjadi peneliti. Banyak perusahaan yang membutuhkan peneliti dari bidang biologi untuk memajukan produk perusahaan tersebut. Contohnya saja perusahaan penyedia bibit unggul, yang akan terus meneliti tentang membuat sebuah bibit terbaik sehingga bisa laku di pasaran.

Pemerintah pun sangat membutuhkan para peneliti di bidang biologi, untuk menciptakan vaksin virus Covid-19 misalnya. Peran peneliti dari biologi sangat penting dalam proses penciptaan vaksin ini, mereka mampu merekayasa genetika virus sehingga terciptalah virus yang telah dilemahkan. Untuk masalah penghasilan perbulannya, peneliti senior dapat menghasilkan puluhan juta rupiah dalam sebulannya. Apalagi jika kamu bisa menjadi peneliti di lembaga yang berada di luar negeri, tentu mendapatkan gaji milyaran per bulan bukanlah hal mustahil.

7. Teknisi Laboratorium

Seorang lulusan biologi sudah terbiasa bekerja di laboratorium semasa studi kuliahnya. Oleh sebab itu, menjadi teknisi laboratorium yang berhubungan dengan biologi juga bisa menjadi pilihan anda. Saat ini banyak laboratorium membutuhkan tenaga ahli untuk menjadi teknisi laboratoriumnya, apalagi dengan adanya pandemi covid-19 seperti saat ini.

Laboratorium untuk pengujian sampel virus tentunya membutuhkan alumni biologi sebagai pengujinya. Maka dari itu prospek kerja lulusan jurusan biologi murni untuk menjadi teknisi laboratorium sangat terbuka lebar. Untuk gaji yang ditawarkan pun biasanya sudah cukup besar, sekitar 5 – 10 juta rupiah per bulannya.

8. PNS

Ada banyak lembaga negara yang membutuhkan alumni biologi murni untuk bekerja di dalamnya. Kita ambil contoh saja kementrian pertanian, kementrian lingkungan hidup dan kehutanan, BPOM dan lain sebagainya. Menjadi PNS di negeri kita ini termasuk sudah cukup sejahtera, selain mendapatkan gaji pokok juga akan mendapatkan berbagai tunjangan menarik. Jenjang karirnya juga cukup jelas serta tidak perlu takut diberhentikan dari pekerjaan asalkan tidak melakukan kesalahan fatal.

9. Polisi

Prospek kerja alumni biologi murni untuk menjadi polisi mungkin tidak banyak diketahui orang. Padahal kebutuhan lembaga keamanan negara ini terhadap alumni biologi cukup banyak tiap tahunnya. Divisi forensik Polri sangat membutuhkan alumni biologi untuk bisa mengidentifikasi korban kejahatan. Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin menjadi polisi maka kamu bisa kok melamar masuk ke lembaga ini setelah menyelesaikan studimu di biologi murni.

Itulah beberapa prospek kerja yang bisa dipilih oleh lulusan jurusan biologi murni untuk masa depannya. Sebenarnya masih banyak lagi pekerjaan lain yang bisa dipilih oleh alumni jurusan ini, yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.