Jenis Ular Laut

Seperti halnya beberapa hewan yang memiliki beberapa spesies, begitu pun dengan ular laut. Ada beberapa jenis ular laut yang tersebar di dunia, salah satunya adalah ular perut kuning (Pelamis platurus) dan termasuk ke dalam ular yang memiliki bisa yang sangat kuat. Bisa tersebut dimiliki oleh seluruh spesues ular laut. Fakta menyebutkan bahwa ular laut tersebut memiliki bisa dengan kekuatan 30 kali lipat lebih mematikan dari ular kobra.

Deskripsi Singkat

Ular laut tergabung ke dalam suku Elapidae dan semua anggota suku ini merupakan ular berbisa mematikan. Ciri-ciri dari ular laut diantaranya kebanyakan berwarna kombinasi belang-belang, ukuran mulut yag kecil dan ekor yang pipih. Meskipun jenis ular ini memiliki bisa yang mematikan, namun sangat jarang menggigit manusia. Hal ini disebabkan karena ukuran mulutnya yang kecil. Kalaupun menggigit manusia hanya pada tempat tertentu saja, misalnya ujung jari.

Habitat
Penyebaran jenis ular laut tergolong merata di seluruh perairan. Habitatnya biasanya di samudra dengan kedalaman yang cukup dalam. Akan tetapi ada juga yang sering bergerak mendekati bibir pantai, tetapi pada dasarnya ular laut senang bersembunyi di sela-sela batu karang.

Jenis makanan
Karena hidupnya di sekitar laut, makanannya adalah hewan-hewan kecil yang ada di laut.

Cara berkembang biak
Ular laut berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar).

Jenis Ular Laut yang Mematikan

Berikut ini adalah beberapa jenis ular laut yang memiliki bisa lebih mematikan dari kobra :

  1. Pelamis paturus
    Orang indonesia menjulukinya dengan nama ular perut kuning spesies ular berbisa yang di temukan di perairan laut tropis di seluruh dunia kecuali Samudra Atlantik. Sesuai namanya, ular ini memiliki warna kuning pada bagian perutnya sedangkan bagian atas tubuhnya berwarna cokelat. Warnanya yang kontras ini membuatnya mudah dibedakan dengan spesies ular lainnya. Walau hidupnya di laut, ular ini membutuhkan air tawar untuk bisa bertahan hidup. Ia mendapatkan air tawar ini dari presipitasi yang terbentuk di permukaan air laut.
  2. Laticauda colubrina
    Dikenal dengan sebutan sebagai ular berbibir kuning dan merupakan ular berbisa yang banyak terdapat di perairan laut tropis indo-pasifik. Tubuhnya memiliki garis-garis hitam putih yang khas dengan moncong yang berwarna kuning. Ular ini menggunakan ekornya seperti dayung yang digunakannya untuk berenang.
    Laticauda colubrina menghabiskan banyak waktunya di laut untuk berburu tetapi akan kembali kedaratan untuk mencerna, beristirahat dan bereproduksi. Ia memiliki bisa mematikan yang digunakannya untuk memangsa belut dan ikan kecil. Dikarenakan seringnya ia berada di daratan, jenis ular laut ini sering bertemu manusia. Walau begitu ular ini tidak agresif dan hanya menyerang ketika merasa terancam.
  3. Hydrophis curtus
    Merupakan spesies ular yang hidup sepenuhnya di laut dengan taring depan yang sangat berbisa. Ular ini memiliki sisik berduri di sepanjang tubuhnya tetapi ular jantan memiliki duri yang lebih berkembang. Ular ini tersebar di perairan laut tropis berair hangat, meliputi teluk persia (Oman, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Iran), Samudra Hindia (Bangladesh, Pakistan, Sri Langka dan India), Samudra Pasifik (Myanmar, Thailand, Indonesia, Cina, Jepangd dan Papua Nugini) serta Bagian utara Benua Australia.
  4. Aipysurus laevis
    Jenis ular laut berbisa ini biasa ditemukan di perairan Indo-Pasifik. Dikenal dengan sebutan Golden sea snakes (ular laut emas). Seperti Laticauda colubrina ia berenang menggunakan ekornya yang berbentuk seperti dayung. Ular ini memiliki sisik kecokelatan dan ungu di bagian atas tubuhnya sementara bagian bawahnya berwarna putih. Panjangnya dapat mencapai 2 meter, walau kebanyakan hanya sekitar 1 meter. Meskipun bersifat agresif terhadap mangsanya, jenis ular laut ini jarang menyerang penyelam atau hewan yang lebih besar lainnya. Tetapi sekalinya menyerang dan mengigit bisanya dengan sangat cepat dapat membunuh manusia.

Itulah 4 jenis ular laut yang lebih mematikan dari kobra. Sehingga saat anda berada di pantai atau sedang menyelam anda harus mewaspadainya, jangan sampai anda memprovokosi mereka karena bisa fatal akibatnya jika sampai tergigit.