Harga Burung Hantu Berdasarkan Jenisnya

Burung hantu adalah salah satu hewan nokturnal yang sering diburu. Selain karena kemampuannya yang unik, burung hantu juga termasuk hewan yang jinak dan mudah bersahabat dengan manusia. Berikut kisaran harga burung hantu yang terdapat di pasaran untuk anda yang berniat merawatnya.

Sekilas Tentang Burung Hantu

Burung hantu selalu dikesankan mistis dan berhubungan dengan image negatif. Hewan malam ini terkenal membawa mitos seram yang berkaitan dengan kematian. Bila rumah salah satu penduduk dihinggapi oleh burung hantu akan dipercaya membawa kesialan untuk penghuni rumah tersebut.

Walaupun masih disangsikan kebenaran cerita mistis dibalik burung hantu ini, tetapi mitos seperti ini masih marak dan dipercaya banyak orang. Tetapi tak banyak diketahui bahwa burung hantu adalah salah satu jenis burung yang mudah dekat dengan manusia. Burung hantu adalah hewan yang bisa akrab dan bersahabat dengan cepat.

Banyak kemampuan dari burung hantu lainnya yang sangat berguna untuk manusia. Salah satunya adalah kemampuan berburu. Burung hantu adalah salah satu predator hama tikus yang baik dan ampuh. Hal ini karena ketika burung hantu melakukan perburuan tikus di sawah, tidak akan merusak tanaman di dalam nya.

Banyak petani yang mengembang biakkan burung hantu untuk membantu membasmi hama tikus. Hama tikus merupakan salah satu hama pengganggu tanaman yang sulit dibasmi. Salah satu faktornya adalah karena tikus adalah hewan yang mempunyai adaptasi terhadap lingkungan sangat baik. Oleh karena itu, Harga burung hantu cukup bervariasi di pasaran.

Harga Beberapa Jenis Burung Hantu

Harga burung hantu berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Ada beberapa jenis burung hantu yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia untuk dipelihara. Harga beberapa jenis burung hantu populer tersebut adalah sebagai berikut :

Burung Hantu Jenis Tyto Alba

Burung hnatu berjenis tyto alba adalah jenis burung hantu yang sering dipelihara oleh manusia. Burung hantu jenis ini merupakan salah satu predator tikus yang ampuh. Kemampuan berburu tikusnya akan sangat membantu aktivitas manusia dalam pertanian. Sehingga tak jarang bila para petani mengembang biakkan burung hantu jenis ini untuk membantunya.

Burung hantu jenis tyto alba bisa melakukan perburuan tanpa merusak tanaman. Burung hantu juga dikenal sebagai pemangsa yang tenang. Hal ini karena kemampuan burung hantu yang bisa terbang tanpa mengeluarkan suara. Sehingga mangsa yang didekatinya tak akan sadar ada yang mendekat ke arahnya.

Bila anda tertarik untuk memelihara burung hantu jenis ini, tak perlu repot menangkapnya karena anda bisa membelinya di pasar burung. Untuk harga kisaran rata rata adalah mulai dari Rp 80 ribu per ekornya. Tetapi harga yang ditawarkan juga bervariasi tergantung umur, bentuk dan berat badan burung hantu.

Burung Hantu Putih

Burung hantu eksotis satu ini mempunyai ciri khas bulunya yang berwarna putih. Selain bulunya yang berwarna putih, burung hantu jenis ini juga merupakan jenis burung hantu yang mempunyai ukuran tubuh diatas rata rata. Harga Burung hantu ini juga dilihat berdasarkan Ukuran tubuh yang berkisar antara 35 cm.

Burung hantu jenis ini juga banyak dicari orang untuk dipelihara. Hal ini karena tampilannya yang terkesan elegan. Perawatan burung hantu pun tidaklah susah. Burung hantu yang selalu diidentikkan dengan kesan seram sebenarnya tidaklah benar. Burung hantu adalah salah satu jenis burung yang mudah bersahabat dengan manusia.

Related Post

Bila anda ingin memiliki salah satu burung hantu cantik ini, anda bisa membelinya di pasar burung. Harganya memang terbilang cukup mahal karena jenis burung hantu ini adalah yang berpenampilan cantik. Untuk harga kisaran rata rata, adalah sekitar Rp 300 ribu untuk jenis burung hantu berukuran dewasa.

Burung Hantu Bubo Sumantranus

Bubo Sumantranus adalah salah satu jenis burung hantu yang terdapat di Indonesia. Burung hantu satu ini cukup banyak menjadi incaran karena julukannya sebagai raja burung hantu. Hal ini karena burung hantu jenis ini merupakan salah satu yang mempunyai ukuran tubuh yang besar yaitu berkisar antara 50 cm.

Burung hantu Bubo Sumantranus juga seringkali disebut dengan Beluk Jampuk. Salah satu ciri khas dari burung hantu ini adalah mempunyai bentuk alis yang meliuk. Bentuk alis ini akan membuat Beluk Jampuk terlihat sangat elegan saat bertengger di dahan pohon. Sehingga Harga burung hantu ini di pasaran bisa cukup tinggi.

Harga kisaran burung hantu jenis ini terbilang mahal. Harga rata rata beluk jampuk berkisar antara Rp 1 juta rupiah. Kisaran harga yang ditawarkan pun berbeda beda tergantung ukuran burung hantu ini. Raja burung hantu Bubo Sumantranus suka hidup di wilayah tropis seperti Indonesia dan negara sekitarnya.

Burung Hantu Salju

Burung hantu salju adalah salah satu jenis burung hantu yang mempunyai warna bulu yang cantik. Sesuai dengan namanya, burung hantu jenis ini suka hidup di wilayah dingin bersalju. Burung hantu cantik ini juga banyak dijadikan sebagai burung hantu peliharaan karena bentuknya yang cantik dan elegan.

Tak banyak diketahui, burung hantu salju juga mempunyai kemampuan yang menarik. Kemampuan terbang dan merentangkan sayap burung hantu satu ini sangat mengesankan. Bila burung hantu sudah terbang dan merentangkan sayapnya, lebarnya bisa mencapai satu setengah meter.

Mempunyai ukuran yang standart dan tidak terlalu besar, burung hantu jenis ini rata rata berukuran 30 cm. Selain itu yang menarik dari burung hantu jenis ini adalah bentuk wajahnya yang seperti bentuk hati. Harga burung hantu ini dipasaran adalah sekitar Rp 400 ribu rupiah, Tetapi kisaran harga ini juga akan tergantung dengan ukuran badannya.

Kisaran Harga di Pasaran

Jenis burung hantu yang dijual dipasaran sangat banyak. Selain jenis burung hantu yang disebutkan diatas ada juga burung hantu berjenis Celepuk, Oriental Bay, Javan Owlet, Barn Owl, Strix Seloputo, Brown Hawk Owl, dan Buffy Fish Owl. Kisaran harga jenis burung hantu ini pun bervariasi tergantung jenis dan ukurannya.

Salah satu contohnya adalah Burung Hantu jenis Celepuk yang mempunyai banderol rata rata sekitar Rp 125 ribu. Murahnya harga burung ini dikarenakan jumlahnya di alam masih sangat banyak. Kita masih bisa mendapatkan burung hantu celepuk di pedesaan dengan mudah. Penggemar celepuk juga tidak begitu banyak dikarenakan ukurannya yang terbilang kecil apabila dibandingkan jenis burung hantu lain.

Untuk burung hantu Burung Hantu yang populasinya di alam tinggal sedikit, biasanya dibanderol dengan lebih tinggi. Misalnya saja jenis Oriental Bay mempunyai kisaran harga rata rata Rp 300 ribu. Ada juga Burung Hantu jenis Javan Owlet mempunyai kisaran harga rata rata Rp 375 ribu.

Jenis burung hantu berikutnya adalah Burung Hantu Barn Owl yang mempunyai kisaran harga rata rata Rp 350 ribu. Burung Hantu jenis Strix Seloputo mempunyai kisaran harga rata rata Rp 550 ribu. Sedangkan Burung Hantu jenis Brown Hawk Owl mempunyai kisaran harga rata rata Rp 650 ribu.

Harga burung hantu di pasaran pun ada juga yang diatas rata rata. Burung Hantu jenis Buffy Fish Owl adalah salah satunya yaitu mempunyai seringkali dihargai dijual lebih dari 1 juta rupiah.