Burung Hantu Bubo Sumatranus

Burung hantu selalu identik dengan kesan negatif di mata masyarakat. Hewan yang lebih aktif hidup pada malam hari ini sering dikaitkan pada kesan mistis dan pertanda kematian. Salah satunya jenis burung hantu yang mempunyai kesan mistis di Indonesia adalah Bubo Sumatranus yang dikenal mempunyai kemampuan sakti. Berikut ulasan singkat tentang jenis burung hantu satu ini.

Dikenal Sebagai Burung Hantu Beluk Jampuk

Burung hantu Bubo Sumartanus juga dikenal dengan nama Beluk Jampuk. Hewan yang termasuk dalam golongan burung pemangsa ini berasal dari Famili Strigidae dan berasal dari Genus Bubo. Burung Hantu ini Tak hanya dikenal sebagai Beluk Jampuk, tetapi juga dikenal dengan nama dan burung hantu hingkik atau Malay eagle-owl.

Ukuran tubuh Beluk Jampuk rata rata sebesar 40 hingga 46 cm. Ukuran ini termasuk dalam ukuran sedang dalam kelasnya. Berat badan burung hantu ini juga rata rata sekitar 620 gram. Ciri fisik yang dimiliki burung hantu ini juga cukup unik dan cantik yaitu mempunyai warna bulu abu abu tua dengan pola garis berwarna kuning.

Tempat Tinggal Favorit Bubo Sumatranus

Beberapa wilayah yang sering menjadi tempat tinggal burung hantu Beluk jampuk adalah wilayah sekitar Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Thailand, Myanmar dan Pulau Keeling. Untuk wilayah Indonesia sendiri, jenis burung hantu ini banyak ditemukan di wilayah sekitar Bangka, Sumatera, Kalimantan, Bali dan pulau Jawa.

Makanan kesukaan Burung Hantu Bubo Sumatranus adalah dari golongan serangga, hewan mamalia kecil, ikan berukuran kecil dan burung. Binatang nokturnal ini mempunyai kebiasaan yang unik yaitu suka bermain air di kolam atau sungai. Kebiasaan ini diiringi dengan cara bepergian burung hnatu jenis ini yang suka berpasangan ataupun sendiri.

Beluk jampuk tercatat suka mendiami daerah tropis dan sub tropis. Selain itu burung hantu ini juga suka menghuni dataran rendah dengan rata rata ketinggian sampai 1000 m. Seperti halnya burung hantu lainnya yang suka hidup di malam hari, Beluk jampuk pun sama. Pada siang hari burung hantu suka bersembunyi di rerimbunan pohon.

Cara Berkembang Biak

Burung hantu Beluk jampuk adalah hewan yang setia karena hanya akan memiliki satu pasangan saja selama hidupnya. Saat musim kawin tiba, Beluk jampuk akan kembali ke sarang yang sama selama bertahun tahun. Selama musim kawin, jenis burung hantu ini akan menghasilkan telur rata rata sebanyak satu hingga dua telur saja.

Telur Beluk jampuk umumnya akan bisa anda temukan pada bulan Mei dan Juni. Bulan tersebut adalah bulan dimana musim kawin burung hantu tiba. Burung hantu jenis ini biasanya akan membuat sarang pada lubang pepohonan besar dan akan mengerami telurnya dalam sarang tersebut selama periode masa kawin.

Dijuluki Sebagai Raja Burung Hantu

Burung hantu adalah salah satu jenis burung yang mempunyai ukuran tubuh yang cenderung besar. Bahkan tercatat pada beberapa jenis spesies burung hantu terdapat ukuran yang lebih besar daripada umumnya. Burung hantu dengan ukuran besar ini adalah jenis Burung Hantu Bubo Sumatranus.

Dengan ukuran tubuh yang lebih besar daripada jenis burung hantu biasanya ini menjadikan Bubo Sumatranus dijuluki sebagai raja burung hantu. Hal ini juga sesuai dengan ciri fisik Bubo Sumatranus yang bila dilihat memiliki jenis alis yang memanjang. Bentuk alis yang memanjang ini membuatnya seolah memiliki kesan arogan yang agung.

Related Post

Seperti burung hantu lainnya yang selalu dikaitkan dengan cerita mistis. Bubo Sumatranus dikenal memiliki tuah yang membuat banyak orang percaya. Salah satu tuah yang terkenal dari burung hantu ini adalah sebagai penangkal ilmu hitam dan juga sebagai jimat pembawa kekayaan.

Bubo Sumatranus dan Mitos Penangkal Santet

Burung hantu memang seringkali dikaitkan dengan banyak mitos negatif tentangnya. Melihat burung hantu yang bertengger diatas atap rumah dipercaya akan membawa kabar buruk hingga kabar duka bagi pemilik rumah tersebut. Bahkan ada yang percaya bila membunuh burung hantu akan menolak bala dan kesialan yang akan terjadi.

Berbeda dengan burung hantu lainnya, Burung Hantu Bubo Sumatranus dipercaya bisa menangkal ilmu hitam yang akan menyerang seseorang. Ilmu hitam sejenis santet ini adalah ilmu yang bisa mencelakai korban bahkan hingga mendatangkan kematian. Kepercayaan masyarakat Indonesia akan hal ini menjadikan masyarakat berusaha mencari penangkalnya.

Salah satu cara ampuh yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan burung hantu jenis ini. Tak perlu menggunakan ritual atau cara khusus untuk menangkal santet. Anda cukup meletakkan saja burung hantu ini di depan teras rumah anda. Sehingga bila kiriman santet datang akan tertolak dengan sendirinya.

Digunakan Sebagai Alat Pesugihan

Selain dipercaya sebagai penangkal santet burung hantu jenis ini juga dipercaya membawa keuntungan. Memelihara burung hantu ini juga dipercaya sebagai salah satu jalan mendapat pesugihan. Walaupun masih belum bisa dipastikan tingkat kebenarannya, tetapi banyak orang yang percaya hingga memelihara burung hantu jenis ini.

Cara yang dipakai untuk mendapatkan pesugihan pun tergolong cara yang mudah. Tak perlu menggunakan jampi jampi atau merapal matra khusus yang rumit. Bila ingin menggunakan Burung Hantu Bubo Sumatranus ini sebagai alat pesugihan cukup dengan meletakkan satu ekor burung hantu ini ke beberapa tempat usaha yang diincar.

Toko dan tempat bisnis lainnya akan menjadi untung berkali kali lipat dengan cara ini. Walaupun kebenarannya masih dipertanyakan dan masih dianggap mitos bagi sebagian orang, tetapi kepercayaan seperti akan dikembalikan kepada pribadi masing masing. Terlepas dari anggapan tentang burung hantu ini, hewan ini tetaplah eksotis untuk dipelihara.

Diburu Karena Harganya yang Mahal

Latar belakang burung hantu ini yang dijuluki sebagai raja burung hantu hingga banyak mitos yang menyertai dibelakangnya, menjadikan harga jual burung ini menjadi cukup tinggi. Ciri fisiknya yang unik dan terkesan garang dengan model alisnya yang megah menjadi salah satu faktor harga jualnya yang melambung tinggi.

Selain itu, faktor lainnya yang menjadikan harga burung hantu ini cukup mahal adalah karena jumlahnya yang tidak terlalu banyak dibandingkan dengan jenis burung hantu lainnya. Hal ini karena habitat burung hantu jenis ini terbatas yaitu hanya daerah sekitar tropis, khususnya di Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Kisaran harga yang dipatok rata rata sekitar satu juta untuk jenis burung hantu anakan. Bila sudah berkembang menjadi dewasa dan mempunyai ciri fisik yang bagus maka harganya akan naik menjadi berkali kali lipat. Burung Hantu Bubo Sumatranus ini tak hanya sulit ditemukan di pasar burung tetapi juga cukup sulit menemukannya di alam bebas.

Burung hantu adalah salah satu jenis burung yang habitat persebarannya bisa ditemukan hampir diseluruh belahan dunia. Burung hantu dikenal mempunyai daya adaptasi terhadap lingkungan dan makanan yang baik. Sehingga membuat burung hantu menjadi salah satu jenis hewan yang mudah dipelihara dan bersahabat dengan manusia.