Categories: Koleksi

Batu Ruby Birma

Batu ruby yang berasal dari birma memang memiliki kualitas terbaik dibandingkan dengan yang berasal dari daerah lain. Hal ini dapat dibuktikan dari daftar pemuncak 5 batu ruby termahal yang semuanya berasal dari salah satu negara ASEAN tersebut. Selain dari segi kualitas, kuantitas batu permata yang dihasilkan oleh birma terbilang cukup banyak. Hampir 80 persen batu ruby yang dijual belikan di seluruh dunia ternyata asalnya dari sana lho.

Tambang Batu Ruby di Birma

Batu ruby birma berasal dari dua tambang besar, yaitu lembah mogok dan Mong Hsu.  Lembah mogok merupakan tambang bersejarah yang telah beroperasi selama berabad – abad lamanya. Kualitas ruby yang ditemukan di lembah mogok menjadi yang terbaik di dunia dan seringkali telah memiliki warna memukau dari alamnya.

Pertambangan Mong Hsu baru beroperasi di sekitar tahun 1990an dan memiliki kualitas batu yang lebih rendah. Batu yang berasal dari tambang ini biasanya perlu diberikan treatment heating untuk membuat warnanya menjadi lebih rata. Biasanya ruby yang berasal dari tambang Mong Hsu memiliki warna gelap di bagian dalamnya. Dengan pemberian treatment heating maka ruby dari Mong Hsu bisa menjadi terlihat lebih mirip dengan yang berasal dari Mogok.

Gambar diatas merupakan salah satu contoh ruby dari tambang Mong Shu yang belum di treatment (kiri) dan setelah diberi treatment heating (kanan). Terlihat bahwa sebelum diberikan treatment pemanasan, batu tersebut memiliki gradasi warna yang cukup terlihat jelas. Barulah setelah diberikan treatment pemanasan, warna batu menjadi lebih merata dan terlihat lebih pekat dibandingkan sebelumnya.

Tambang batu Mogok juga tidak hanya memproduksi ruby berkualitas saja. Di pertambangan Mogok juga ditemukan batuan spinel merah berkualitas tinggi. Secara tampilan, spinel merah dan ruby sangat mirip. Bahkan, hingga akhir abad ke-18 keduanya masih dianggap sebagai jenis batu yang sama.

Ciri Batu Ruby Birma Asli

Ruby birma berkualitas tinggi sangat jarang ditemukan di Indonesia, biasanya kolektor kaya raya dari luar negerilah yang memilikinya. Kebanyakan ruby birma yang ada di perdagangan dalam negeri termasuk jenis ruby daging dan atau yang memiliki warna yang tidak merata. Meskipun begitu, dibandingkan ruby yang berasal dari benua Afrika ternyata seringkali ruby birma memiliki harga yang lebih mahal. Berikut ini beberapa ciri batu ruby birma asli yang perlu anda ketahui.

Related Post

Tidak Diberi Treatment GF

Mayoritas ruby yang berasal dari benua afrika memiliki pori-pori berukuran besar sehingga diperlukan pemberian treatment GF (Glass Filling). Pengisian kaca pada treatment GF membuat pori-pori pada batu menjadi tertutupi sehingga lebih enak untuk dilihat. Adanya keharusan memberikan treatment GF inilah yang menyebabkan ruby yang berasal dari Afrika memiliki harga jual yang jauh lebih rendah.

Berbeda dengan yang berasal dari Afrika, pori-pori pada batu ruby birma asli tidaklah besar. Sangat jarang ditemukan ada batu ruby dari Birma yang keropos dan banyak bolong di dalamnya. Sepengetahuan saya, tidak ada ruby dari negara ini yang diberi treatment GF sehingga inilah yang bisa kita jadikan patokan sebagai pencirinya.

Memiliki Inklusi Berbentuk Jarum Pendek

inklusi jarum halus pada ruby birma

Mayoritas ruby birma, khususnya yang berasal dari tambang mogok memiliki ciri khas berupa inklusi berbentuk seperti jarum jarum halus sehingga tampilannya terlihat seperti sutra. Inklusi berbentuk jarum halus ini dapat muncul di sebagian atau keseluruhan batu ruby yang berasal dari birma. Hanya saja, inklusi inklusi jarum halus ini akan hilang apabila batu ruby tersebut telah diberi treatment heated.

Berwarna Pink Hingga Merah Darah

Dikutip dari AMNH, ruby birma memiliki warna pink hingga merah darah. Hal itu berbeda dengan ruby yang berasal dari benua Afrika,dimana ada yang memiliki warna semu ungu. Bahkan, jumlah ruby yang berwarna ungu dari Mozambique jumlahnya sangat banyak beredar di pasaran.

Masalah warna juga menjadi salah satu keunggulan ruby yang berasal dari Birma. Hingga saat ini warna merah terbaik dari sebuah batu ruby hanya bisa didapatkan dari tambang negara tersebut. Bahkan sebagian ahli gemolog, mengidentifikasi asal sebuah batu ruby dari masalah warnanya. Jika sebuah batu memiliki warna merah murni yang cerah yang bukan didapatkan dari hasil treatment, maka diduga kuat ia berasal dari birma.

Harga Ruby Birma

Sebuah batu ruby birma tanpa treatment berkualitas biasanya dihargai sekitar 15.000 dollar Amerika per caratnya. Bahkan, salah satu ruby birma termahal yang disebut sebagai Sunrise dapat terjual seharga 30 juta dollar Amerika. Harga sebuah batu ruby birma yang mengalami treatment Heat, biasanya memiliki banderol lebih dari 1 juta rupiah per caratnya. Apabila sebuah batu ruby memiliki harga yang relatif murah, maka kemungkinan besar ia berasal dari benua Afrika.

Di pasaran dalam negeri, sangat jarang ada ruby birma berkualitas tinggi yang dijual di perdagangan. Dalam pengamatan saya, mayoritas ruby birma yang dijual di tanah air memiliki kualitas menengah kebawah. Seringkali yang beredar di pasaran adalah yang memiliki warna belang, tidak transparan ataupun warna terlalu muda. Jikalau ada yang berkualitas tinggi, biasanya memiliki ukuran yang sangat kecil ataupun warna hasil treatment.

Bagi anda yang beminat untuk mengkoleksi tentang batu ruby yang berasal dari birma, maka anda perlu menyiapan kocek dalam jumlah besar. Untuk mendapatkan ruby yang berasal dari negara ini dengan tampilan memukau biasanya membutuhkan dana minimal 10 juta rupiah. Itupun biasanya merupakan batu hasil treatment heat dan ukurannya juga tidak terlalu besar.