Burung Hantu Salju

Burung hantu tak selalu tampak seram dengan bulu berwarna gelap. Ada juga burung hantu cantik dengan warna putih yaitu Burung Hantu Salju. Sesuai namanya burung hantu ini suka hidup di daerah yang dingin dan bersalju. Burung hantu ini tercatat sebagai salah satu satwa penghuni Antartika. Walau bukan termasuk jenis burung hantu asli Indonesia, ternyata ia sudah bisa ditemukan di negara kita lho. Beberapa importir burung telah memasukannya ke dalam negeri untuk dijadikan peliharaan.

6 Fakta Menarik Tentang Burung Hantu Salju

Ada 6 fakta menarik tentang burung hantu salju yang tidak banyak diketahui orang. Burung yang memiliki warna putih disekujur tubuhnya ini memiliki keunikan tersendiri. Mari kita bahas bersama dalam artikel singkat yang saya tulis berikut ini.

1. Rentangan Sayap yang Mengesankan

Burung hantu tak selalu tampak seram dengan warna bulunya yang gelap. Ada juga burung hantu yang mempunyai warna bulu yang terang dan cantik. Salah satunya adalah burung hantu yang berwarna bulu putih. Burung hantu cantik ini suka hidup di tempat yang dingin dan bersalju seperti Antartika.

Hewan yang sebagian besar hidup pada malam hari ini memang mempunyai banyak kemampuan unik yang jarang diketahui orang. Salah satunya adalah kemampuan merentangkan sayapnya yang cukup lebar. Burung hantu tercatat bisa merentangkan sayapnya hingga satu setengah meter.

 

Dengan kecepatan terbang rata rata 40 km/jam, burung hantu putih ini juga dilengkapi dengan jenis bulu yang istimewa. Bulu burung hantu ini mempunyai lapisan bulu halus yang terdapat pada sayap dan tubuhnya yang berfungsi untuk menjaganya agar tetap hangat. Hal ini karena burung hantu jenis ini mempunyai habitat di tempat yang dingin bersalju.

2. Sifat Tenang Tetapi Ganas Saat Berburu

Burung Hantu tergolong burung yang sangat tenang dalam bergerak, tak terkecuali Burung Hantu Salju. Burung hantu mempunyai tingkat ketenangan yang menakjubkan bahkan saat terbang. Saat terbang burung hantu tak mengeluarkan suara bising. Hal ini karena dalam sayap burung hantu terdapat lapisan seperti beludru yang berfungsi meredam gesekan saat terbang.

Kemampuan terbang dalam senyap inilah yang menjadikan burung hantu sebagai predator yang cukup kuat. Karena saat ingin memburu mangsanya, burung hantu akan datang tanpa suara dan langsung mengendap memangsanya. Selain itu, burung hantu juga predator hama alami yang terbaik karena tidak merusak tanaman sekitarnya saat berburu.

Tak hanya dibekali dengan kemampuan terbang dalam senyap, burung hantu juga punya kemampuan lainnya yang tak kalah menarik. Indra pendengaran dan penglihatan burung hantu sangat tajam. Sehingga membuatnya sangat peka saat ada mangsa atau predator yang mendekat bahkan pada kondisi lingkungan gelap sekalipun.

Salah satu makanan Burung Hantu putih ini adalah lemming. Lemming adalah salah satu jenis hewan pengerat berukuran kecil. Satu ekor burung hantu putih akan memakan tiga hingga lima ekor lemming setiap harinya. Atau bisa dirata rata sekitar 1.600 ekor lemming yang dikonsumsi Burung Hantu dewasa setiap tahunnya.

3. Perbedaan Betina dan Jantan yang Mencolok

Jenis burung hantu salju ini mempunyai ciri fisik pembeda antara betina dan jantan yang cukup mencolok. Dengan sekali melihat anda tentu akan bisa membedakan burung hantu jantan dan betina secara mudah. Burung hantu berbulu putih berjenis kelamin jantan biasanya mempunyai warna putih polos yang pekat.

Related Post

Sedangkan untuk burung hantu berjenis kelamin betina akan mempunyai sedikit corak bulu berwarna hitam ditengah bulu tubuhnya yang dominan berwarna putih. Burung hantu jantan akan mempunyai bulu berwarna semakin putih bersih saat menginjak dewasa. Hal ini juga bisa menjadi salah satu daya tarik pejantan saat musim kawin tiba.

Burung hantu jenis berbulu putih seperti salju ini mempunyai nama latin yaitu Bubo Scandiacus. Untuk ukuran tubuh pembeda antara jantan dan betina juga terlihat mencolok. Ukuran tubuh burung hantu jantan jenis ini cenderung lebih kecil daripada ukuran tubuh burung hantu berjenis kelamin betina.

4. Salah Satu Jenis Burung Terbesar di Amerika Utara

Burung hantu cantik berwarna putih ini mempunyai jenis bulu yang lebat. Hal ini sesuai dengan habitat burung hantu ini yang suka tinggal ditempat yang dingin bahkan bersalju. Bulunya yang tebal ini membuat ukuran tubuh burung hantu jenis ini terlihat lebih besar. Ukuran tubuh besar ini bahkan lebih besar daripada jenis burung hantu lainnya.

Burung hantu salju ini dinobatkan menjadi salah satu jenis burung terbesar di wilayah Amerika Utara. Tak hanya burung dengan berukuran besar, burung hantu jenis ini juga merupakan burung yang mempunyai berat badan yang cukup tinggi daripada jenis burung lainnya. Berat seekor burung hantu putih dewasa bisa mencapai 2 kg.

Burung hantu berbulu putih ini sangat dikenal karena pernah muncul sebagai burung hantu peliharaan Harry Potter. Tokoh dari dunia sihir yang terkenal di seluruh dunia ini mempunyai hewan peliharaan kesayangan yaitu seekor burung hantu berbulu putih yang dikenal dengan nama Hedwig.

5. Golongan Hewan Diurnal

Burung hantu selalu identik dengan hewan malam. Hal ini karena burung hantu suka hidup dan aktif pada malam hari. Hewan yang hampir semua tergolong sebagai hewan nokturnal ini ternyata mempunyai beberapa golongan yang diurnal. Hewan diurnal adalah hewan yang aktif pada siang hari.

Salah satunya adalah burung hantu berbulu putih ini. Tak seperti burung hantu kebanyakan, burung hantu cantik ini lebih suka hidup siang hari. Sedangkan pada malam hari burung hantu jenis ini menggunakan waktunya untuk beristirahat. Keunikan burung hantu jenis satu ini membuat burung ini cukup dikenal.

Ada masa dimana burung hantu salju akan melakukan migrasi. Migrasi massal yang terjadi ini biasanya akan menuju ke arah wilayah Kanada, Quebec hingga Amerika Utara. Walaupun terlihat ramah dan bersahabat, bila ingin mendekati burung hantu ini harus melalui proses pendekatan sebelum bisa menyentuhnya.

6. Tempat Tinggal Favorit

Sama seperti namanya, burung hantu berbulu putih ini cenderung suka hidup di tempat yang dingin bahkan bersalju. Salah satu daerah tempat favoritnya adalah wilayah Antartika. Tetapi tak jarang burung hantu ini juga terlihat dan tinggal di beberapa wilayah di belahan dunia lainnya yang mempunyai musim dingin.

Beberapa wilayah tersebut antara lain adalah Amerika bagian Utara, Eropa, dan sebagian di beberapa wilayah Asia. Burung hantu jenis ini mempunyai cara pertahanan diri yang unik terhadap predator. Cara pertahanan diri yang burung hantu ini lakukan adalah dengan cara membenamkan dirinya kedalam bulunya yang lebat.

Dengan cara ini, burung hantu salju ini akan membuat tubuhnya tersamar di tengah tumpukan salju. Sehingga cara ini akan membuat predator yang akan mendekat hanya melihat burung hantu ini sebagai gundukan salju biasa. Tak hanya berfungsi untuk predator, kemampuan ini cukup ampuh juga untuk diterapkan dalam berburu karena menyamarkan tubuhnya.

Burung hantu punya banyak jenis yang tersebar di hampir seluruh negara di dunia. Persebaran burung hantu yang luas menjadikannya salah satu burung yang sering ditemukan manusia. Tak terkesan seram sama sekali, Burung hantu satu ini ternyata juga sangat bersahabat dengan manusia.