Hard Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Setiap orang tentunya menginginkan karir yang baik sehingga dapat memberikan kemapanan secara finansial kepada dirinya. Untuk mendapatkan karir yang baik, anda perlu memiliki soft skill dan hard skill sebagai salah satu pendukung. Ada beberapa jenis hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja, dengannya anda bisa mendapatkan karir yang lebih mulus. Selagi kamu masih sempat, sangat disarankan untuk mengupgrade hard skill yang anda miliki untuk kemajuan masa depanmu.

Cara sederhana untuk bisa meningkatkan kemampuan hard skill yang kamu miliki adalah dengan cara mengamati, belajar dan praktek. Semakin kamu banyak pengalaman tentunya kamu semakin memiliki hard skill yang semakin baik. Oleh sebab itu, hanya mempelajari materi sekolah berupa buku saja dianggap tidaklah cukup. Banyak orang yang memiliki IPK tinggi tetapi karirnya tergolong biasa saja dikarenakan tidak adanya kemampuan hardskill dan softskill yang melengkapinya.

Pengertian Hard Skill

Mungkin diantara pembaca artikel ini masih ada yang belum begitu memahami tentang pengertian Hard Skill. Hard Skill merupakan serangkaian kemampuan atau keterampilan yang dimiliki seseorang yang bersifat teknis dalam perusahaan. Misalnya saja kemampuan dalam menganalisis trend suatu produk, dengan kemampuan ini maka kamu bisa memperkirakan produk seperti apa saja yang akan banyak dicari pada masa datang. Tentu orang yang memiliki hard skill ini sangat dicari oleh banyak perusahaan sehingga menjadi salah satu yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Lain halnya dengan hard skill yang bersifat teknis, soft skill merupakan kemampuan individu untuk bisa berkomunikasi sehingga dapat memudahkannya dalam melakukan pekerjaannya. Dengan soft skill yang baik, maka anda bisa bernegosiasi dengan rekan bisnis anda dengan lebih baik. Banyak yang mendebatkan mana yang lebih penting diantara keduanya, saya sendiri menganggap keduanya sangat penting dan bisa memberikan nilai tambah bagi anda.

Daftar Hard Skill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

Seperti yang telah saya bahas sebelumnya, memiliki hard skill merupakan suatu hal yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Dengan kelebihan ini, maka kamu memiliki peluang lebih besar dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Apalagi jika kamu seorang fresh graduate yang baru mencoba mencari pekerjaan pertamamu, kepemilikan hard skill menjadi salah satu faktor penting yang menjadi dipertimbangkan HRD. Beberapa jenis hard skill yang penting untuk anda miliki karena dibutuhkan dalam dunia kerja diantaranya adalah :

1. Cloud Computing

Saat ini dianggap telah memasuki masa dunia digital dimana banyak pekerjaan yang memanfaatkan teknologi cloud. Penggunaan teknologi Cloud ini memberikan kemampuan yang lebih cepat dan fleksibel untuk perpindahan data. Anda yang familiar dengan penggunaan teknologi cloud ini dianggap memiliki keunggulan ketika sedang melamar kerja. Wajar saja, karena saat ini hampir semua pekerjaan di berbagai perusahaan yang memanfaatkan teknologi tersebut.

Memang hard skill satu ini tidak mudah untuk didapatkan dan sangat sulit dipelajari tanpa bimbingan seorang guru. Beberapa perguruan tinggi biasanya memberikan kursus tentang cloud computing dasar yang bisa anda ikuti. Kemampuan dasar ini sudah cukup mumpuni bagi anda yang pekerjaannya tidak berhubungan dengan dunia digital. Bagi yang ingin mempelajarinya secara detail, anda bisa memilih jurusan teknik informatika ataupun ilmu komputer untuk strata satu anda.

2. Analisis Trend

Hard skill untuk bisa melakukan analisis trend menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Hal itulah yang menyebabkan hard skill ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Dengan kemampuan anda menganalisis trend, anda bisa memprediksi perilaku di masa depan menggunakan data-data yang ada saat ini. Ketika sebuah perusahaan berhasil memprediksi suatu tren yang akan terjadi, tentunya mereka akan bisa melakukan penjualan dengan lebih baik.

3. Manajemen Data

Kemampuan anda dalam mengurus dan mengolah data dengan efisien menjadi sebuah hard skill yang sangat dibutuhkan oleh anda yang ingin bekerja dalam sebuah perusahaan. Apabila dahulu kala data disimpan dalam lemari, saat ini data disimpan dalam bentuk digital yang tersimpan dalam file. Dengan kemampuan memanajemen data dengan baik, anda bisa mengatur data dengan baik sehingga ketika diperlukan data tersebut bisa dengan mudah ditemukan. Hard skill ini terdengar mudah dilakukan, tetapi kenyataannya jika anda tidak disiplin dan kurang pengalaman maka mengatur data terbilang cukup sulit.

4. Mengatur Jadwal

Kemampuanmu dalam mengatur jadwal dan memberikan prioritas pada suatu hal yang dianggap lebih penting sangat berguna di dalam dunia kerja. Apabila kamu bisa mengatur jadwalmu dengan efektif, maka kamu bisa menyelesaikan pekerjaan yang kamu miliki dengan cepat dan tepat. Untuk bisa mengupgrade hard skill ini, sebaiknya anda memulai menjadwal kegiatan harian dan mingguan anda sedini mungkin. Apabila anda telah terbiasa dalam mengatur diri anda secara disiplin, tentu anda tidak akan kesulitan menggunakannya di dunia kerja.

5. Mengatur Anggaran

Pengaturan keuangan dari kecil diperlukan agar anda terbiasa untuk bisa mengatur anggaran dengan baik. Perencanaan dan manajemen keuangan ini tentunya sangat diperlukan didunia kerja, terlepas apa pekerjaan anda. Misalnya saja ketika anda menjadi dosen, anda tetap perlu mengatur dan merencanakan anggaran penelitian yang anda lakukan untuk diajukan ke lembaga terkait. Maka dari itu kemampuan mengatur keuangan juga menjadi salah satu hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

6. Pemasaran

Keterampilan memasarkan suatu produk yang dimiliki oleh perusahaan anda tentunya juga penting untuk dimiliki. Salah satunya adalah kemampuan untuk membuat website perusahaan anda berada di halaman pertama mesin pencari untuk keyword yang ditargetkan. Kemampuan ini dinamakan search engine optimization atau disingkat SEO, dimana saat ini banyak perusahaan yang sangat mementingkan peringkat mereka di search engine. Bagi anda yang memiliki hard skill ini, akan lebih mudah untuk bersaing di dunia kerja dengan kelebihan tersebut.

Selain kemampuan memasarkan melalui search engine, kemampuan melakukan pemasaran melalui sosial media juga saat ini banyak dilirik oleh perusahaan besar. Anda bisa melihat bahwa saat ini banyak sekali selebgram ataupun youtubers yang memiliki penghasilan hingga milyaran rupiah tiap bulannya. Penghasilan itu bisa mereka dapatkan karena mereka mampu mendominasi dunia maya dan banyak dicari oleh orang-orang didalamnya.

7. Keamanan Jaringan

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa masalah keamanan jaringan menjadi salah satu yang banyak menjadi perhatian berbagai perusahaan di dunia. Semua perusahaan tentunya ingin membuat jaringan yang dimilikinya aman dari serangan hacker. Oleh karena itu, biasanya di setiap perusahaan ada seseorang Security Engineer yang tugasnya mengamankan jaringan di perusahaan dari kebocoran data. Keterampilan ini biasanya didapatkan pada jenjang kuliah, ketika anda mengambil jurusan teknik informatika ataupun ilmu komputer. Walau begitu, anda bisa juga mempelajarinya secara otodidak sendiri sehingga bisa menjadi nilai tambah untuk anda.

8. Menganalisis Bahan Kimia

Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa saat ini banyak perusahaan yang erat kaitannya dengan masalah kimiawi. Misalnya saja perusahaan makanan, obat-obatan, kosmetik, pupuk dan lain sebagainya yang tidak bisa dipisahkan dari ilmu ini. Oleh karena itu, kemampuan untuk menganalisis bahan kimia menjadi salah satu hard skill yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan dalam dunia kerja. Bagi anda yang ingin menjadikan hard skill ini sebagai keunggulan anda, ada baiknya anda memasuki jurusan kimia murni ataupun teknik kimia. Prospek kerja kimia murni ataupun teknik kimia juga sangat baik untuk waktu yang akan datang.

9. Kemampuan Mendesain

Saat ini kemampuan mendesain juga sangat dihargai dalam dunia kerja, sehingga tidak ada salahnya apabila anda melengkapi diri anda dengan hard skill satu ini. Anda bisa membeli buku-buku tentang desain grafis dan mempelajarinya sendiri dirumah atau bisa juga mengikuti kursus yang banyak diadakan di berbagai kota di Indonesia. Jadikan hard skill satu ini menjadi nilai tambah diri anda, sehingga anda lebih diutamakan ketika sedang melamar pekerjaan yang anda inginkan.

Itulah beberapa hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja, dengan memiliki beberapa kemampuan diatas akan membuat anda lebih dilirik ketika bersaing di dunia kerja. Saya menyarankan anda untuk memiliki minimal 3 dari kemampuan diatas dan kalau bisa kuasailah dengan baik dan tunjukkan kemampuan itu ketika sedang melamar pekerjaan.