Cara Mengobati Kucing Batuk Secara Alami

Sama seperti manusia, kucing juga mudah mengalami batuk yang tentunya akan mengganggu aktivitas mereka. Cara mengobati kucing batuk ini sangat tergantung dari penyebabnya, berbeda penyebab maka beda pula pengobatannya. Penyebab kucing batuk sendiri bisa karena masalah sepele ataupun berat yang membutuhkan penanganan intensif, sehingga mencari tahu penyebab dari masalah kesehatan ini menjadi hal pertama yang perlu dilakukan.

Batuk merupakan respon alami yang merupakan salah satu bentuk pertahanan diri untuk mengeluarkan zat atau makhluk asing yang mengganggu saluran pernapasan. Pada bagian tenggorokan kucing terdapat saraf yang dapat mendeteksi apabila terdapat zat ataupun benda asing yang akan mengganggu pernapasan. Ketika saraf mendeteksi adanya zat atau benda asing tersebut, maka otomatis saraf akan memberikan sinyal ke otak untuk mengeluarkan zat pengganggu tersebut dengan cara batuk.

Penyebab Kucing Batuk

Penyebab kucing batuk yang paling sering terjadi adalah karena adanya infeksi pada saluran pernapasannya, baik oleh virus, bakteri ataupun jamur. Virus influenza menjadi yang paling sering menyerang hewan berbulu ini karena penyebarannya yang cepat antara satu kucing ke kucing lainnya. Virus ini dengan mudah menyebar melalui udara (droplet), air ataupun ketika terjadi kontak langsung. Oleh karena itu, ketika salah satu kucing anda terlihat sedang flu, sebaiknya anda segera mengkarantinanya dan mencegah terjadinya interaksi dengan kucing lainnya.

Selain karena infeksi, kucing juga bisa batuk karena alergi pada bulu yang dimilikinya. Hal ini sering terjadi pada kucing yang memiliki bulu yang panjang dan lebat. Ketika bulunya rontok dan masuk ke saluran pernapasannya, si kucing otomatis akan batuk-batuk untuk mengeluarkan bulu tersebut. Bila kondisinya demikian, merapikan bulu kucing dengan memotongnya perlu anda lakukan sehingga diharapkan kucing anda tidak mengalami batuk lagi.

Polusi udara juga menjadi salah satu yang dapat memicu batuk pada kucing, karena ada sebagian dari hewan ini yang sensitif terhadap adanya polusi. Ketika ia menghirup udara yang banyak polusinya, sistem saluran pernapasan si kucing akan bereaksi dan menghasilkan banyak lendir. Banyaknya lendir yang dihasilkan ini akan menyebabkan sebagian masuk ke dalam paru-paru sehingga kucing akan batuk untuk mengeluarkannya.

Masalah di sistem saluran pernapasan juga bisa menjadi pemicu terjadinya batuk. Kucing juga bisa mengalami kanker paru-paru, asma, bronkitis, post nasal drip, penyakit paru obstruktif kronik dan masalah sistem pernapasan lainnya. Apabila penyebabnya demikian, membawa ke dokter hewan untuk dilakukan analisis menjadi opsi terbaik untuk dilakukan.

Cara Mengobati Kucing Batuk

Karena penyebab kucing batuk bervariasi, maka cara mengobati masalah kesehatan ini juga perlu melihat dari penyebabnya. Ketika kucing anda batuk karena polusi, maka sebaiknya anda menggunakan AC untuk bisa memfilter udara kotor yang ada di dalam rumah. Diharapkan udara yang telah difilter ini dapat menyebabkan reaksi alergi kucing terhadap polutan bisa berkurang. Pemberian obat anti alergi juga bisa dilakukan, hanya saja apabila digunakan untuk jangka panjang dapat beresiko mempengaruhi kesehatannya secara keseluruhan.

Cara mengobati kucing batuk yang disebabkan karena infeksi virus ataupun bakteri bisa dilakukan secara alami ataupun dengan obat-obatan. Saya sendiri lebih menyarankan pengobatan secara alami, karena tidak memiliki efek samping. Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati kucing batuk akibat infeksi ini diantaranya adalah :

Menjemur Kucing

Ketika kucing anda terkena flu, menjemurnya di pagi hari menjadi salah satu tindakan yang sangat baik untuk dilakukan. SInar matahari pagi akan membantu kucing menghangatkan suhu tubuhnya. Diharapkan patogen penyebab infeksi ini akan mati akibat penjemuran di pagi hari ini. Akan tetapi anda tidak boleh ya menjemur kucing anda terlalu lama, karena bisa menyebabkan dehidrasi. Anda cukup menjemurnya selama 15-20 menit saja, pada jam 8 – 10 pagi ketika sinar matahari belum terlalu panas. Penjemuran ini juga menyebabkan kucing mendapatkan vitamin D yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya, sehingga dapat mempercepat proses kesembuhannya.

Berikan Madu

Madu telah dikenal sebagai salah satu obat berbagai penyakit yang mujarab. Memanfaatkan madu untuk mengobati flu telah lama dilakukan oleh manusia dan ini juga bisa menjadi salah satu cara mengobati kucing batuk. Anda bisa memberikan madu setiap 6 jam sekali sebanyak 1 sendok teh pada kucing anda yang sedang batuk. Pemberiannya bisa dilakukan secara langsung ataupun mencampurnya terlebih dahulu dengan air. Namun, ada sebagian kucing yang tidak menyukai madu karena dianggap terlalu manis. Apabila kucing anda tidak menyukainya, janganlah anda paksa untuk diberikan kepadanya.

Cuka Apel

Cara mengobati kucing batuk secara alami berikutnya adalah dengan memberikan cuka apel. Cuka apel dapat menjaga kestabilan pH pada tubuh sehingga akan meningkatkan daya tahan tubuh yang dimilikinya. Campurkan setengah sendok teh cuka apel pada makanan basah yang dikonsumsi kucing anda. Pemberiannya dilakukan setiap 2 kali sehari hingga kucing anda sembuh dari penyakit flunya.

Berikan Makanan Bernutrisi

Anda perlu menjaga asupan nutrisi kucing anda sehingga pemulihan kesehatannya bisa berlangsung dengan cepat. Memberikan kucing anda Royal Canin Recovery dianggap sebagai salah satu pilihan terbaik. Makanan kucing ini, memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi dan mudah dikonsumsi kucing yang sedang sakit. Memang sih harganya relatif mahal, alternatif lain anda bisa memberikan kucing anda makanan basah yang didalamnya terkandung nutrisi yang relatif lengkap.

Biarkan Kucing Anda Istirahat

Mirip yang terjadi pada manusia, ketika terkena batuk dan flu maka pengobatan terbaik yang bisa dilakukan adalah beristirahat. Anda perlu memberikan tempat yang nyaman dan aman bagi kucing anda untuk beristirahat. Ketika kucing anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat, biasanya pemulihan kesehatannya akan lebih tetap terjadi. Kondisi tempat kucing anda istirahat perlu anda perhatikan dengan cermat, pastikan tempatnya bersih, tidak lembab dan bebas gangguan.

Bawa Kedokter Hewan

Apabila setelah lebih dari dua hari kucing anda yang batuk belum sembuh juga, maka sebaiknya anda membawanya ke dokter hewan. Dokter hewan akan menganalisis kondisi kucing anda dan memberikan obat yang diharapkan dapat mempercepat pemulihan hewan peliharaan anda. Cara mengobati kucing batuk secara pengobatan kimia ini menjadi alternatif terakhir apabila cara alami tidak bisa menyembuhkannya.

Memberikan obat kepada kucing juga menjadi salah satu tantangan dan kesulitan tersendiri. Biasanya kucing akan memberontak ketika diberikan obat yang rasanya pahit sehingga disarankan untuk membuat kucing anda rawat inap untuk sementara waktu. Seringkali karena pemilik hewan tidak bisa memberikan obat dengan benar, maka sebagian besar obat akan terbuang sehingga dosis yang masuk ke dalam tubuh kucing menjadi tidak sesuai. Akibatnya adalah obat tersebut menjadi tidak manjur dan pemulihan kesehatan kucing menjadi lebih lambat.

Itulah beberapa cara mengobati kucing batuk yang bisa anda lakukan, semoga kucing anda yang sakit segera sembuh. Anda tidak perlu khawatir ketika hewan kesayangan anda mengalami masalah kesehatan ini, karena merupakan penyakit yang umum terjadi dan biasanya mudah disembuhkan.