Ciri Batu Pirus Persia Asli Untuk Pemula

Mengetahui ciri batu pirus persia asli, sangat penting diketahui bagi anda pecinta batu permata. Hal ini dikarenakan banyak sekali pemalsu batu ini. Wajar hal itu terjadi, batu pirus menjadi salah satu batu permata yang paling banyak diminati di seluruh dunia. Anda dapat dengan mudah menemukan pirus palsu dijual di pedagang batu akik.

Jika pedagang tersebut jujur, tentu tidak menjadi masalah. Sayangnya, banyak pedagang batu akik yang menjual batu pirus palsu yang mempromosikan batunya sebagai pirus asli. Pada artikel ini saya akan mencoba membahas secara singkat tentang ciri batu pirus persia asli terutama untuk anda yang masih pemula.

Warna Batu Pirus Persia

Pirus persia terdiri dari 2 warna, yairu biru dan hijau. Mineral pirus memang ada yang berwarna putih dan kuning tetapi keduanya bukan berasal dari tambang batu di Persia (Iran).

Pirus Biru

Pirus berwarna biru sering dianggap sebagai pirus persia termahal karena keindahan yang dimilikinya. Pirus berwarna biru ini, biasanya berasal dari tambang di provinsi Nishapur, Iran. Seringkali, semua pirus berwarna biru disebut sebagai pirus biru persia. Terlepas, apakah pirus tersebut benar benar ditambang dari Iran atau bukan. Tambang batu pirus di Xinjiang, China juga menghasilkan batu pirus yang berwarna biru.

Pirus Hijau

Pirus dengan warna hijau semu biru (Greenish Blue) menjadi yang paling banyak beredar di pasaran. Ada juga pirus yang berwarna hijau alpukat yang merupakan hasil tambang puluhan tahun lalu. Sepengetahuan saya, deposit pirus persia berwarna hijau sudah kosong di tambang batu Iran. Untuk saat ini, tambang batu pirus yang berada di Xinjiang, Cina menjadi alternatif untuk suplai batu pirus berwarna hijau.

Gambar Pirus Xinjiang (kiri) dan Pirus Persia (kanan)

Dari segi kualitasnya, pirus Xinjiang juga banyak yang cukup baik.  Anda bisa lihat gambar diatas, pirus Xinjiang yang ada di bagian kiri tidak kalah bagus lah ya dibandingkan pirus persia yang ada di bagian kanan. Tentu itu semua tergantu preferensi masing-masing.

Serat Batu Pirus Persia

Serat batu pirus persia dianggap sebagai ciri utama untuk membedakannya dengan batu lainnya. Sayangnya, semakin canggihnya teknologi membuat batu pirus palsu yang beredar semakin mirip dengan aslinya. Ada juga jenis batu lain (variscite) yang memiliki serat yang mirip dengan batu pirus, sehingga di pasaran seringkali disebut sebagai pirus nevada.

Anda bisa menggamati 3 gambar batu pirus palsu dibawah ini dan nanti kita akan bandingkan dengan batu pirus yang asli.

Related Post

Gambar paling kiri merupakan batu variscite yang dikenal dengan nama dagang pirus nevada, gambar tengah merupakan imitasi dari pirus, sedangkan gambar paling kanan merupakan howlite dyed yang dikenal dengan nama pirus tibet.

Untuk pirus palsu yang tengah dan kiri, sudah jelas seratnya merupakan kreasi tangan manusia. Serat hanya ada di bagian permukaan saja, apabila digosok sedalam 1 mm maka keduanya akan berubah menjadi warna putih tanpa serat. Untuk batu paling kiri, merupakan batu asli tetapi bukan termasuk ke dalam golongan Turquoise.

Kesamaan dari ketiga batu pirus palsu tersebut adalah jika diraba dengan kuku di bagian seratnya maka terasa sama dengan disekitarnya. Sebagian besar serat pirus akan terasa berbeda dengan permukaan sekitarnya jika diraba dengan kuku. Hal itu disebabkan antara bagian serat dan permukaan lain dari batu pirus, merupakan jenis mineral yang berbeda.

Pirus persia sendiri, memiliki beberapa jenis serat, ada yang merupakan serat padas, serat perak dan serat urat. Mari kita amati empat gambar serat pirus persia dibawah ini.

Paling kiri merupakan pirus persia dengan serat padas, disebelahnya ada pirus berserat perak dan dua batu dari kanan merupakan jenis berserat urat. Batu pirus memang memiliki keanekaragaman dari jenis serat dan motif yang dimilikinya. Keanekaragaman tersebut justru menjadi salah satu ciri khas dari batu pirus persia yang membuatnya terlihat menarik.

Cek Massa Jenisnya

Satu hal lain yang bisa digunakan sebagai ciri batu pirus persia asli bagi pemula adalah di massa jenisnya. Setiap jenis batu memiliki massa jenis batu yang berbeda-beda sehingga ini bisa menjadi salah satu cara untuk identifikasinya. Batu pirus persia asli memiliki massa jenis antara 2.6 – 2.9.  Pirus nevada (Variscite) memiliki massa jenis antara 2.57 – 2.6, sedangkan pirus man made yang terbuat dari kaca memiliki massa jenis antara 2.50 – 2.56.

Massa jenis bisa anda dapatkan dengan cara membagi berat dengan volume batu tersebut. Pertama tama, timbanglah berat batu tersebut dengan timbangan digital. Kemudian anda bisa mendapatkan volume dengan memasukkan batu tersebut kedalam gelas ukur yang telah diisi dengan air.

Kesimpulan

Itulah 3 ciri utama dari batu pirus persia asli yang dapat dengan mudah didapatkan bagi pemula. Ketika batu yang anda cek telah memiliki ketiga ciri diatas, hampir dapat dipastikan bahwa batu tersebut adalah asli. Anda juga bisa bertanya kepada orang yang telah lama berkecimpung di dunia batu akik dan permata untuk mengecek apakah batu tersebut asli atau palsu.

Hanya saja, pastikan orang yang anda tanya tersebut jujur dan memiliki pengetahuan tentang batu. Seringkali saya menemukan orang yang mengaku berpengalaman tetapi ternyata pengetahuan tentang perbatuan yang dimilikinya minim. Maklum saja, banyak pedagang batu akik yang kurang jujur sehingga pengetahuan yang didapatkan mereka dari para pedagang itulah yang dimilikinya.

Categories: Koleksi