Jenis Batu Pirus Persia Termahal dan Harganya

Pirus persia merupakan salah satu batu akik dengan harga termahal dan paling dicari di Indonesia. Banyak sekali orang Indonesia yang menyukai batu ini. Penyebab kepopulerannya tidak hanya karena batu ini memiliki tampilan yang indah. Ada faktor kepercayaan juga yang menyebabkan pirus persia begitu menggoda untuk dibeli. Pada artikel ini saya akan membahas seperti apa batu pirus persia termahal itu ?

Penyebab Batu Pirus Persia Berhaga Mahal

Ada beberapa hal yang menyebabkan batu pirus persia menjadi salah satu yang termahal dan begitu banyak dicari di Indonesia. Penyebab batu pirus persia begitu dicari tersebut, diantaranya :

Kepercayaan Batu dari Timur Tengah Memiliki Tuah

Entah darimana datangnya kepercayaan ini, tetapi banyak orang di Indonesia yang mempercayai bahwa batu yang asalnya dari timur tengah memiliki tuah. Tak heran, banyak juga yang meyakini bahwa dengan memakai batu pirus dapat meningkatkan kharisma yang dimiliki pemakainya.

Kepercayaan itu tidak sepenuhnya salah juga, batu pirus memang dapat meningkatkan kharisma pemakainya. Akan tetapi kharisma itu hadir bukanlah karena tuah yang ada di batu pirus tersebut. Meningkatnya kharisma bagi pemakai pirus terjadi karena batu ini memiliki keindahan dan nilai jual yang tinggi. Sama seperti saat kita memakai jam tangan branded dengan harga mahal, tentu jam tersebut akan meningkatkan kharisma pemakainya.

Batu Unik dan Indah

Tidak perlu diragukan lagi, jikalau batu pirus persia grade A memiliki keindahan yang memukau. Terdapat beberapa jenis warna yang ada di batu pirus, ada yang berwarna hijau, biru toska, kuning, hitam dan putih. Untuk saat ini, pirus persia berwarna hijau dan biru toska menjadi yang paling banyak diminati.

Masalah serat dan motif juga menjadi salah satu yang mempengaruhi harga dari batu ini. Jenis pirus berserat emas menjadi batu yang memiliki nilai jual termahal untuk saat ini. Apalagi jika serat pada batu tersebut memiliki bentuk yang menyerupai gambar tertentu.

Langka

Pirus merupakan jenis mineral batu langka, hanya sedikit negara di dunia ini yang terdapat deposit pirus di dalamnya. Indonesia yang merupakan negara kaya akan kekayaan mineralnya saja tidak memiliki deposit batu ini lho. Apalagi, deposit terbesar batu pirus di dunia terdapat di Iran, yang saat ini sedang di embargo oleh negara-negara barat. Makin sulit lah para pedagang batu mendapatkan batu permata satu ini.

Terdapat tiga negara yang memiliki cadangan batu pirus berkualitas tinggi, yaitu di Iran (persia), Amerika (nevada) dan China (Xinjiang). Iran menjadi negara yang memiliki kemelimpahan batu pirus paling banyak di dunia. Berbicara tentang kualitasnya, pirus persia juga dianggap sebagai yang paling unggul. Tak heran, apabila dari segi harga batu pirus persia menjadi yang termahal.

6 Faktor yang Mempengaruhi Harga Pirus Persia

Faktor yang mempengaruhi harga pirus persia, mematuhi standar umum penilaian batu permata. Standar umum penilaian batu permata tersebut adalah warna, kejernihan, potongan dan berat. Selain keempat faktor diatas, kelangkaan motif juga menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi harga batu pirus. Tak mengherankan apabila pirus yang memiliki tingkat kemengkilapan yang rendah dan warna kurang tajam tetap berharga jual mahal ketika batu tersebut memiliki motif yang unik.

Faktor terakhir yang mempengaruhi harga jual batu pirus adalah treatment. Mayoritas batu pirus di pasaran telah diberikan treatment IMP yaitu pelapisan pada permukaan batu menggunakan zat tanpa warna. Pelapisan ini menyebabkan tampilan batu terlihat lebih mengkilap. Lapisan ini digunakan pula untuk menambal bolong dan crack yang terdapat pada batu pirus. Selain treatment IMP, banyak pula pirus yang diberikan penambahan warna (treatment dyed) untuk membuat tampilannya lebih menarik. Treatment yang diberikan kepada batu pirus ini, tentu akan membuat harga jualnya menjadi menurun.

Jenis Pirus Termahal dan Paling Diburu

Ada 3 jenis batu pirus persia yang paling banyak di buru para kolektor sehingga menyebabkan harganya menjadi mahal. Ketiga jenis batu pirus persia tersebut adalah :

Related Post

Batu Pirus Persia Urat Emas

Batu pirus dengan urat emas dianggap sebagai yang paling menarik dan unik. Banyak orang yang salah kaprah ketika menginginkan batu jenis ini. Dikiranya batu pirus persia serat emas itu memiliki serat yang warna emas, padahal tidak. Serat dari batu ini berwarna cokelat terang dan terlihat begitu indah dipadu dengan warna batu pirus disekitarnya.

Tak heran jikalau batu pirus urat emas kualitas standar saja bisa dibanderol dengan harga jutaan rupiah. Kualitas standar yang saya maksud adalah motifnya tidak mempunyai keunikan khusus dan masih diberikan treatment IMP. Untuk yang berkualitas super dan tanpa treatment lebih gila lagi harganya. Harganya bisa mencapai lebih dari 1 milyar rupiah per batunya dan sangat jarang sekali ditemukan di Indonesia.

Batu Pirus Persia Polos

Batu pirus persia polos tergolong sangat langka, sehingga wajar jika ia menjadi salah satu jenis termahal. Banyak orang yang beranggapan bahwa pirus yang berwarna polos juga terlihat lebih mewah. Perpaduannya dengan ring emas akan membuat pemakainya terlihat sangat berwibawa.

Ada 3 faktor utama yang mempengaruhi harga batu pirus persia polos. Ketiga faktor tersebut adalah ketajaman warna, ukuran batu dan treatment. Semakin tajam dan indah warna batu pirus polos tersebut maka akan semakin mahal harganya. Ukuran juga sangat mempengaruhi harga, mencari pirus polos berukuran besar sangatlah sulit sehingga wajar apabila harganya menjadi mahal. Treatment sangat mempengaruhi harga, apabila pirus tersebut tidak diberi treatment IMP maka harganya bisa naik lebih dari 10x lipat dibanding dengan pirus sejenis yang diberi treatment.

Batu Pirus Persia Serat Laba Laba

Jenis pirus persia termahal ini juga tergolong cukup langka. Apalagi jika anda mencari yang seratnya terlihat rapi seperti gambar diatas. Walaupun harganya pirus persia serat emas, anda tetap harus merogoh kocek jutaan rupiah jika menginginkan memiliki pirus jenis ini.

Apakah Pirus Persia Lebih Mahal dari Berlian ?

Langkanya batu pirus berkualitas tinggi, terutama yang tidak diberikan treatment apapun membuat harga jualnya semakin melambung. Apalagi, saat ini sebagian besar tambang batu pirus persia sudah mengering dan ditutup oleh pemerintah setempat. Hal ini membuat pasokan pirus persia berkualitas tinggi menjadi sangat minim untuk saat ini.

Langkanya jumlah pasokan baru batu pirus menyebabkan harga terkerek naik. Padahal peminat batu pirus di seluruh dunia terus meningkat tiap tahunnya. Pirus masih menjadi salah satu batu permata yang paling di minati di seluruh dunia. Tak heran jika pirus berkualitas tinggi saat ini harganya bisa lebih mahal dari berlian.

Dipelelangan batu permata elit luar negeri, seringkali perhiasan batu pirus terjual di angka ratusan ribu dollar Amerika. Tentunya batu pirus tersebut harus memiliki kualitas yang tinggi dan tidak diberikan treatment apapun untuk meningkatkan penampilannya.

Sebagian Besar Pirus Persia di Indonesia Berkualitas Rendah

Sebagian besar pirus persia yang beredar di Indonesia, merupakan pirus berkualitas rendah. Pirus tersebut sudah diberikan treatment untuk meningkatkan penampilannya. Lebih dari 99% pirus yang beredar di pasaran batu permata Indonesia telah diberikan treatment IMP. Ada juga yang diberikan selain diberikan treatment IMP diberikan pula treatment dyed (penambahan warna).

Tapi kamu jangan salah mengira pirus treatment IMP itu murah. Asalkan tampilannya menarik pirus dengan treatment IMP tersebut masih sering dijual dengan harga jutaan rupiah. Jadi anda tidak perlu malu ketika membeli pirus yang sudah di treatment IMP. Hanya saja, anda perlu menjaga agar pirus yang anda miliki tersebut tidak terkena panas berlebih. Polimer yang ditambahkan ke batu pirus dalam treatment IMP rawan rusak ketika terkena panas berlebih.

Categories: Koleksi