Categories: Koleksi

Jenis Batu Pirus Persia

Pirus merupakan salah satu batu permata yang banyak diburu di seluruh dunia. Warna dan seratnya yang unik membuat batu ini dianggap berharga. Dari sekian banyak pirus yang ada di dunia, jenis pirus persia lah yang dianggap paling terbaik.

Daerah Penghasil Pirus Persia

Daerah persia (saat ini disebut Iran) telah menjadi sumber utama batu pirus sejak 2.000 tahun lalu. Orang iran menamai batu ini dengan nama “Perozah” yang memiliki arti kemenangan. Dulunya batu pirus yang berwarna biru digunakan sebagai kubah istana kerajaan Persia. Warna birunya yang intens melambangkan surga di dunia.

Pirus berwarna biru ini ternyata dapat berubah menjadi hijau ketika terpapar panas dalam waktu yang lama sehingga terjadi dehidrasi. Daerah penghasil pirus terbesar di Iran terletak di Nishapur, dekat Ibukota Provinsi Khorasan, Iran. Terdapat juga penambangan pirus di Provinsi Semnan dan Kerman walaupun jumlahnya tidak sebesar di Nashapur.

Jenis Batu Pirus Persia

Batu pirus persia tertanya tidak hanya memiliki satu jenis saja, dimana kesemuanya memiliki keunikan tersendiri. Menurut Indogems, batu pirus persia dapat dibedakan ke dalam empat kelompok utama, yaitu :

Related Post

Pirus Badar Perak

Seperti namanya, jenis pirus ini memiliki serat yang menyerupai perak. Sebenarnya serat berwarna keperakan ini adalah besi yang terdapat di dalam batu pirus. Persia menjadi satu satunya daerah yang menghasilkan jenis batu pirus ini. Depositnya di negara tersebut masih cukup banyak, sehingga ketersediaannya di pasaran cukup melimpah. Hal itulah yang menyebabkan pirus badar perak memiliki harga yang relatif terjangkau. Anda bisa mendapatkan batu ini di Lapak Lulu yang terdapat di Bukalapak, Shopee dan Tokopedia dengan harga kurang dari 100 ribu rupiah.

Pirus Polos

Menjadi jenis batu pirus yang paling banyak diburu para kolektor di seluruh dunia. Hal itu disebabkan karena sulitnya untuk mendapatkan sebuah pirus yang tidak memiliki serat sama sekali. Apalagi jika batu pirus polos tersebut memiliki ukuran yang besar, anda perlu merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkannya.

Pirus Urat Emas

Banyak orang yang salah kaprah dengan jenis pirus persia ini, dikiranya batu ini memiliki serat yang berkilauan seperti emas. Padahal tidak seperti itu, batu pirus urat emas memiliki warna berwarna kecoklatan. Akibat kesalahan pengetahuan ini, banyak yang tertipu dengan batu pirus palsu yang dibuat memiliki serat berwarna keemasan.

Dari segi harga jualnya, pirus urat emas dihargai lebih tinggi dibandingkan yang berserat perak. Memang ada juga beredar di pasaran batu mulia yang berharga cukup ekonomis. biasanya bagian bawahnya penuh dengan padas dan atasnya flat. Tentu yang seperti itu kurang menarik jika dijadikan hiasan tangan anda.

Pirus Serat Laba-Laba

Jenis batu pirus persia ini memiliki serat yang berbentuk seperti sarang laba-laba. Ada yang seratnya berwarna hitam, merah dan coklat. Dimana serat yang berwarna coklat lah yang dianggap terbaik. Biasanya yang berserat hitamlah yang paling umum ditemukan di perdagangan batu mulia. Harga jualnya pun termasuk yang paling rendah dibandingkan dengan lainnya.