Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan

Prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan menjadi salah satu alasan mengapa anda perlu mempertimbangkan jurusan ini untuk kelanjutan studi anda. Siapa yang tidak ingin memiliki masa depan cerah? Ya, berkuliah di Universitas impian dan setelah lulus punya pekerjaan mapan.

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan Saat Ini?

Jurusan ekonomi pembangunan memang bukan merupakan salah satu jurusan yang banyak memiliki peminat. Hal itu tidak berarti bahwa jurusan ini tidak memilih prospek kerja yang bagus. Prospek kerja yang menjanjikan memang merupakan salah satu alasan memilih jurusan ekonomi pembangunan untuk kelanjutan studi anda.

Lulusan jurusan ini bisa mendapatkan posisi strategis saat bekerja di perusahaan atau lembaga lainnya. Lulusan dari jurusan ekonomi pembangunan ini berpeluang kerja di instansi pemerintah, lembaga negara, lembaga penelitian, organisasi publik, perbankan, BUMN, dan juga sektor swasta.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan?

Ya, jurusan ini secara spesifik akan mempelajari tentang  bagaimana ekonomi dan pembangunan dapat berjalan beriringan. Maka dari itu, lulusan dari jurusan ini diharapkan nantinya dapat menjadi seorang perencana di bidang ekonomi dan pembangunan yang turut membantu kesejahteraan negaranya.

Prospek Kerja Bagi Lulusan Ekonomi Pembangunan

Bagi kamu yang memilih jurusan ekonomi pembangunan ini, berarti kamu sudah menentukan pilihan yang tepat. Nah, berikut beberapa peluang kerja yang bisa kamu dapatkan :

Staf pengembangan dan penelitian

Sebagai lulusan ekonomi pembangunan, kamu bisa bergabung sebagai staf pengembangan dan penelitian di sebuah perusahaan atau lembaga lainnya. Bagi kamu yang menyukai penelitian atau semacamnya, peluang kerja satu ini sangat cocok untuk kamu lakukan. Jangan khawatir dengan gaji yang akan diberikan, sebagai staf pengembangan dan penelitian kamu akan mendapatkan gaji yang cukup tinggi sesuai dengan keahlianmu.

Business analyst

Selanjutnya yaitu business analyst. Jika kamu mengira pekerjaan ini hanya untuk lulusan manajemen, kamu salah. Lulusan dari jurusan ekonomi pembangunan pun memiliki prospek kerja di bidang analisis bisnis. Salah satu tugasmu nantinya adalah menganalisis perkembangan bisnis serta perilaku para konsumen. Gaji yang bisa kamu dapatkan juga cukup tinggi loh.

Credit analyst

Peluang kerja selanjutnya adalah sebagai credit analyst. Ya, seorang credit analyst ini salah satu tugasnya adalah menganalisis laporan keuangan dan inventaris perusahaan. Selain itu, kamu juga juga akan mengurusi tentang pedoman kelayakan kredit bagi para nasabah. Meskipun terlihat rumit, gaji menjadi seorang credit analyst ini tidak bisa diremehkan loh ya.

Aktuaris

Lulusan dari jurusan ekonomi pembangunan ini juga memiliki peluang menjadi seorang aktuaris. Pekerjaan ini cukup banyak memiliki peminat loh.  Menjadi seorang aktuaris salah satu tugasnya adalah melakukan proyeksi terhadap keuangan di perusahaan dalam jangka waktu pendek, menengah, hingga panjang. Gaji yang diberikan perusahaan kepada aktuaris juga terbilang sangat tinggi loh.

Pegawai instansi pemerintahan

Siapa nih yang ingin bekerja sebagai pegawai instansi pemerintahan? Nah, pas banget nih sebagai lulusan ekonomi pembangunan kamu bisa loh mendapatkan peluang kerja tersebut. Menjadi seorang pegawai pemerintahan tentunya kamu juga akan membuat kebijakan dan analisis terkait ekonomi serta pembangunan. Untuk persoalan gaji, kamu tidak perlu khawatir karena penghasilannya cukup menjanjikan.

Pegawai bank

Nah, peluang kerja lain bagi lulusan ekonomi pembangunan ini adalah pegawai bank. Ya, pekerjaan ini cocok banget bagi kamu yang tertarik di bidang keuangan. Namun, lulusan dari jurusan ini biasanya ditempatkan pada posisi back office. Seperti account officer, funding officer, dan juga auditor. Untuk besaran gaji, tidak perlu kamu tanyakan. Tentu gaji seorang pegawai bank swasta maupun milik pemerintah cukup tinggi.

Related Post

Juru taksir

Profesi selanjutnya yaitu juru taksir. Mungkin banyak dari kamu yang belum tahu pasti mengenai pekerjaan juru taksir ini. Ya, salah satu tugasnya adalah  menganalisis penjualan, melakukan perhitungan, dan juga studi pasar secara berkala. Nah, untuk menjadi seorang juru taksir yang profesional kamu perlu berlatih dengan giat. Sebab gaji yang diberikan untuk juru taksir ini juga tidak sedikit loh.

Dosen

Salah satu pekerjaan yang hampir diminati banyak lulusan dari berbagai jurusan adalah dosen. Ya, menjadi seorang dosen tentu harus memiliki bakat mengajar yang baik selain juga berpendidikan. Kamu bisa menjadi dosen untuk mengajar mata kuliah di jurusan ekonomi pembangunan. Gaji yang bisa kamu peroleh dari seorang dosen ini cukup bervariasi, namun jumlahnya juga tidak sedikit.

Akuntan

Bekerja menjadi seorang akuntan merupakan peluang lain bagi lulusan jurusan ekonomi pembangunan. Tugas dari seorang akuntan yaitu mulai dari menganalisis informasi keuangan dan membuat rencana laporan keuangan. Selain itu, kamu juga harus memiliki kemampuan mengoperasikan komputer ya. Menjadi seorang akuntan juga bisa mendapatkan gaji yang cukup tinggi loh.

Logistic analyst

Peluang kerja selanjutnya yaitu menjadi analis logistik. Ya, pekerjaan ini biasanya bertugas untuk menganalisis proses pengiriman barang. Selain itu, seorang analis logistik juga mengelola database informasi hingga menyiapkan laporan tentang kinerja logistik. Untuk masalah gaji, kamu tidak perlu cemas karena terbukti sangat menjanjikan.

Lembaga swadaya masyarakat

Apakah kamu tahu jika lembaga swadaya masyarakat membutuhkan tenaga kerja lulusan ekonomi pembangunan? Ya, lulusan dari jurusan tersebut sangat dibutuhkan LSM untuk menganalisa berbagai persoalan terkait industri pembangunan, ekonomi perbankan, dan seterusnya. Jadi, peluang kerja di lembaga swadaya masyarakat bagi lulusan ekonomi pembangunan sangat tinggi loh.

Karyawan perusahaan internasional

Peluang kerja menjanjikan lainnya datang dari perusahaan internasional. Yups, kamu bisa mengajukan surat lamaran untuk bekerja sebagai karyawan di perusahaan internasional. Lulusan ekonomi pembangunan saat ini sangat dibutuhkan bagi perusahaan besar apalagi perusahaan internasional. Untuk masalah gaji, kamu tidak perlu menanyakan hal tersebut. Tentu perusahaan bertaraf internasional memberikan gaji yang cukup besar bagi para karyawannya.

Budget analyst

Tugas dari seorang budget analyst ini adalah menganalisis anggaran dan mengatur keuangan agar lebih efektif dan menguntungkan. Ya, pekerjaan menjadi seorang budget analyst ini pasti dibutuhkan semua perusahaan atau lembaga baik pemerintah maupun swasta. Karena tugasnya yang cukup penting di sebuah instansi, gaji dari seorang budget analyst tidak perlu diragukan lagi.

Financial analyst

Berbeda dari budget analyst, seorang financial analyst bertugas untuk merencanakan keuangan secara umum. Nah, tugas dari financial analyst ini juga berperan penting dalam kemajuan suatu perusahaan atau lembaga. Gaji yang akan kamu peroleh juga sangat menjanjikan.

Pengusaha

Terakhir yaitu menjadi seorang pengusaha. Dengan kemampuan ekonomi pembangunan yang kamu miliki, tentu kamu akan menjadi seorang pengusaha handal di bidangnya. Ya, kamu dapat dengan mudah menganalisis bisnismu sendiri. Namun, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan tentu kamu harus bekerja keras lebih dulu.

Nah, itu tadi beberapa prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan yang memiliki gaji cukup tinggi. Bagaimana? Tertarik untuk memilih jurusan ekonomi pembangunan?