Batu Lapis Lazuli

Lapis lazuli merupakan batu yang terdiri dari beberapa mineral di dalamnya. Warna biru batu ini merupakan mineral lazurite, putih merupakan mineral calcite sedangkan serat logam di dalamnya merupakan mineral pyrite. Batu ini telah lama digunakan sebagai perhiasan dalam peradaban manusia. Tercatat batu lapis lazuli sudah digunakan manusia sebagai perhiasan sejak 6.500 tahun yang lalu.

Sejarah

Sejarawan percaya bahwa manusia telah menggunakan lapis lazuli sebagai perhiasan sejak lebih dari 6.500 tahun yang lalu. Batu permata itu ditemukan sebagai perhiasan di dalam peradaban kuno Mesopotamia, Mesir, Cina, Yunani, dan Romawi. Batu ini dianggap berharga karena warnanya yang cerah dan indah. Bahkan jaman dahulu kala, batu ini dianggap memiliki nilai jual setara safir dan pirus.

Badakhshan, sebuah provinsi di Afganistan merupakan sebuah gurun pegunungan tandus yang tidak ditumbuhi tanaman. Tinggi pegunungan ini mencapai 17.000 kaki diatas permukaan laut dan dipenuhi jurang berbahaya. Manusia yang ke Badakhshan, hanya mencari satu hal saja yaitu permata biru lapiz lazuli.

Penambangan batu lapis lazuli di Badakhshan telah dilakukan sejak tahun 700 SM. Ketika itu, Badakhshan masih menjadi bagian dari kerajaan Baktria. Hingga saat ini, penambangan batu masih di lakukan disana, yang menjadikan penambangan di Badakhshan sebagai yang tertua di dunia.

Selain di Afghanistan, lapis lazuli ditambang di beberapa negara lainnya. Chile, Rusia, Siberia, Pakistan dan Kanada merupakan negara lain yang memiliki tambang batu lapis lazuli. Hanya saja, hingga saat ini batu lapis lazuli berkualitas terbaik masih berasal dari pegunungan Afghanistan.

Ciri Khas Batu Lapis Lazuli

Batu lapis lazuli termasuk batu yang unik dan mudah sekali dibedakan dengan batuan lainnya. Ia merupakan kumpulan tiga mineral berbeda, yaitu lazurit, calcite dan pyrite. Lazurit merupakan mineral berwarna biru di dalam batu ini, sedangkan calcite merupakan mineral berwarna putih di dalamnya. Seringkali pada batu lapis terdapat bintik logam kuning berkilau (Pyrite).

Batu lapis lazuli biasanya tidak tembus cahaya ketika disenter (opaque), tetapi ada sebagian kecil yang semi translucent. Batu ini jika dipoles dengan baik dapat berkilau seperti kaca. Batu ini memiliki kekerasan antara 5 hingga 6 skala mohs, tergantung campuran mineral di dalamnya.

Related Post

Harga Jual Batu Lapis Lazuli

Dibandingkan masa lalu, harga jual batu lapis lazuli tergolong menurun. Dahulu, lazuli termasuk kedalam jenis batu akik termahal di dunia dengan nilai jual hampir sama dengan batu blue safir dan pirus persia, saat ini batu lapis lazuli tergolong permata kelas dua. Untuk batu lapis lazuli kualitas standar, anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari 50 ribu rupiah saja.

Harga jual batu lapis lazuli sangat tergantung dari kualitas batu tersebut. Kualitas dari batu lapis lazuli dapat dilihat dari warna, tingkat kilap, gosokan, gosokan dan treatment. Batu lapis lazuli yang didalamnya terdapat warna putih, memiliki harga jual yang relatif murah. Biasanya batu lapis lazuli yang banyak warna putihnya ini, di jual dengan harga sekitar 50-100 ribu per bijinya.

Batu lapis lazuli yang berwarna biru tua, dengan sedikit inklusi memiliki nilai jual yang mahal. Selain mahal, batu yang seperti ini juga sangat jarang ditemukan di pasaran batu permata. Tak heran, apabila harganya bisa mencapai jutaan rupiah untuk satu cincinnya.

Anda perlu berhati-hati ketika menemukan pedagang yang menjual batu lapis lazuli sangat murah. Banyak di shopee yang menjual batu lapis lazuli dengan harga 10-15 ribu rupiah saja. Hanya saja, batu lapis lazuli ini memiliki warna biru yang dihasilkan dari treatment Dyed. Ketika anda gosok ulang warna biru pada batu ini akan memudar. Biasanya, warna biru treatment dyed ini juga akan luntur dalam waktu 1 tahun.

Jika anda menginginkan lapis lazuli murah dengan kualitas relatif bagus maka anda bisa mengunjungi toko lapak lulu di Shopee. Disana anda dapat menemukan batu lapis lazuli dengan harga 60-80 ribu rupiah saja. Walaupun murah, lapis lazuli yang dijual di lapak lulu berkualitas cukup baik dengan warna biru alami. Mereka juga menyertakan Memo di setiap pembeliannya.

Lapis Lazuli Termahal

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, lapis lazuli termahal adalah yang memiliki warna biru tua dan minim inklusi. Semakin bagus warna biru yang dimilikinya dan semakin sedikit inklusi maka semakin mahal harganya.

Jika kita lihat di Ebay, lapis lazuli berkualitas tinggi ini banyak dijual hingga ribuan dollar amerika (puluhan juta rupiah). Di Indonesia, terdapat satu penjual yang mengkhususkan dalam penjualan lazuli berkualitas tinggi. Bagi anda yang menginginkan batu lapis lazuli berkualitas tinggi, anda bisa membelinya di Toko Husseini Lapis Lazuli yang berada di pasar rawa bening, Jakarta Timur.

Categories: Koleksi