Jenis Batu Akik Termahal

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai batu akik termahal. Masyarakat banyak yang menganggap bahwa batu mulia sama dengan batu akik. Padahal keduanya berbeda. Akik digunakan untuk menamakan sebuau batu cincin dengan kekerasan 7 skala mohs kebawah. Jika kekerasan suatu jenis batu telah melebihi 7 skala mohs maka tidak lagi disebut akik tetapi batu mulia.

Di negara-negara asia, batu akik seringkali dikait-kaitkan dengan misteri dan mitos. Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa ada kekuatan yang luar biasa besarnya yang terdapat dalam sebuah batu akik. Selain dianggap menyimpan energi yang luar biasa besarnya, akik juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, baik itu penyakit medis maupun non medis (seperti sihir, santet dan sebagainya). Sayangnya mitos tersebut tidak dapat dibuktikan secara ilmiah dan hanya merupakan tipu daya setan saja, jangan ikutan mempercayai mitos tersebut karena bisa membuat anda terjebak kedalam kesyirikan.

Jenis Batu Akik Termahal

Batu akik pada pernah booming di Indonesia, khususnya pada sekitar tahun 2012-2013. Setelah itu harga batu akik memang menurun tetapi ada beberapa jenis batu akik yang harga tetap mahal. Berikut ini akan saya lampirkan beberapa jenis batu akik termahal yang ada di Indonesia.

1. Batu Akik Gambar

Semua jenis batu akik yang memiliki sebuah motif atau pola yang menyerupai suatu benda atau makhluk masuk kedalam kategori ini. Batu akik gambar ini memiliki harga yang bervariasi tergantung dari gambar dan motifnya. Jenis yang termahal adalah yang memiliki warna lebih dari 5 macam (pancawarna) dan gambar yang ada didalamnya memiliki tingkat kemiripan dan kekompleksan yang tinggi.

Akik gambar hingga saat ini merupakan jenis batu akik termahal, kekompleksan gambar yang ada di dalamnya membuat tidak ada batu lain yang memiliki motif sama persis dengannya. Selain itu, persediaannya yang sedikit jika dibandingkan jumlah permintaannya yang banyak menjadi faktor lain yang membuat harganya menjadi tinggi. Banyak kolektor yang memburu jenis batu akik ini, bahkan saat hancurnya perekonomian Indonesia akibat pandemi corona saat ini, harga batu akik gambar tidak turun.

2. Batu Hijau Garut

Batu hijau garut alias Chrysoprase Chalcedony mulai populer di awal tahun 2000an. Pada kala itu, ia belum menjadi salah satu jenis batu akik termahal. Hijau garut kualitas kristal dikala itu masih dapat dibeli dengan harga kurang dari 300 ribu rupiah per bijinya untuk ukuran kantoran. Hal itu berbeda dengan sekarang dimana batu hijau garut ukuran kantoran yang sudah kristal harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Bahkan untuk yang kualitas baru asal tembus saja saat ini dijual dengan harga ratusan ribu, itupun sebenarnya sudah turun jauh dibandingkan saat booming batu akik.

Batu hijau garut merupakan salah satu jenis batu kalsedon yang didalamnya terdapat cryptocrystalline dan nikel. Warnanya bervariasi dari yang hijau muda, hijau apel, hijau tua hingga yang berwarna toska. Saat ini jenis batu yang termahal adalah yang berwarna hijau tua dan hijau toska. Keduanya saat ini sudah sangat langka jumlahnya dan menjadi incaran para kolektor, baik dari dalam maupun luar negeri.

3. Batu Bacan

Jenis batu akik ini menjadi terkenal dan berharga mahal dikarenakan pada tahun 2010an presiden Indonesia kala itu, Bapak Susilo Bambang Yudono menghadiahkan batu ini kepada presiden Amerika Serikat Barrack Obama. Sejak saat itu, nama bacan menjadi terkenal dan diburu para pecinta batu akik. Apalagi dengan gembor-gembor bahwa harga batu bacan akan selalu naik dan akan menjadi jenis batu akik termahal di dunia, membuat para penggila batu pada saat itu memborong bacan sebagai sarana investasinya.

Sayangnya, gembar-gembor itu tidak terbukti dan sekitar tahun 2017 harga batu ini menjadi turun drastis. Walaupun begitu, batu bacan tetap menjadi salah satu jenis batu akik termahal saat ini. Batu bacan ukuran kantoran dengan kualitas top harganya masih berkisar antara 2 hingga 5 juta rupiah. Batu ini memang memiliki warna yang menyejukkan, saya sendiri mengakui dengan melihat warna hijau toska yang ada di bacan membuat hati saya menjadi lebih tenang.

4. Batu Sungai Dareh

Masih ingat kah anda pada sekitar tahun 2012 ada seorang kolektor dari Korea yang membeli sebuah batu sungai dareh kristal seharga 2 milyar? Pada tahun 2012 hingga 2015 batu sungai dareh mengalami masa paling cemerlangnya. Batu ini begitu diburu para pecinta batu, bahkan yang berkualitas kurang baik pun tetap dikoleksi. Saat ini batu sungai dareh memang sudah tidak terlalu top seperti dahulu kala. Akan tetapi karena kelangkaannnya, batu sungai dareh yang berkualitas top masih memiliki harga yang tinggi. Batu sungai dareh kumbang jati kristal dengan totol yag rapi dan cantik masih diburu para kolektor, ia di pasaran masih berharga puluhan juta rupiah untuk yang ukuran jumbo.

5. Batu Yaman

Batu yaman adalah batu calcedony yang berasal dari negeri yaman. Batu yaman yang paling mahal adalah batu yaman wulung, karena diduga kuat batu ini dipakai oleh nabi besar Muhammad s.a.w sehingga memakainya dianggap merupakan salah satu sunnah rasul. Dari dulu kala batu yaman wulung diburu oleh banyak orang, sehingga harganya menjadi stabil mahal. Bahkan, banyak juga ya memalsu batu ini. Batu palsu ini merupakan batu calcedon yang dicelup dengan tinta hitam sehingga seolah-olah seperti yaman wulung. Tapi tentu saja warna hitam akibat pewarnaan itu tidak permanen sehingga akan merugikan pemburi.

6. Kecubung

Diseluruh dunia, batu kecubung yang memiliki harga termahal adalah batu yang berasal dari Rusia. Batu kecubung rusia ini memiliki semburat kemerahan dibalik warna ungu kecubung. Batu kecubung rusia di pelalangan batu akik internasional harganya bisa mencapai puluhan milyaran rupiah. Kita sebagai orang Indonesia memang mungkin akan kesulitan untuk membeli batu kecubung rusia ini. Tetapi tenang, ternyata batu kecubung berkualitas tinggi yang berasal dari Kalimantan memiliki warna yang mirip seperti kecubung yang berasal dari Rusia. Kecubung Kalimantan ada yang memiliki semburat kemerahan dibalik warna ungunya, sehingga terlihat sangat mempesona. Apalagi harga kecubung kalimantan berkualitas bagus ini jauh lebih murah, walaupun harganya tetap diatas sejuta rupiah.

7. Kalimaya

Kalimaya merupakan jenis batu akik yang menjadi maskot provinsi Banten. Diseluruh dunia hanya ada 4 tempat yang memiliki cadangan batu kalimaya, yaitu Banten, Wollo (Ethiopia), Andamooka (Australia) dan Nevada (Amerika). Produsen paling banyak batu ini berasal dari Australia, diperkirakan 95% dari kalimaya yang ada di dunia berasal dari negeri kangguru tersebut. Sedangkan kalimaya banten jumlahnya tidak sampai 1% dari total produksi dunia, penyebabnya adalah penambangan yang masih tradisional dan karena cadangan opal di banten memang sangat sedikit jumlah. Batu ini menjadi berharga mahal karena adanya semburat cahaya warna warni atau dalam bahasa indonesianya jarang yang ada didalam batu ini. Saat ini batu kalimaya berukuran kantoran dan berkualitas bagus harganya masih jutaan rupiah.

8. Biduri Bulan

Mungkin masih banyak yang menganggap remeh batu biduri bulan. Padahal sebenarnya batu ini merupakan salah satu jenis batu akik termahal. Batu biduri bulan dari srilangka yang berukuran 1 cm saja harganya mencapai ratusan ribu rupiah. Jika ukurannya sudah 2 cm (kantoran), harganya sudah mencapai puluhan juta rupiah dan sangat jarang bisa ditemukan di Indonesia. Mahalnya batu ini karena tingginya permintaan akan batu biduri bulan di seluruh dunia. Apalagi persediaannya hanya ada di Sri Langka dan India. Walau begitu, batu biduri bulan yang berasal dari India memiliki kualitas jauh dibawah yang berasal dari Sri Langka sehingga harganya jauh berbeda juga.