Burung Kolibri Manggar

Burung Kolibri Manggar merupakan salah satu jenis burung pemakan madu yang banyak dipelihara pecinta burung kicau Indonesia. Hal itu tidak bisa dilepaskan dari kicauan merdu yang dimiliki oleh burung yang bernama latin Anthreptes malacensis ini. Burung ini banyak ditemukan di Indonesia, walaupun populasinya terus berkurang setiap tahunnya.

Penyebab berkurangnya populasi burung kolibri manggar tidak lain karena banyaknya pecinta burung yang ingin memeliharanya sehingga perburuan akan spesies burung kolibri ini menjadi semakin merajalela. Jika terus dibiarkan, bisa jadi burung ini di waktu mendatang menjadi salah satu burung yang terancam kepunahan. Kita bisa melihat fenomena yang mirip terjadi pada burung kicau lainnya seperti cucak rowo, jalak bali dan jalak suren. Ketiga burung kicau ini populasinya terancam punah diakibatkan banyaknya perburuan kepada mereka untuk dijadikan burung kicau peliharaan, akibatnya saat ini ketiga burung tersebut masuk kedalam jenis burung yang dilindungi di Indonesia.

Ciri – Ciri

Burung kolibri manggar termasuk ke dalam burung yang memiliki ukuran sedang dengan panjang sekitar 14 cm dan berat 7,4 hingga 13,5 gram. Burung ini memiliki paruh yang panjang sama seperti burung pemakan madu lainnya, dengan paruh yang panjang tersebut burung ini bisa mengambil nektar yang ada di dalam bunga. Dibandingkan jenis burung pemakan madu lainnya, paruh kolibri manggar termasuk cukup tebal dan terlihat kokoh.

Ciri lain dari burung ini ada pada lehernya yang berwarna kecoklatan, dimana pejantan biasanya memiliki leher yang lebih gelap dibandingkan betinanya. Burung pejantan di bagian atas tubuhnya berwarna hijau dan ungu, sedangkan dibagian sayap dan scapularnya berwarna kecokleatan. Pada burung betina bagian atas tubuhnya berwarna hijau zaitun, sedangkan bagian bawah tubuhnya berwarna kekuningan.

Related Post

Burung ini memiliki suara kicauan yang bernada tinggi dan melengking, secara alami burung ini juga akan berkicau dalam waktu yang relatif lama. Apalagi jika burung tersebut melihat burung kolibri manggar lain yang ada di dekatnya, ia akan berkicau secara terus menerus dan bersahut-sahutan. Gacornya burung ini juga membuat banyaknya pecinta burung kicau yang menikmati suara kicauan yang dimilikinya.

Jika kita mendengarkan suara kicauannya dengan seksama, terdengar bahwa kolibri manggar memiliki dua jenis suara kicauan yang akan diulanginya secara terus menerus. Jika ia sedang bersemangat, burung ini akan berkicau dengan nada tinggi “twit twit twit” sedangkan ketika sedang dalam keadaan biasa ataupun lesu maka ia akan berkicau dengan nada rendah ” wiciuw wiciuw wiciuw”.

Makanan Burung Kolibri Manggar

Makanan utama burung kolibri manggar adalah nektar yang ada pada bunga, akan tetapi itu bukanlah jenis makanan satu – satunya burung ini. Kolibri Manggar juga memakan buah berukuran kecil, misalnya saja strawberry, blueberry dan anggur. Ketika sudah memasuki remaja, burung ini juga bisa diberi makan serangga kecil seperti jangkrik. Oleh karena itu, anda tidak akan kesulitan dalam menyediakan makanan ketika memelihara burung manggar di rumah anda.

Harga Burung Kolibri Manggar

Meskipun memiliki bentuk tubuh dan kicauan yang indah, kolibri manggar memiliki harga yang tergolong murah. Hal itu tidak bisa dilepaskan dari populasi burung ini yang tergolong banyak di alam, sehingga orang tidak perlu melakukan budidaya burung ini dan tinggal menangkapnya di alam. Satu ekor burung pejantan biasanya dihargai sekitar 200 hingga 300 rupiah untuk kualitas standar, sedangkan jika telah menjuarai kontes harganya bisa naik hingga mencapai jutaan rupiah. Burung betina memiliki harga yang relatif murah dan jarang diminati karena kicauan dan warna tubuhnya yang tergolong kurang menarik, biasanya burung betina tersebut hanya dihargai sekitar 50 hingga 100 ribu rupiah saja.

Categories: Hewan