Categories: Tanaman

Bunga Nasional Malaysia

Malaysia memiliki sebuah bunga nasional yang disebutnya sebagai bungai raya. Bunga raya ini adalah Hibiscus rosasinensis yang merupakan tanaman anggota suku Malvaceae. Tanaman ini didalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama Tanaman kembang sepatu. Bunga kembang sepatu ini di Malaysia menjadi simbol cinta didalam kelahiran bangsa Malaysia.

Tentang Bunga Nasional Malaysia

Seperti yang telah saya tulis diatas, bunga nasional malaysia adalah bunga raya. Ia disahkan menjadi bunga nasional negara bekas jajahan Inggris tersebut pada tahun 1960. Tanaman ini memang sejak dulu kala telah banyak ditanam oleh penduduk Malaysia, khususnya orang keturunan Cina disana.

Bunga raya merupakan tanaman semak yang berasal dari asia timur dan banyak dijadikan sebagai tanaman hias khususnya di negara-negara ASEAN. Bunga ini termasuk ke dalam kelompok bunga lengkap karena memiliki bagian utama (putik dan benang sari) serta bagian aksesoris (mahkota dan kelopak bunga sebagai perhiasan serta dasar bunga dan tangkai bunga).

Ia memiliki mahkota bunga (petal dan corolla) yang berwarna warni dan beraroma. Hanya saja, hanya varietas yang berwarna merah sajalah yang dijadikan bunga nasional Malaysia. Sedangkan varietas Hibiscus rosasinensis yang berwarna kuning dijadikan sebagai bungai nasional negara Korea Selatan.

Daun mahkota yang berwarna-warni ini merupakan perhiasan bunga yang berfungsi untuk menarik serangga supaya mau membantunya untuk melakukan penyerukan. Di daun mahkotanya ini terdapat banyak sel parenkimatis (mesofil) yang terletak di antara bagian epidermis bawah dan atas.

Bunga ini memiliki 5 buah putik yang berwarna sama dengan mahkota bunganya dan kepala putiknya terurai keluar bunga. Benang sarinya berwarna kuning berjumlah lebih dari 10, letaknya berada di bawah kepala putik. Oleh karenanya, tanaman ini membutuhkan bantuan serangga atau burung pemakan nektar untuk melakukan penyerbukan.

Sejarah Bunga Nasional Malaysia

Pada tahun 1958, setahun setelah malaysia Merdeka, Kementrian Pertanian Malaysia membuat sebuah proposal tentang bunga nasional untuk semua negara bagian Malaysia. Tujuh bunga diusulkan sebagai bunga nasional Malaysia, yaitu kembang sepatu (bunga raya), ylang ylang (bunga kenanga), jasmine (bunga melati), magnolia (bunga cempaka) dan medlar (bunga mawar).

Orang-orang yang tinggal di bagian timur Malaysia lebih menyukai mawar, sedangkan yang tinggal di Malaysia bagian barat lebih memilih melati. Setelah mempertimbangkan dengan cermat, maka Perdana Mentri Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj memutuskan bahwa bunga kembang sepatu sebagai bunga nasional Malaysia pada tahun 1960.

Related Post

Warna merahnya yang menonjol dianggap melambangkan keberanian dan vitalitas orang Malaysia. Lima kelopak bunga yang dimilikinya juga cocok dengan lima prinsip Rukun Negara Malaysia. Terlepas dari alasan-alasan tersebut, bunga ini memang banyak ditanam di seluruh penjuru Malaysia, mekar sepanjang tahun dan menghiasi banyak pagar rumah penduduk.

Fakta Menarik Bunga Raya

Ada beberapa fakta menarik yang dimiliki bunga raya, yang mungkin belum anda ketahui. Beberapa fakta menarik dari bunga nasional Malaysia ini adalah sebagai berikut :

1. Dapat digunakan untuk memoles sepatu.
Jika anda kehabisan semir sepatu padahal anda hendak menghadiri sebuah acara penting, jangan khawatir, bunga raya ada disini! Gosokkan kelopak bunga ini ke sepatu kulit anda dan sepatu anda akan terlihat mengkilap seolah-olah anda memakai sebuah sepatu baru. Mungkin karena itulah tanaman ini di Indonesia disebut sebagai kembang sepatu.

2. Terdiri dari 15-30% asam nabati
Di Malaysia karena kandungan asamnya yang tinggi ini, seperti asam sitrat, asam tartarat, asam malat dan asam hibiscus membuatnya dijadikan teh tart di Malaysia. Kandungan asamnya yang tinggi ini tidak akan mengganggu kesehatan manusia

3. Lebah dan kupu-kupu sangat menyukainya
Jika anda mengunjungi Entopia Butterfly Farm di Penang, anda akan melihat bahwa kupu-kupu akan berbondong-bondong ke bunga kembang sepatu untuk menghisap nektarnya. Lebah juga sangat menyukai nektar dari bunga ini, pernah ada penelitian yang menunjukkan bahwa lebah dan kupu-kupu lebih menyukai nektar dari bunga ini dibandingkan jenis bunga lainnya. Burung nektarivora, seperti kolibri diketahui juga memakan nektar bunga ini secara teratur.

4. Dapat digunakan sebagai obat tradisional
Bunga ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional di Cina dan India. Akarnya juga dapat dimanfaatkan sebagai herbal yang bermanfaat mengatasi kerontokan rambut, batuk berlebihan dan kutu rambut. Sebuah penelitian terbaru telah membuktikan bahwa bunga kembang sepatu dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolestrol. Selain itu, ia juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan karena pengaruhnya terhadap metabolise manusia.

5. Digunakan untuk menandakan bahwa anda bisa dinikahi
Jika anda wanita jomblo dan ingin untuk dinikahi di Tahiti atau Hawai, anda dapat menaruh bunga ini di belakang telinga kanan anda. Hal itu menandakan bahwa anda sedang single dan siap untuk dinikahi disana. Biasanya jika seperti itu akan ada pria dan bahkan mungkin datang bergerombol yang mendatangi anda untuk mengajak menikah. Tentu itu juga tergantung dari penampilan anda. Jika anda sudah menikah atau tidak ingin mencari pasangan disana, anda juga dapat menggunakan bunga kembang sepatu tetapi pastikan anda memakainya dibelakang telinga kiri anda.

Itulah artikel singkat mengenai bunga nasional Malaysia ini, anda juga dapat membaca mengenai bunga nasional 10 negara ASEAN lainnya.