Categories: Tanaman

Bunga Nasional Singapura

Anggrek Vanda Miss Joaquim merupakan tanaman bunga yang dijadikan sebagai bunga nasional Singapura. Hal itu sesuai dengan keputusan Mentri Kebudayaan Singapura S. Dhanabalan pada tanggal 15 April 1981. Anggrek vanda Miss Joaquim merupakan tanaman hibrid hasil persilangan dari spesies Vanda teres dengan Vanda hookeriana. Jika anda berkunjung ke Singapura, anda akan dengan muda menemukan tanaman ini ditanam di sekitar fasilitas umum, taman dan tempat-tempat lain yang mudah terlihat. Kehadiran tanaman anggrek ini memberikan suasana lain bagi Singapura.

Sejarah Bunga Nasional Singapura

Keputusan pemerintah Singapura untuk memiliki sebuah bunga nasional menjadi sebuah upaya untuk menumbuhkan kebanggaan bagi rakyat Singapura. Pada awalnya terdapat 40 bunga (dimana 30 bunga merupakan spesies anggrek) yang akan dipilih untuk dijadikan Bunga Nasional Singapura. Barulah kemudian akhirnya diputuskan bahwa anggrek Vanda Miss Joaquim terpilih sebagai bunga yang akan dijadikan sebagai bunga nasional negara tersebut.

Pemilihan anggrek ini sebagai bunga nasional singapura bukanlah tanpa masalah. Nama “Miss Joaquim” memicu beberapa masalah mengenai asal tanaman hibrida ini. Dikatakan bahwa direkut pertama Singapore Botanic Garden pada tahun 1893 yang menanamai anggrei tersebut denga nama Agnes Joaquim. Namun, ada catatan lain yang menyebutkan bahwa bunga ini sebenarnya disilangkan dan ditemukan oleh seorang ahli anggrek bernama Agnes Joaquim.

Sigapura menjadi satu-satunya negara didunia yang memilih bunga hibrida sebagai bunga nasionalnya. Alasan pemilihan jenis bunga anggrek vanda ini dikarenakan bunganya memiliki warna dan daya tahan yang sangat baik, kualitas bunga ini dianggap mencerminkan semangat orang Singapura. Selain itu, mengingat bahwa ia merupakan tanaman hibrida, dianggap mewakili sifat rakyat Singapura yang terdiri dari banyak etnis dan ras yang hidup bersama dalam harmoni. Semangat hidup harmonis walaupun berbeda etnis ini merupakan suatu hal yang luar biasa dan orang Singapura berpendapat bahwa sifat hibrid dari anggrek Miss Joaquim merupakan suatu hal yang sempurna untuk melambangkannya.

Bentuk Bunga

Anggrek Vanda Miss Joaquim merupakan anggrek hasil persilangan Vanda hookerana dan Vanda teres. Ia memiliki sifat perbungaan yang kuat, dalam satu tanaman terdapat hingga dua belas tunas bunga. Biasanya dalam suatu waktu, terdapat 4 bunga yang mekar secara bersamaan. Bunganya berdiameter sekitar 5 cm dan tingginya 6 cm. Kelopak bunganya seperti dipilin sedemikian rupa sehingga permukaan belakangnya menghadap ke depan.

Related Post

Dua kelopak dan satu sepal bagian atas berwarna ungu kemerahan, sepasang sepal yang bersebalahan di bagian bawah berwarna ungu pucat dan 2 kelopak d bagian bawah bunganya berwarna putih. Bibir bunganya berukuran besar dan terlihat seperti kipas berwarna ungu dengan semburat oranye. Warnanya menjadi kontras dan terlihat indah dengan bagian tengahnya yang berwarna gelap.

Tanaman ini sangat menyukai terkena sinar matahari langsung serta membutuhkan pemupukan secara rutin dan udara dengan kelembapan tinggi . Batangnya membutuhkan penyangga agar bisa tumbuh lurus keatas. Bunga akan mulai muncul dan mekar saat batangnya telah berukuran 40 – 50 cm.

Desakan Untuk Mengganti Bunga Nasional Singapura

Terlepas dari popularitas dan daya tarik anggrek Vanda Miss Joaquim yang tersebar luas sebagai bunga nasional Singapura, banyak yang berpikir bahwa sudat saatnya Singapur mengubah bunga nasionalnya. Singapura saat ini sudah tidak sama dengan yang terjadi pada tahun 1981, sehingga mungkin sudah saatnya untuk mengubah bunga nasional Singapura dan memberikan tanaman bunga cantik lain kesempatan untuk mewakili negara Singapura saat ini.

Singapura yang kita kenal sekarang sudah tidak heterogen seperti pada tahun 80an. Hampir semua penduduknya saat ini hidup dengan dipengaruhi budaya barat dan Cina. Tidak perlu ditanyakan lagi, bahwa budaya cina menguasai cara hidup penduduk Singapura. Memang negara ini masih terdiri dari beragam etnis yang tinggal, bekerja dan membesarkan keluarga mereka disini. Hanya saja budaya etnis lain sudah tak lagi terlihat di negara ini.

Oleh karena itu, sebaiknya dilakukan pemilihan bunga baru untuk mewakili Singapura. Beberapa hal yang dapat melambangkan Singapura yang sekarang adalah :

  1. Kompetitif
    Banyak orang asing yang datang ke Singapura menemukan bahwa adanya sifat berkompetisi disini, terutama dalam dunia usaha. Singapura mungkin dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk meningkatkan karir. Tetapi, jika anda tidak melakukan pekerjaan anda dengan baik dan cepat beradaptasi, seseorang dapat dengan mudah mengambil pekerjaan anda.
  2. Cinta dan Gairah
    Dapat dengan mudah dikatakan bahwa orang-orang yang tinggal di Singapura, baik penduduk lokal maupun pendatang memiliki semangat terhadap sesuatu. Apakah mereka bersemangat dengan pekerjaan, uang, liburan, kesehatan atau hal-hal lain dalam hidupnya. Anggrek Vanda Miss Joaquin sama sekali tidak mewakili cinta atau gairah.
  3. Inovasi
    Singapura adalah salah satu negara paling maju di dunia. Disini banyak inovasi dalam teknologi dan banyak bidang lainnya. Di Singapura terdapat beberapa rumah sakit terbaik didunia, kantor pusat keuangan, restoran terbaik dan banyak lagi lainnya yang dapat ditemukan di negara ini. Ini menandakan bahwa di negara ini banyak terdapat inovasi terbaru setiap tahunnya, yang terjadi karena sifat kompetitif mereka.