Categories: Tanaman

Bonsai Termahal di Dunia Beserta Harganya

Sebagai tanaman hias, harga bonsai tergolong selalu stabil di setiap tahunnya. Bonsai yang termahal adalah yang memiliki bentuk unik serta umur yang relatif tua. Di Indonesia, biasanya bonsai yang berharga mahal ini adalah yang terbuat dari beringin. Hal tersebut dikarenakan selain bonsai beringin sudah memiliki nama besar, waktu yang dibutuhkan untuk membuat bonsai ini sangatlah lama. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bonsai termahal di dunia beserta tampilannya.

5 Bonsai Termahal di Dunia

Bonsai merupakan sebuah karya seni yang membutuhkan ketekunan selama bertahun-tahun. Bahkan ada banyak bonsai yang umurnya mencapai ratusan tahun lamanya. Karena waktu yang dibutuhkan untuk membuat karya seni ini, maka wajar saja jika harga sebuah bonsai bisa sangat mahal. Berdasarkan data yang saya dapatkan, bonsai termahal di dunia yang pernah terjual harganya 1,3 juta dollar amerika atau jika dirupiahkan sekitar 19,5 milyar rupiah.

Bagi kita yang orang biasa, nominal segitu memang sangat besar nilainya. Akan tetapi sebenarnya ada banyak sekali bonsai yang telah ditawar lebih dari itu, hanya saja para pemiliknya enggan menjualnya. Berikut ini akan saya tampilkan 5 bonsai termahal yang ada di dunia.

1. Bonsai Pinus Seharga 1,3 Juta Dollar

Saat ini bonsai pinus yang berumur lebih satu abad ini menjadi pemegang rekor bonsai termahal yang pernah terjual di dunia. Bonsai ini terjual pada International Bonsai Convention di Takamatsu, Jepang pada tahun 2012. Terlepas dari umurnya yang tua dan daunnya yang lumayan lebat, bonsai pinus ini menurut saya tidak terlalu spesial.

2. Bonsai Cemara Ezomatsu

Ezomatsu merupakan salah satu jenis pohon cemara yang populerdi Jepang. Bonsai cemara ezomatsu ini memiliki umur yang sangat panjang dan bahkan ia telah dibuat sebelum belanda menjajah negeri kita. Bonsai ini umurnya saat ini telah lebih dari 800 tahun lamanya, ia telah dibuat oleh beberapa puluhan generasi di jepang.

Sekarang, bonsai ezommatsu ini menjadi salah satu yang dikoleksi oleh Akiei Funayama, seorang kolektor dari Jepang. Ia membeli bonsai ini pada tahun 2017 seharga 1 juta Dollar Amerika, atau jika dirupiahkan sekitar 150 milyar rupiah.

3. Hiryu Flying Dragon

Bonsai yang dinamakan Hiryu flying dragon memiliki bentuk yang sangat menarik, sehingga banyak kolektor yang telah menawarnya. Pohon ini diperkirakan umurnya sekitar seribu tahun lamanya dan merupakan salah satu bonsai yang dianggap paling berharga oleh asosiasi bonsai jepang. Pohon yang menjadi cikal bakal bonsai ini pertama kali ditemukan oleh pecinta bonsai bernama Naoji Itodi pegunungan Itoigawa. Setelah melalui proses perawatan selama hampir 40 tahun lamanya, akhirnya jadilah bentuk yang sangat mengagumkan ini. Hiryu Flying Dragon pernah ditawar seharga 5 juta Dollar Amerika oleh seorang kolektor dari negara Eropa, akan tetapi sang pemilik masih bersikukuh untuk tidak menjualnya.

Related Post

4. Bonsai yang Selamat dari Bom Atom Jepang

Bonsai pinus hitam yang sangat terkenal di jepang, hal itu dikarenakan tanaman ini selamat dari bom atom Hiroshima. Pohon ini berada hanya 3 km dari titik pusat ledakan dan selamat akibat terlindung dari dinding yang ada di sekelilingnya. Akibat sejarah yang ada di bonsai pinus ini, banyak museum dan kolektor yang menawarnya dengan nominal jutaan Dollar Amerika. Akan tetapi hingga saat ini tanaman ini belum terjual dan kabarnya sang pemilik justru akan menyumbangkannya ke museum yang ada di Jepang secara cuma-cuma.

5. Million Dollar Bonsai

Sesuai dengan namanya, bonsai yang berumur sekitar 600 tahun ini memiliki harga sekitar 1 juta Dollar Amerika. Umur tanaman yang sudah sangat tua membuat tanaman ini menjadi salah satu bonsai tertua yang ada di dunia. Saat ini, pohon ini dimiliki oleh salah seorang kolektor dari Jepang. Guratan pada batang utama tanaman ini memperlihatkan seberapa tua ia telah bertahan hidup.

Bonsai Lain dengan Tampilan Menawan

Meskipun belum diketahui banderolnya, bonsai berikut ini memiliki tampilan yang luar biasa indah sehingga tak kalah dari bonsai termahal di atas. Mereka adalah para juara kontes bonsai yang berasal dari seluruh dunia. Tentu para pemiliknya tidak akan menjualnya dengan harga murah karena tingkat keindahan yang dimilikinya.

1. Bonsai Shimpaku

Pohon ini menjadi salah satu yang menarik perhatikan di World Bonsai Convention, 2017. Bagaimana tidak, ia memiliki batang yang sangat luar biasa indah, dengan banyak sekali lekukan di dalamnya. Saya sendiri tidak mengetahui bagaimana cara sang pemilik agar bisa membuat batang semenawan ini. Tentunya waktu yang diperlukan untuk membuatnya bisa sampai puluhan atau bahkan ratusan tahun lamanya. Walaupun tidak diketahui berapa banderol harga tanaman ini, jelas ia tidak kalah dengan bonsai termahal yang telah disebutkan di atas.

2. Bonsai 600 Tahun Dengan Lekukan Luar Biasa

Bonsai dari tanaman shimpaku ini memiliki lekukan batang yang luar biasa indah. Bagi saya tanaman ini, memiliki nilai seni yang luar biasa dan sangat sulit untuk ditiru. Apalagi dari segi umur, tanaman ini juga sudah sangat tua yaitu berumur 600 tahun. Pohon ini menjadi salah satu tanaman yang menjadi warisan di sebuah keluarga di Jepang. Tentunya tanaman ini hampir tidak mungkin untuk dijual oleh keluarga tersebut karena memiliki sejarah yang panjang.

3. Bonsai Tsuga

Bonsai dari tanaman Tsuga ini memiliki gaya tertiup angin, lekukan yang dimilikinya sangat eksotis. Tanaman ini merupakan salah satu koleksi andalan dari Akiei Funayama, seorang kolektor bonsai dari Jepang. Diperkirakan tanaman ini telah berumur lebih dari 600 tahun dan telah dikoleksi oleh Funayama dari tahun 90an. Tanaman ini sudah beberapa kali memenangkan perlombaan bonsai tingkat internasional.

Itulah beberapa bonsai termahal yang ada di dunia dengan tampilan yang menawan. Benar-benar menakjubkan bukan tampilan yang disajikan, entah kapan ya kita bisa memiliki yang seperti itu.