Jaringan Ikat Sejati

Tahukah anda mengapa organ yang ada di dalam tubuh kita tidak bergeser ataupun terjatuh ketika kita bergerak ? Hal itu salah satunya dikarenakan adanya jaringan ikat yang membungkus organ tersebut sehingga posisinya tidak bisa bergerak. Jaringan ikat ini dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu jaringan ikat sejati, khusus dan termodifikasi. Untuk lebih detail mengenai jaringan ikat sejati ini, saya akan mencoba menjelaskannya secara singkat di dalam artikel berikut ini.

Macam Jaringan Ikat Sejati

Jaringan ikat sejati merupakan jaringan yang tidak mengalami modifikasi sehingga banyak ditemukan di dalam tubuh manusia dan hewan. Jaringan ikat sejati dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu jaringan ikat longgar (Loose Connective Tissue) dan Jaringan ikat padat (Dense Connective tissue).

Jaringan Ikat Longgar

Jaringan ini banyak dijumpai di dalam tubuh dan berfungsi untuk menghubungkan organ satu dengan organ lainnya atau membungkus macam-macam bagian suatu organ. Serabut-serabut yang dijumpai di dalam jaringan ikat sejati ini adalah kolagen dalam jumlah banyak, serabut elastin dan sedikit serabut retikulum yang semuanya tersusun rengang ke segala arah.

Terdapat berbagai macam elemen seluler di jaringan ini dan yang paling sering dijumpai adalah fibroblast dan macrophag. Selain itu dapat dijumpai pula sel plasma dan eosinophil. Pada membrana basalis jaringan ikat longgar dijumpai serabut reticulum yang berfungsi untuk membatasi jaringan epitel dengan jaringan ikat di bawahnya, juga dijumpai pada lapisan submukosa.

Jaringan Ikat Padat

Pada jaringan ikat sejati ini, hubungan jaringan yang menyusunnya sangat rapat. Komponen serabut lebih banyak ditemukan daripada komponen lainnya sehingga substansi dasar yang ada hanyalah sedikit. Serabut kolagen dan elastin banyak dijumpai, akan tetapi serabut kolagen terdapat dalam berkas-berkas yang besar dan rapat susunannya sehingga sel-sel jaringan ini lebih sedikit dibandingkan jaringan ikat longgar, baik macam maupun jumlahnya.

Berdasarkan keteraturan komponen/arah susunan serabut jaringan ikat padat dapat dibedakan menjadi dua kelompok berikut ini :

1. Jaringan ikan padat tidak teratur

Sering disebut juga sebagai membran serabut karena biasanya merupakan keping-keping tipis, dapat membentuk seludang yang menutupi berbagai organ, tendon, serabut saraf, otot dan sebagai dermis pada kulit. Ciri khasnya adalah serabut-serabutnya tersusun ke segala arah. Jaringan ikat sejati ini juga dijumpai pada perichondrium yang membungkus tulang rawan dan periosteum yang membungkus tulang.

2. Jaringan ikat padat teratur

Ciri khas jaringan ikat ini adalah komponen-komponen fibriler/serabut tersusun searah/dalam arah yang sama sesuai dengan kebutuhan mekanik yang diperlukan. Tergantung pada serabut utama yang menyusun / ditemukan paling menonjol. Jaringan ikat padat teratur dibedakan menjadi dua, yaitu yang mempunyai serabut utama kolagen dan yang mempunyai serabut utama elastin.

a. Jaringan dengan serabut utama kolagen

Sebagian besar serabut penyusun jaringan ini terdiri dari jenis kolagen. Jaringan ini dijumpai pada bagian tendon, disini berkas-berkas serabut kolagen tersusun sejajar, sel fibroblas pada urat/tendon disebut sel urat atau tendon’s cell. Ia juga ditemukan pada struktur fascia, aponeurosis dan kornea mata. Sel tendon/fibroblast merupakan satu-satunya sel jaringan ikat yang terletak di antara serabut kolagen yang tersusun sejajar dengan sumbu tendon.

b. Jaringan dengan serabut utama elastin

Pada jaringan ikat jenis ini, lebih banyak dijumpai unsur serabut elastin maka gambarannya sangat berbeda dengan tendon. Jaringan ikat sejati ini dijumpai pada Ligamentum nuchae, L. flavum dan L. vocale. Pada Keadaan segar, Ligamentum beraspek kuning karena serabut elastin tersebut. Selain berbentuk sebagai Ligamentum, jaringan ikat jenis ini berbentuk sebagai lembaran misalnya pada fascia scarpae yang terletak di dinding perut atau sebagai membrana fenestra yang terletak di dinding aorta.

Bagaimana, apakah anda sudah jelas setelah membaca sedikit tentang jaringan ikat sejati di atas ? Semoga sedikit tulisan dari saya ini sudah bisa memberikan informasi umum seputar salah satu jaringan yang ada di dalam tubuh kita ini ya.