Jenis Pohon Cemara

Pohon cemara tentu sudah bukan tanaman yang asing bagi kita, tetapi tahu kah anda bawa sebenarnya terdapat lebih dari satu jenis pohon cemara?

Pohon Cemara di dalam Kehidupan Manusia

Cemara merupakan salah satu tanaman yang sering dijadikan hiasan rumah. Pohon ini identik dengan perayaan natal yang dilakukan oleh umat nasrani. Selain itu, ia juga sering dijadikan sebagai tanaman bonsai ataupun tanaman penghias rumah. Cemara memang memiliki bentuk daun yang unik dan lebat sehingga membuat orang suka untuk melihatnya.

Menurut ahli psikologi dari University of Surrey, Birgitta Gatersleben, menanam pohon cemara di rumah secara efektif dapat meredakan stress yang dimiliki oleh penghuni rumah. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan tanaman ini akan memberikan suasana alam yang teduh dan asri sehingga dapat membuat orang yang melihatnya berkurang tingkat stresnya. Kerimbunan daun yang dimiliki cemara memang sungguh elok untuk dilihat.

Selain dapat meredakan stress, ternyata aroma yang dihasilkan oleh pohon ini dapat memberikan efek yang baik untuk penyembuhan penyakit batuk dan bronkitis. Selain itu, minyak atsiri yang dihasilkannya juga mampu secara efektif mengobati berbagai penyakit yang menimpa paru-paru,seperti batuk, sinus dan lain sebagainya. Cara penggunaannya adalah dengan meneteskan minyak atsiri cemara pada air hangat, kemudian hirup uap air tersebut.

Pohon cemara juga memiliki manfaat yang positif bagi lingkungan tempat tinggalnya. Ia memiliki sistem perakaran yang kuat dan dalam sehingga dapat mencegah terjadinya abrasi dan erosi yang disebabkan oleh terjangan air. Selain itu, daun tanaman ini yang berguguran merupakan salah satu sumber unsur hara yang baik untuk tanaman. Tak heran apabila daerah yang banyak ditumbuhi tanaman ini biasanya akan menjadi tanah yang kaya humus.

Jenis Pohon Cemara

Menurut ahli biologi lulusan UGM Pratama Adi, Paling tidak terdapat 8 jenis pohon cemara yang ada di dunia. Pohon cemara sering dijadikan sebagai tanaman hias khususnya bonsai dikarenakan tanaman ini mudah dirawat  serta tanaman ini bisa hidup hingga ratusan tahun.

Pohon Cemara Kipas

Jenis pohon cemara kipas memiliki nama ilmiah Thuja Occidentalis. Tanaman ini biasa hidup di hutan hujan tropis atau rawa rawa. Pohon ini di habitat alamnya dapat tumbuh hingga mencapai 10 – 20 meter. Ciri morfologi dari cemara kipas adalah pada bagian cabang daunnya mengerut ke samping sehingga terlihat seperti bentuk kipas. Tanaman ini menurut ilmu pengobatan cina dipercaya dapat mengobati penyakit jantung, insomnia, sakit ginjal dan pencernaan.

Pohon Cemara Pensil

Jenis cemara pensil merupakan tanaman yang berasal dari timur tengah. Walau begitu tanaman ini tidak hanya bisa tumbuh di daerah yang kering, di tanah yang lembab pun tanaman ini masih bisa hidup dengan baik. Tak heran jika pohon yang bernama ilmiah Cupressus sempervirens ini menjadi tanaman hias yang banyak ditanam di sekitar kota Florida, Amerika. Pohon ini diberi nama cemara pensil karena bentuknya yang runcing seperti pensil yang habis di serut. Pohon cemara ini memiliki daun yang rimbun berwarna hijau tua. Seperti yang terlihat dari gambar pohon cemara di atas tanaman ini terlihat sangat indah sebagai hiasan taman / jalan.

Pohon Cemara Nonfolk

Pohon cemara ini memiliki bentuk cabang yang unik, seperti yang dapat anda lihat di gambar pohon cemara Norfolk diatas. Tanaman yang berasal dari pulau norfolk di sekitar samudra pasifik ini selain digunakan sebagai tanaman hias juga dijadikan sebagai penghasil resin. Tanaman ini tumbuh subur di daerah yang memiliki kelembapan tinggi dan mendapat sinar matahari langsung.

Pohon Cemara Angin

Jenis pohon cemara ini merupakan pohon cemara yang banyak terdapat di Indonesia. Ciri tanaman ini adalah pada daunnya tipis dan lembut, batang tanaman ini pun juga kecil yang menyebabkan pohon cemara ini bergoyang goyang jika terkena tiupan angin. Pohon cemara ini bisa tumbuh hingga ketinggian 5 meter di alam liar. Di dunia tanaman hias jarang orang yang membudidayakan cemara angin hal ini karena tanaman ini cukup sulit untuk dirawat karena mudah stress.

Cemara Buaya

Tanaman yang bernama latin Juniperus horizontalis ini merupakan jenis pohon cemara yang sering dijadikan bonsai. Hal ini karena selain mudahnya tanaman ini dibentuk dan dirawat, bonsai cemara buaya ini termasuk ke dalam tanaman bonsai yang cepat tumbuhnya. Tak heran banyak penghobi bonsai pemula yang menggunakan pohon ini sebagai bonsai pertamanya.

Cemara Embun

Pohon cemara ini memiliki daun yang berwarna hijau keputihan seperti berembun. Di daerah asalnya amerika utara, tanaman ini bisa tumbuh sekitar 10 – 16 meter. Tanaman ini biasa tumbuh pada ketinggian 0 – 100 m di atas permukaan laut tetapi masih bisa tumbuh hingga ketinggian 600 meter diatas permukaan laut. Tanaman ini cocok ditanam di pot kecil dan dijadikan tanaman hias indoor. Banyak juga yang menjadikan tanaman ini sebagai bonsai, Cemara embun ini merupakan tanaman yang cocok dijadikan bonsai gaya air terjun.

Cemara Emas Cina

Pohon yang berasal dari china ini memiliki warna daun kekuningan sehingga orang menyebutnya sebagai cemara emas. Walau asalnya dari cina, tanaman ini banyak dijadikan tanaman hias di halaman kuil kuil yang ada di jepang. Tanaman ini juga sangat indah jika dijadikan sebagai bonsai.

Cemara Udang

Banyak orang mengatakan bahwa pohon cemara udang ini merupakan jenis cemara yang paling cocok untuk dijadikan bonsai.Membuat tanaman ini menjadi bonsai pun tak terlalu sulit sehingga tanaman ini sering dipakai sebagai bahan bonsai baik seniman bonsai pemula atau profesional. Bonsai cemara udang sering keluar sebagai juara dalam kontes bonsai baik dalam negeri maupun luar negeri.

Itulah beberapa jenis pohon cemara yang bisa ditemukan di seluruh dunia. Masih ada banyak lagi spesies lain yang tidak bisa saya jelaskan satu-satu.