Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Manajemen ?

Jurusan manajemen merupakan salah satu bidang studi yang paling banyak diminati. Menilik dari beberapa portal berita seperti Kompas, jurusan ini paling unggul di banyak universitas Indonesia. Namun bagaimana prospek dari jurusan ini, dan apa saja yang dipelajari di jurusan manajemen? Semua akan diulas lebih dalam dalam artikel ini.

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Jurusan Manajemen

Sebelum kita membahas tentang apa saja yang dipelajari di jurusan manajemen, perlulah sekiranya kita mengenal lebih jauh mengenai jurusan ini. Manajemen bisa dibilang sangat erat kaitannya dengan bidang ekonomi dan bisnis. Oleh sebab itu, bidang studi satu ini umumnya masuk dalam Fakultas Bisnis dan Ekonomi. Mahasiswa yang memutuskan untuk memilih jurusan ini, diharapkan mampu mengelola suatu bisnis baik yang tengah berjalan atau akan dijalankan.

Hal yang paling menarik dari jurusan ini adalah, kamu dapat menerapkan ilmunya langsung dalam kehidupan sehari-hari. Semisal saja, saat ingin belajar mengelola keuangan sederhana. Berbekal pengetahuan dan ilmu manajemen, kamu akan mudah melakukannya.

Namun yang perlu diketahui, manajemen memiliki banyak cabang keilmuan. Inilah yang membuat ilmu manajemen semakin berkembang dan dipelajari lebih spesifik. Bahkan manajemen bisa ditemui di berbagai jenjang di Indonesia. Mulai dari SMK hingga bangku kuliah.

Bidang Spesialisasi Jurusan Manajemen

Secara singkat jurusan ini mempelajari tanggung jawab akan pengelolaan perusahaan. Adapun cakupan dari ilmu bisnis manajemen sangat luas. Oleh karenanya tidak heran jika memiliki spesialisasi tersendiri. Secara umum, inilah beberapa konsentrasi bidang manajemen:

Manajemen Keuangan

Konsentrasi manajemen keuangan merupakan pembelajaran mengenai pengelolaan finansial perusahaan serta penilaian terhadap kesehatan keuangan perusahaan. Saat berkuliah di manajemen keuangan, kamu akan belajar mengenai pemanfaatan, penggalian hingga pengendalian dana perusahaan.

Setiap mahasiswa turut serta dilatih untuk menerapkan strategi terbaik dalam rangka optimalisasi keuangan sebuah perusahaan. Bisa dibilang konsentrasi ini sangat cocok bagi kamu yang suka hitung menghitung serta memiliki ketelitian tinggi.

Manajemen Pemasaran

Bicara soal pemasaran tentu tidak jauh dari peluang pasar hingga teknik pemasarannya. Namun belajar di bidang study ini semua akan diulas lebih dalam. Seperti halnya mempertimbangkan mengenai promosi, produk, tempat dan harga pasar. Singkatnya, kuliah manajemen pemasaran terletak pada cara untuk memenangkan persaingan bisnis.

Buat kamu yang kreatif dan selalu mengikuti trend, konsentrasi manajemen pemasaran ini bisa menjadi pilihan tepat. Adapun beberapa mata kuliah untuk konsentrasi ini antara lain sistem informasi pemasaran, manajemen produk dan lain sebagainya.

Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)

Masih bingung mengenai apa saja yang dipelajari di jurusan manajemen? Berikutnya yang harus dipelajari seorang mahasiswa jurusan manajemen adalah mengenai manajemen SDM. Konsentrasi ini disebut juga Manajemen Personalia. Study bidang ini berkaitan dengan pengendalian sumber daya manusia sebuah perusahaan.

Didalamnya tentu menyimpan topic penting bagi sebuah perusahaan. Beberapa yang dinaungi bidang ini antara lain, peningkatan mutu, pengembangan, perekrutan, hingga masalah sistem gaji karyawan.

Deretan Mata Kuliah yang Dipelajari Jurusan Manajemen

Setelah membaca sekilas mengenai seluk beluk jurusan manajemen. Berikut ini merupakan deretan mata kuliah yang akan dipelajari jika masuk perkuliahan jurusan manajemen:

Pengantar Ekonomi Makro

Ilmu ekonomi makro adalah bagian dari studi ekonomi yang spesifik mempelajari mengenai mekanisme bekerjanya suatu perekonomian secara menyeluruh. Beberapa hal yang menyinggung ilmu ekonomi makro adalah masalah pengangguran, pendapatan nasional, neraca pembayaran serta inflasi.

Related Post

Manajemen Produksi

Konsentrasi berikutnya yang dipelajari dalam ilmu manajemen adalah manajemen produksi. Manajemen produksi sendiri merupakan suatu proses pengorganisasian, perencanaan, pengarahan, hingga pengendalian dari kegiatan fungsi produksi.

Manajemen produksi ini berperan penting untuk melakukan koordinasi dari berbagai kegiatan agar tujuan sebuah bisnis dapat tercapai. Guna mengatur produksi, perlu sebuah keputusan yang berhubungan dengan usaha mencapai tujuan tersebut. Sehingga produk maupun jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Managemen Administrasi

Melanjutkan mengenai apa saja yang dipelajari di jurusan manajemen, kini akan coba jelaskan konsentrasi lain dari manajemen bisnis yakni manajemen administrasi. Pengertian manajemen administrasi secara umum adalah suatu bentuk kegiatan yang berkaitan erat dengan pengaturan sebuah kebijakan dalam suatu perusahaan.

Jika dijabarkan secara khusus, manajemen administrasi merupakan bentuk kegiatan yang meliputi penyuratan, pencatatan, pengetikan di komputer pembukuan sederhana serta berbagai kegiatan lain yang bersifat teknis dalam ketatausahaan.

Study ini mampu memberikan informasi mengenai layanan administrasi untuk aktivitas operasional agar lebih maksimal. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap kelancaran divisi lain serta dijadikan bahan utama pengambilan kebijakan. Jadi dapat disimpulkan manajemen administrasi layaknya sebuah kekuatan besar yang tidak terlihat.

Manajemen Informasi

Manajemen informasi merupakan sebuah aspek penting dari suatu bisnis berbasis data. Kegiatan ini memungkinkan seseorang mampu membuat keputusan tepat guna mencapai suatu tujuan. Adanya manajemen informasi ini membantu pelaku bisnis meningkatkan perlindungan, penggunaan, dan penyimpanan informasi supaya lebih aktif beroperasi.

Jadi secara garis besar manajemen informasi adalah penyimpanan pengelolaan, pemeliharaan, serta pengumpulan segala bentuk informasi. Kegiatan ini tidak urung melibatkan pengarsipan, penyebaran, serta penghancuran informasi dalam segala bentuk. Konsentrasi ini berkaitan juga dengan bagaimana sebuah organisasi atau perusahaan menerima dan berbagi kepada penerima lain yang beragam.

Manajemen Strategis

Seperti tema pada hari ini tentang apa saja yang dipelajari di jurusan manajemen ternyata sangat banyak. selain beberapa yang telah disebutkan di atas. Terdapat bidang studi  lain yakni manajemen strategis. Sebenarnya pakar manajemen memiliki definisi masing-masing mengenai ilmu satu ini.

Namun dapat disimpulkan, ilmu manajemen strategis dapat dimaknai sebagai proses memandu perusahaan guna mencapai sasaran tertentu. Mulai dari kapabilitas manajerial, tanggung jawab korporasi hingga sistem administrasi yang berkaitan dalam pengambilan operasional dan strategis.

Prospek Kerja Bidang Studi Manajemen

Setelah mengetahui apa saja yang dipelajari di jurusan manajemen, lantas bagaimana dengan prospek kerjanya? Selain ilmu ini mampu menciptakan wirausahawan baru, poin penting lain yakni bahwa jurusan ini juga begitu digandrungi karena prospek kerjanya yang dapat diandalkan.

Peluang karir untuk jurusan ini tergolong sangat luas dan dapat mencakup banyak bidang pekerjaan. Berbekal keilmuan yang telah dipelajari, umumnya penguasaan dalam ilmu manajemen menjadi suatu nilai jual tersendiri. Oleh karenanya kamu tidak perlu risau setelah lulus dari bidang manajemen.

Biasanya sector karir yang banyak diminati adalah keuangan dan ekonomi. Meski begitu, banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan dari jurusan ini. Seperti diantaranya, kreatif, pendidikan dan media. Kamu juga sangat berpeluang membangun bisnis sendiri berbekal ilmu manajemen ini.

Tidak sedikit orang bilang, untuk menjadi seorang entrepreneur tidak harus berpendidikan tinggi. Hanya perlu bakat dan tekad. Namun kalimat ini tidak sepenuhnya benar. Sebab, tekad tanpa ilmu juga tidak akan berjalan beriringan. Setelah mengetahui apa saja yang dipelajari di jurusan manajemen kini saatnya kamu memilih bidang pendidikan yang mencerminkan masa depan cerah.