Prospek Kerja Jurusan Manajemen Yang Begitu Menjanjikan

Banyaknya jurusan di bangku perkuliahan tidak akan menjadikan jurusan manajemen sepi peminat. Dari dulu hingga sekarang, jurusan manajemen menjadi salah satu jurusan yang paling favorit lho! Apalagi buat anak IPS nih, suatu kebanggaan menjadi anak manajemen. Salah satu alasan kenapa jurusan ini masih dan akan tetap menjadi favorit adalah prospek kerja jurusan manajemen yang menjanjikan.

Jika di jurusan lain kamu mungkin akan mengalami kebingungan setelah lulus akan menjadi apa, maka lain hal dengan jurusan manajemen. Ada banyak sekali berbagai macam pilihan pekerjaan yang bisa kamu pilih. Setelah kamu mempelajari dan menguasai banyak hal seperti tentang pengembangan strategi, prosedur bisnis, marketing, wirausaha, dan lain-lain. Kini saatnya bagimu untuk menerapkannya di dunia kerja!

Apa Saja Yang Dipelajari Di Jurusan Manajemen?

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang prospek kerja jurusan manajemen, mari kita ulas sedikit tentang apa itu Manajemen. Manajemen merupakan bidang keilmuan yang mempelajari kegiatan perusahaan atau korporasi yang berhubungan dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Inilah yang membuat jurusan manajemen biasanya masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Lalu apa aja sih yang dipelajari di jurusan manajemen?

Sama dengan jurusan lainnya, di jurusan manajemen kamu akan mempelajari banyak hal dengan mendetail. Karena termasuk dalam bidang ekonomi dan bisnis, kamu akan mempelajari tentang bagaimana sih cara memanajemen atau mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Namun jurusan manajemen akan berfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur semua proses dalam perusahaan.

Secara umum, jurusan manajemen dibagi ke dalam 6 konsentrasi atau peminatan. Biasanya mahasiswa akan diperbolehkan untuk memilih jika sudah memasuki semester 4 keatas.ada Manajemen Bisnis, Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), Manajemen Operasional, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Perbankan. Semuanya bisa kamu sesuaikan dengan minat dan bakatmu sendiri.

Setelah memilih konsentrasi, kamu akan mempelajari lebih banyak hal lagi secara lebih detail dan rinci. Konsentrasi atau peminatan yang akan kamu pilih biasanya akan berpengaruh pada pekerjaan apa yang nantinya kamu inginkan. Jadi, jangan terburu-buru dan asal memilih yaaa. Pilihlah dengan penuh pertimbangan agar tidak menyesal nantinya.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Yang Begitu Menjanjikan

Biasanya orang-orang awam akan menganggap prospek kerja jurusan manajemen hanya bisa bekerja di bidang keuangan. Padahal pada kenyataannya tidak demikian lho! Berbagai pekerjaan bisa kamu dapatkan di jurusan ini. Ada berbagai bidang dan sektor yang bisa kamu kuasai. Berikut ini beberapa daftar prospek kerja jurusan manajemen yang perlu kamu tahu.

Business Development

Profesi Business Development merupakan salah satu profesi yang bisa banget untuk kamu coba! Terlebih lagi perusahaan-perusahaan besar membutuhkan lulusan manajemen yang mengerti bagaimana cara mengelola dan mengembangkan perusahaan. Job desc profesi ini biasanya berhubungan dengan pengembangan usaha baik itu dari sisi internal maupun eksternal. Udah jagonya anak manajemen deh!

Akuntan

Menjadi seorang akuntan merupakan sebuah profesi yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Apalagi menjadi seorang akuntan perusahaan besar. Nah, ini dia kesempatan untuk para lulusan manajemen. Kamu bisa bergabung menjadi bagian perusahaan besar dengan jabatan seorang akuntan. Gaji dari akuntan juga menjanjikan lho!

Related Post

Manajer Keuangan

Jika kamu tidak berminat dengan jabatan yang biasa, maka jabatan sebagai seorang Manajer Keuangan akan menggugah semangatmu. Lulusan jurusan manajemen memiliki kesempatan sangat besar untuk bisa menjadi seorang Manajer Keuangan. Dengan bekal ilmu dan pengalaman selama perkuliahan bisa kamu terapkan di dunia kerja secara maksimal.

Manajer Sumber Daya Manusia (SDM)

Selain berkesempatan menjadi Manajer Keuangan, kamu juga bisa menjadi Manajer Sumber Daya Manusia (SDM) lho! seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa di jurusan manajemen kamu juga akan belajar bagaimana cara mengelola atau memanajemen sumber daya manusia. Di dunia kerja kamu bisa menerapkannya dengan mengelola para tenaga kerja.

Human Resource Development (HRD)

HRD memang menjadi salah satu profesi yang menjadi incaran kaum milenial kali ini. Selain lulusan jurusan psikologi dan hukum, profesi yang satu ini juga membuka kesempatan untuk lulusan jurusan manajemen lho! seorang HRD akan bertugas untuk mengelola urusan internal perusahaan yang bersangkutan dengan urusan kepegawaian. Biasanya berada di bawah pengawasan Manajer Sumber Daya Manusia (SDM) seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya.

Marketing

Saat ini dunia bisnis tidak bisa dan tidak akan lepas dari urusan pemasaran atau bahasa kerennya adalah Marketing. Karena di jurusan manajemen telah diajarkan tentang manajemen pemasaran, maka kamu juga bisa berkesempatan untuk menjadi seorang Marketing. Tugas Marketing biasanya adalah untuk meningkatkan brand awareness di mata konsumen. Gajinya juga besar lho! Ditambah lagi adanya bonus!

Tenaga Pendidik atau Dosen

Jika kamu tidak memiliki minat untuk bergabung di sebuah pekerjaan untuk menjadi pegawai atau karyawan, maka menjadi tenaga pendidik atau dosen bisa menjadi pilihan. Namun khusus untuk yang satu ini kamu diwajibkan untuk mengambil jenjang pendidikan S2 sebagai syarat minimum yang ditetapkan oleh pemerintah. Menjadi seorang Dosen juga merupakan profesi yang menjanjikan dalam jangka waktu yang lama lho.

Menjadi Pengusaha atau Entrepreneur

Selain menjadi tenaga pendidik atau dosen, menjadi seorang pengusaha bisa menjadi pilihan lain jika kamu tidak berminat menjadi seorang karyawan di perusahaan. Dengan bekal ilmu yang kamu miliki, kamu bisa membangun sebuah bisnis. Selain bisa bermanfaat untuk diri sendiri, kamu juga bisa membangun lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Project Manager

Dilihat dari namanya saja, profesi ini sudah cukup menarik ya? Project manager merupakan salah satu profesi yang sangat luas. Biasanya profesi ini dibutuhkan oleh perusahaan konstruksi dan perusahaan IT. Secara sederhana, tugas dari Project Manager adalah memastikan sebuah proyek bisa berjalan sesuai dengan rencana, memahami risiko proyek, dan mengawasi perjalanan proyek. Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai tantangan.

Financial Analyst

Seperti yang sudah dijelaskan jika dunia manajemen tidak jauh dengan dunia keuangan. Tugas seorang Financial Analyst adalah melakukan pemodelan keuangan, mengelola laporan keuangan, dan melakukan analisis data keuangan. Ada banyak sekali sektor yang membutuhkan bagian analisis keuangan seperti di  sektor industri, perusahaan, pemerintahan, keuangan, bidang perbankan.

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Karena setiap tahunnya pemerintah selalu mengadakan pembukaan lowongan untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), maka kamu tidak boleh menyia-nyiakannya. Menjadi seorang PNS memang menjadi impian hampir setiap orang. Kamu akan mendapatkan berbagai fasilitas menarik. Seperti gaji stabil, tunjangan, dan dana pensiun.

Nah, itu dia prospek kerja jurusan manajemen yang ternyata sangat luas dan menjanjikan. Kini kamu tidak perlu khawatir lagi akan menjadi apa setelah lulus dari jurusan manajemen. Selain beberapa profesi yang sudah disebutkan diatas, masih ada segudang profesi lainnya yang cocok untuk lulusan jurusan manajemen lho!