Ini Dia Alasan Memilih Jurusan Manajemen

Sebagai calon mahasiswa kamu tentu akan bingung memilih jurusan apa yang akan menjadi tujuanmu selanjutnya di bangku perkuliahan kan? Kamu tentu akan berharap jurusan kuliah yang kamu pilih akan memberikan prospek kerja yang menjanjikan. Jika yang kamu cari hal tersebut, maka jurusan manajemen akan sangat cocok dengan keinginamu. Ada banyak sekali alasan memilih jurusan manajemen sebagai jurusan yang tepat untuk meraih masa depan cemerlang.

Jurusan manajemen adalah bidang keilmuan yang akan mempelajari tentang kegiatan suatu perusahaan atau korporasi, yang masih memiliki hubungan erat dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Dilihat dari sini saja sudah bisa menjamin jika prospek kedepan setelah lulus dari jurusan manajemen akan sangat luas. Hal ini pun juga bisa kamu lihat dari hampir semua bidang membutuhkan lulusan manajemen. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan masa depan deh!

7 Alasan Memilih Jurusan Manajemen

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika jurusan manajemen sudah menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling favorit. Setiap tahunnya, jumlah peminat di jurusan ini selalu bertambah lebih banyak dan tidak pernah berkurang. Kamu juga tidak perlu kesulitan mencari perguruan tinggi ataupun Universitas yang memiliki jurusan ini. Sebab hampir di semua perguruan tinggi atau Universitas di Indonesia bahkan di luar negeri memiliki jurusan manajemen.

Biasanya, jurusan manajemen akan tergabung dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Ini sangat berkaitan erat dengan bidang keilmuan yang akan dipelajari. Mempelajari manajemen memang tidak akan jauh dari ekonomi dan bisnis. Nah, lalu apa saja sih alasan memilih jurusan manajemen yang katanya akan memberikan masa depan yang terjamin? Simak dibawah ini ya!

Prospek Karier Yang Luas

Sudah dijelaskan diatas, jika jurusan manajemen memiliki prospek karier yang luas, bahkan sangat luas. Karena pada saat kuliah kamu akan dibekali dengan berbagai kemampuan manajerial seperti manajemen organisasi, manajemen proyek, manajemen SDM, dan masih banyak lagi lainnya, kamu akan dibutuhkan di berbagai bidang.

Kemampuan-kemampuan seperti ini akan sangat dibutuhkan oleh setiap lini perusahaan maupun instansi pemerintah. Beberapa bidang yang bisa dimasuki oleh lulusan manajemen mulai dari konsultan, pemasaran, periklanan, sumber daya manusia, ritel, hingga keuangan. Jabatannya pun juga tidak main-main, kamu bisa menjadi seorang manajer, HRD, supervisor, dan jabatan menarik lainnya.

Gaji Yang Menjanjikan

Hal kedua yang terpenting adalah dengan berkuliah di jurusan manajemen dengan prospek pekerjaan menarik dan sangat luas seperti yang telah dijelaskan diatas adalah gaji. Gaji akan sangat penting agar kamu bisa memenuhi segala jenis kebutuhanmu. Nah, dengan beragam jenis pekerjaan yang dijelaskan diatas kamu tentu akan paham jika kamu akan bisa mendapatkan kehidupan yang layak kan?

Gaji yang menjanjikan dengan jabatan diatas akan bisa membuatmu berkembang dan menjadi lebih maju. Kamu bisa memenuhi segala jenis kebutuhanmu dan juga menabung. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi tentang masa depan deh! Semua jabatan diatas dikenal dengan jabatan yang akan memberikan gaji yang besar lho.

Cocok Untuk Kamu Yang Ingin Jadi Pengusaha

Di jaman yang sudah serba maju dan digital ini, mayoritas orang sudah tidak ingin menjadi seorang pegawai atau karyawan kantoran. Sebagian memiliki cita-cita untuk menjadi seorang pengusaha, dan itu tidak salah! Dengan menjadi seorang pengusaha, kamu tidak hanya bisa mengembangkan diri sendiri, melainkan juga menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Di jurusan manajemen, kamu akan diajarkan kemampuan manajerial dan wirausaha. Kamu juga bisa mendapatkan ilmu seperti kemampuan intelektual, komunikasi, analisis, problem solving, yang semuanya akan sangat bermanfaat di bidang wirausaha. Ilmu yang akan kamu dapatkan akan membantumu untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

Related Post

Membangun Relasi Yang Luas

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, jika kamu ingin menjadi seorang pengusaha maka kamu membutuhkan relasi dong? Nah, di jurusan manajemen kamu akan diajarkan bagaimana caranya memulai sebuah usaha. Bukan hanya dengan teori saja, melainkan juga praktik. Inilah kesempatanmu untuk mencari relasi sebanyak-banyaknya.

Semakin luas jangkauanmu, maka usahamu akan semakin berkembang. Tak hanya berhubungan dengan dunia usaha saja, memiliki relasi juga akan memberikan manfaat lainnya. Seperti bisa membantu kamu saat ingin mencari pekerjaan maupun mengembangkan kemampuanmu.

Ilmu Yang Dapat Diterapkan Sehari-hari

Alasan lain kenapa memilih jurusan manajemen adalah manfaat yang akan kamu dapatkan tidak hanya bisa dirasakan saat sudah lulus saja. Saat baru mulai kuliah pun kamu sudah bisa mendapatkan manfaat. Ilmu yang kamu dapatkan di saat kuliah bisa kamu terapkan untuk kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengelola kebutuhan, kesibukan, dan keuangan bisa kamu selesaikan sendiri.

Memiliki Esensi Yang Tinggi

Ilmu manajemen memiliki peran yang cukup penting dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini membuat setiap perusahaan maupun bidang usaha dalam lingkup ekonomi sangat membutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan menguasai dasar-dasar bisnis. Dengan ilmu manajemen yang baik akan membantu perusahaan untuk bisa meraih tujuan yang diinginkan sehingga ilmu manajemen tergolong sangat esensial.

Mampu Membentuk Dasar Kepemimpinan

Jurusan manajemen akan membuatmu belajar banyak sekali hal. Terutama dalam pengelolaan sumber daya manusia. Ilmu ini akan membuat kamu lebih paham bagaimana sih caranya mengelola sebuah kelompok dan memimpin. Kamu juga akan belajar banyak tentang kedisiplinan, problem solving, dan manfaat lainnya.

Itu dia beberapa alasan memilih jurusan manajemen yang ternyata sangat memotivasi dan bermanfaat tidak hanya untuk masa depan. Dengan melanjutkan kuliah di jurusan manajemen, kamu bisa mendapatkan banyak hal positif seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jadi, jika kamu rasa sudah memenuhi syarat dan ingin menjadi bagian dari jurusan manajemen segera daftar yuk!

Rekomendasi Universitas Dengan Jurusan Manajemen Terbaik

Karena menjadi salah satu jurusan paling favorit dengan jumlah peminat yang membludak setiap tahunnya, membuah jurusan manajemen ada hampir di setiap Universitas di Indonesia. Baik itu negeri maupun swasta kamu akan bisa menjumpai jurusan manajemen di dalamnya. Namun, berikut ini beberapa rekomendasi Universitas dengan jurusan manajemen terbaik di Indonesia.

Universitas Indonesia

Tidak hanya jurusan manajemennya saja yang terbaik, karena termasuk dalam Universitas Negeri terbaik di Indonesia, membuat Universitas Indonesia mampu mencetak generasi unggulan. Universitas Indonesia juga sudah menjadi sekolah bisnis terbaik di dunia lho, bukan hanya di Indonesia saja.

Institut Teknologi Bandung

Sejak tahun 2011, ITB menerima berbagai akreditas yang sangat baik dari ABET. ITB juga menerima penilaian akreditasi baik dari ASIIN hingga 2019 lalu. Jadi sudah tidak bisa diragukan lagi dong bagaimana lulusan jurusan manajemen dari ITB?

Universitas Gadjah Mada

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa UGM memiliki fakultas bisnis manajemen terbaik di Indonesia. Akreditasi untuk jurusan manajemen disini pun juga telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Dari nama kampusnya saja sudah tidak bisa diragukan lagi.

Nah, setelah mengetahui alasan memilih jurusan manajemen dan rekomendasi Universitas dengan jurusan manajemen terbaik di Indonesia diatas, kamu masih tertarik dengan jurusan manajemen tidak? Di Universitas mana yang akan kamu pilih? Semua Universitas sama baiknya asalkan kamu sungguh-sungguh kok!