Categories: Tanaman

Tanaman Hias Akar

Kebanyakan tanaman hias yang dinikmati adalah keindahan di bagian daun ataupun bunganya. Walau begitu ada juga lho yang keindahannya terletak pada akarnya, kelompok ini disebut sebagai tanaman hias akar. Jenis tanaman hias ini memiliki bentuk akar yang unik dan indah.

Jenis tanaman ini memang memiliki keunggullan pada bagian akarnya. Contohnya saja ada yang memiliki akar yang berbentuk bonggol yang meliuk-liuk seperti yang dimiliki tanaman kamboja jepang. Biasanya untuk menonjolkan bagian akarnya, jenis tanaman hias akar ditaruh pada sebuah pot datar serta dibuat menjadi sebuah bonsai.

Jenis Tanaman Hias Akar

Memiliki tanaman hias akar ini bisa dijadikan pilihan anda untuk menambah variasi tanaman yang anada miliki. Ia juga bisa menambah keindahan dekorasi di rumah anda, yang penting anda bisa meletakkannya di tempat yang tepat. Selain itu, ada juga yang selain memiliki akar yang indah, juga memiliki daun serta bunga yang tak kalah menarik.

Beberapa jenis tanaman hias akar yang bisa anda koleksi, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Adenium

Tanaman yang diIndonesia dikenal dengan nama kamboja jepang ini memang memiliki bentuk akar yang menarik. Akarnya mengembung yang berfungsi sebagai tempat cadangan makanan dan air. Hal itu dilakukannya sebagai bentuk adaptasi karena habitat alaminya adalah daerah pegunungan.

Biasanya semakin tua Adenium maka semakin unik bentuk akar yang dimilikinya. Walau begitu, biasanya hanya tanaman yang ditanam dengan biji saja yang memiliki bentuk akar yang mengembung ini. Adenium yang ditanam melalui stek bagian akarnya hanya seperti tanaman kebanyakan.

Related Post

Selain memiliki bentuk akar yang indah, tanaman hias ini juga memilki keindahan pada bunganya. Terdapat ribuan varietas dengan warna bunga yang berbeda-beda. Untuk mempercantik penampilan tanamannya, banyak juga orang yang mengokulasi tunas satu varietas ke varietas lainnya. Sehingga didapatkan hasil sebuah tanaman yang memiliki berbagai jenis bunga di dalam satu pohon.

2. Beringin

Siapa sih yang tidak tahu dengan pohon beringin? Pohon yang menjadi lambang partai Golkar ini mempunyai keunikan pada akarnya yang berupa akar gantung. Saat akar gantungnya ini menempel ke dalam tanah, akar tersebut akan mengembang dan bentuknya menjadi artistik. Hal itulah yang menyebabkan beringin menjadi salah satu jenis tanaman hias akar yang paling disukai.

Tentu bukan beringin yang berukuran besar yang menjadi tanaman hias, tetapi yang berbentuk sebuah pohon mini (bonsai). Bonsai beringin memang memiliki nilai seni yang tinggi, akan tetapi untuk membuat dan merawatnya dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan yang tinggi. Hal itulah yang menyebabkannya berharga mahal.

3. Tanaman Karet Kebo

Namanya mungkin kurang enak didengar ya, walau begitu tanaman yang memiliki nama latin ficus elastica ini memiliki keindahan yang sangat baik saat dibuat menjadi bonsai. Hal yang menjadi nilai plusnya adalah batang dan akarnya yang dapat dibentuk sesuai keinginan dari sang pemilik. Biasanya para pebonsai akan memotong-motong bagian akarnya, agar menjadi sebuah bentuk yang sesuai keinginannya. Setelah dipotong, akarnya akan tumbuh dengan cepat sehingga terbentuklah sebuah perakaran yang memiliki nilai seni dan keunikan tersendiri.

4. Ulmus Cina

Tanaman hias yang berasal dari famili ulmaceae ini dikenal dengan nama Elm oleh orang barat. Ia merupakan sebuah tanaman yang berasal dari Asia Tengah. Saat ditanam di sebuah lahan, ia dapat tumbuh tinggi menjulang hingga mencapai lebih dari 10 meter. Sebagai tanaman hias akar, ulmus cina dapat ditanam di sebuah pot. Hal itu akan membuatnya menjadi salah satu contoh tanaman hias akar yang menarik. Perawatan Ulmus Cina sangat mudah, ia tahan di berbagai kondisi lingkungan dan cuaca. Pemilihan pot yang sesuai merupakan sebuah hal yang perlu diperhatikan agar tanaman anda bisa terlihat enak dipandang.

5. Bougenville

Sebenarnya yang menjadi pusat keindahan tanaman ini adalah pada bunganya yang rimbun dan berwarna terang. Akan tetapi bagian akarnya pun memiliki potensi untuk dijadikan sebagai tanaman hias akar. Akarnya dapat dibuat untuk muncul diatas permukaan tanah sehingga memberkan kesan eksotik. Bougenville juga memiliki sistem perakaran yang kuat sehingga dapat pula dibuat dengan model sistem perakarannya yang sedang mencengkram sebuah batu atau benda lainnya yang diletakkan dibawah tanaman.

6. Azalea

Sama seperti adenium dan Bougenville, bagian yang paling mencolok dari tanaman ini ialah pada bunganya. Bahkan banyak orang yang belum mengetahui bahwa akar dari Azalea dapat dikreasikan menjadi berbagai bentuk yang menarik. Azalea merupakan sebuah tanaman hias yang populer diseluruh dunia. Tanaman ini terdiri dari lebih dari 50 spesies yang memiliki variasi bentuk dan warna bunganya.

Itulah beberapa jenis tanaman hias akar yang bisa anda pelihara, tertarik untuk memilikinya?