Categories: Wisata

Taman Bunga Nusantara

Bagi warga Jabodetabek, Taman Bunga Nusantara jelas tak lagi asing. Kawasan rekreasi alam ini, termasuk yang terbesar berdiri di atas lahan seluas 23 hektar. Berada di dekat Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor, tempat wisata ini menyajikan ragam padang bunga yang memesona.

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, Taman Bunga Nusantara tentu jadi salah satu pilihan liburan, untuk melepas penat. Ada ratusan jenis tanaman yang tumbuh subur di daerah. Untuk anggrek saja, terdapat lebih dari 2000 jenis yang dirawat.

Selain itu, ada pula beragam fasilitas hiburan bagi pengunjung yang gemar menjelajah hal berbeda. Sebut saja mini car, atau permainan ketangkasan. Beberapa restoran juga berdiri untuk fasilitas tambahan lainnya.

Sejarah Taman Bunga Nusantara

Menilik sejarahnya, Taman Bunga Nusantara rupanya telah diresmikan oleh Tien Soeharto sejak 10 September 1995 silam. Pendiriannya diprakarsai oleh Istri Letjen TNI Bustanil Arifin, Suhardani sejak tahun 1992.

Hingga kini, destinasi wisata ini menjadi favorit pelancong terutama dari kota besar seperti Jakarta. Seiring berdirinya, Taman Bunga Nusantara juga acap disebut Taman Bunga Cipanas, Nusantara Bogor dan lain sebagainya.

Padahal, secara geografis taman ini berada di Kabupaten Cianjur. Berada di Jalan Mariwati Kilometer 7, Desa Kawungluwuk, Kec Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat.

Rute Menuju Taman Bunga Nusantara

Untuk menuju kawasan wisata ini, terdapat dua alternatif transportasi yakni kendaraan pribadi dan kendaraan umum yang bisa digunakan.

Khusus Bus, gunakan jurusan Bogor-Cianjur atau Bus rute Bandung-Jakarta menuju puncak, dan turun di pertigaan Hanjawar. Berikut gunakan angkutan umum dengan jurusan Cipanas-Loji dan turun di daerah Pasar GSP.

Lanjut dengan jurusan Cipanas-Mariwati untuk kemudian turun di Taman Bunga Nusantara. Jangan ragu bertanya kepada warga sekitar untuk memastikan alamat.

Macam Wisata Taman Bunga Nusantara

Berada di kawasan puncak, maka tak heran jika Taman Bunga Nusantara menjanjikan panorama elok selain padang bunga. Selain arena relaksasi, terdapat juga ratusan area yang cocok menjadi spot foto.

Beberapa jenis taman di bawah ini bisa Anda pilih untuk menjelajah seluruh kawasan.

Taman Air

Sebagaimana namanya, taman ini terdiri dari ragam jenis tumbuhan air yang didatangkan dari berbagai negara di dunia. Misal saja Cybera Papyrus, Talia Delbata, Lotus, hingga teratai raksasa dengan bentuk seperti nampan berukuran besar.

Dengan bentuk dan warna yang indah, akan menambah kesan asri di dalamnya. Mengenalkan jenis tanaman ini juga mengedukasi anak untuk lebih mengenal alam.

Taman Mawar

Menyambangi Taman Bunga Nusantara, tak akan lengkap tanpa berfoto di taman mawar. Terdapat puluhan jenis mawar bermacam warna yang tersaji di sini.

Mengingat perawatannya yang tak mudah, mawar di kawasan ini rupanya dikelola dengan baik hingga tumbuh subur.

Taman Perancis

Mengusung tema renaissance Perancis, Anda akan dibawa seperti berada di daratan Eropa dengan detail bangunan klasik, berukuran mini. Taman bunga di daerah ini tersusun rapi dan indah. Tersedia berbagai jenis bunga yang berasal dari eropa, diantarnaya adalah bunga euphorbia.

Related Post

Maze Garden / Taman Labirin

Bagi anda yang senang mencoba tantangan selain berwisata bunga. Ada baiknya masuk ke area Maze Garden atau taman labirin. Di sini, terdapat labirin besar yang menantang pengunjungnya keluar dari labirin hijau.

Tapi jangan khawatir tersesat, karena terdapat petunjuk berupa peta yang bisa digunakan. Untuk menggunakannya, Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 1000 saja.

Taman Palem

Bagian taman palem menyediakan lebih dari 100 jenis palem yang tumbuh subur dengan tatanan rapi. Uniknya, jejeran palem tak menimbulkan kesan gersang a sekali, dan terlihat nyaman.

Jenis yang tersedia seperti palem botol, palem raksasa, kipas Meksiko, hingga jenis dari Madagascar, screw pine. Ukurannya pun beragam dan memanjakan mata

Rumah Kaca

Selain jenis tanaman, satu yang unik dari Taman Bunga Nusantara ialah rumah kaca atau yang kerap disebut green house. Kawasan ini dikhususkan bagi tanaman yang tidak begitu cocok dengan iklim tropis Indonesia.

Karenanya, diletakkan di dalam rumah kaca untuk mendapat perawatan khusus, seperti suhu, cahaya dan kelembaban yang disesuaikan. Berada di area seluas 2000 meter, green house memungkinkan Anda melihat ragam tanaman dari negara empat musim.

Menara Pandang

Menara pandang bisa disebut sebagai salah satu ikon Taman Bunga Nusantara yang sayang bila dilewatkan. Dari atas menara ini, Anda dapat melihat pemandangan taman bunga yang elok.

Menyenangkan juga untuk berfoto dengan latar pemandangan luas, warna cerah dari bunga dan langit biru yang jernih.

Taman di atas hanya beberapa dari sekian banyak jenis taman yang disediakan. Jika ingin mengunjungi seluruh area, Anda bisa melihat peta kawasan lebih dulu untuk menentukan lokasi prioritas.

Fasilitas Taman Bunga Nusantara

Selain jenis taman, ada fasilitas lain yang juga bisa dimanfaatkan kala berlibur di sini. Misalnya Kereta Dotto, sebuah miniatur kereta yang berjalan mengelilingi area taman. Anda bisa menaikinya dengan biaya sebesar Rp 50.000.

Ada pula Garden Tram, sejenis transportasi hiburan berbentuk mobil mini yang beroperasi setiap hari. Harga yang ditawarkan juga sama dengan Kereta Dotto. Guna antisipasi keselamatan, pengelola menyediakan klinik dan ruang P3K.

Untuk oleh-oleh, Anda bisa singgah di area cenderamata di Cafe Marigold. Singgah juga ke food court untuk mencoba berbagai jenis makanan dan minuman.

Jika ingin membawa buah tangan, tersedia bursa bunga yang menjajakan untuk koleksi pribadi. Ruang istirahat diberi berupa gazebo juga delapan lokasi piknik berbeda bagi rombongan pelancong.

Harga Tiket Masuk

Bila Anda tertarik menjadi salah satu pengunjung dan menikmati area di sini, harga tiket masuk dibanderol sebesar Rp 40.000. Sementara itu, wahana dan fasilitas tambahan lain dihargai beragam mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 50.000.

Anda tentu bisa memilih tempat yang diinginkan dengan mempertimbangkan tiap biaya yang tercantum. Jika pegawai, pastikan untuk bertanya pada pegawai yang akan selalu ada di sekitar lokasi.

Nah bagaimana, Tertarik menjadikan Taman Bunga Nusantara sebagai tempat liburan selanjutnya?. Ingat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi ini.