Categories: Karir

Prospek Kerja Teknik Geologi Untuk Wanita

Teknik geologi memang merupakan jurusan yang lebih identik dengan pria, memang 90% lebih mahasiswanya adalah pria. Pekerjaan lulusan teknik geologi yang kebanyakan berada di lapangan, menjadi penyebab mengapa para wanita enggan memilihnya. Akan tetapi sebenarnya tidak ada larangan bagi seorang wanita untuk memilih jurusan ini. Prospek kerja teknik geologi untuk wanita pun sebenarnya cukup cemerlang.

Tersedia banyak pekerjaan untuk alumni teknik geologi wanita yang tidak membutuhkan kerja dilapangan. Pekerjaan tersebut tentunya cocok bagi anda yang ingin membagi waktu antara pekerjaan dengan mengurus keluarga di rumah. Memang ada juga wanita yang menyukai kerja di lapangan, pilihan bekerja di lapangan ini pun tidak tertutup bagi anda. Agar lebih jelas, silahkan kita bahas bersama mengenai prospek kerja teknik geologi untuk wanita pada artikel di bawah ini.

Prospek Kerja Teknik Geologi

Teknik Geologi merupakan sebuah jurusan yang didalamnya mempelajari tentang komposisi bumi. Berbagai hal yang dibahas di dalam jurusan ini diantaranya adalah batuan, lapisan bumi, fosil di dalam bumi, bencana alam, perminyakan dan lain sebagainya. Jurusan ini sangat cocok dimasuki bagi anda yang ingin mempelajari tentang bumi, baik itu isi didalamnya ataupun sejarahnya. Teknik geologi sangat berkaitan erat dengan Kimia, Biologi, Matematika dan Geografi sehingga mahasiswanya harus mampu memahami dengan baik keempat ilmu dasar tersebut.

Prospek kerja yang bisa dimasuki oleh wanita lulusan teknik geologi cukup luas dan banyak yang memiliki penghasilan tinggi. Di sektor pertambangan misalnya, banyak perusahaan tambang besar seperti Antam, Freeport, Adaro dan lain sebagainya menawarkan gaji puluhan juta per bulan bagi alumni jurusan ini. Memang bagi seorang wanita, kerja di pertambangan mungkin kurang begitu disukainya. Bekerja di lapangan membuat seorang wanita harus jauh dari suami dan anak-anaknya. Tentunya itu bukanlah sesuatu yang diharapkan kebanyakan wanita di Indonesia.

Untungnya masih banyak prospek kerja untuk alumni teknik geologi yang tidak memerlukan anda untuk banyak bekerja di lapangan. Berikut ini akan saya lampirkan beberapa pekerjaan yang cocok untuk dimasuki alumni teknik geologi wanita yang tidak ingin banyak bekerja di lapangan.

1. Gemolog

Memang saat ini batu akik dan permata tidak setenar ketika booming di tahun 2012-2014, akan tetapi peluang menjadi gemolog masih sangat terbuka. Setiap harinya ada ribuan batu permata yang memerlukan gemolog untuk mengetes keasliannya. Padahal jumlah gemolog di Indonesia tidaklah banyak, masih banyak orang yang mengaku gemolog di Indonesia sebenarnya tidak memiliki ijazah yang berhubungan dengannya. Salah satunya adalah ISGL di Jogja dan SkyLab di Jakarta, kedua gemolog di lab tersebut justru lulusan jurusan sosial. Tentunya itu menandakan bahwa prospek kerja lulusan teknik geologi sebagai seorang gemolog terbuka sangat lebar.

Dengan kemampuan yang dimiliki lulusan teknik geologi, seharusnya bisa memprediksi keaslian batu permata dengan lebih akurat. Anda bisa melamar kerja di laboratorium permata yang sudah ada atau mendirikan sendiri. Tidak sulit kok untuk mendirikan laboratorium permata ini, peralatan identifikasi yang dibutuhkan tidaklah terlalu mahal. Penghasilan yang dapat didapatkan pun terbilang cukup bagus, anda bisa mendapatkan uang bersih diatas 30 juta sebulan. Apalagi dengan embel-embel sarjana teknik geologi yang anda punya, tentunya laboratorium anda akan semakin dipercaya orang.

2. Perusahaan minyak

Tidak semua orang yang bekerja di perusahaan minyak harus sering bekerja ke lapangan kok. Ada banyak juga pekerja perminyakan kerjanya di kantor untuk mengolah data yang didapatkan dari lapangan. Tentu pekerjaan mengolah data ini sangat cocok bagi seorang wanita, sehingga bisa menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah.

Related Post

Gaji bulanan yang didapatkan pekerja di perusahaan minyak ini tentunya sangat besar, apalagi jika perusahaan anda sudah skala internasional. Anda bisa mendapatkan penghasilan perbulan diatas 20 juta rupiah apabila anda mendapatkan perusahan perminyakan yang bonafit serta memiliki posisi bagus.

3. Dosen

Dosen juga menjadi prospek kerja yang bagus bagi alumni teknik geologi wanita. Menjadi dosen sangat cocok dilakukan oleh para wanita, apalagi anda bisa membantu mencerdaskan bangsa kita. Pekerjaan dosen juga tergolong tidak terlalu berat, sehingga anda bisa membantu mengurus suami dan anak anda selesai mengajar.

Memang gaji seorang dosen terbilang kecil bagi seorang lulusan teknik geologi yang kebanyakan memiliki gaji puluhan juta. Hal ini pulalah yang menyebabkan cukup jarang mahasiswa berprestasi dari jurusan ini yang mau menjadi dosen. Akan tetapi karena bagi seorang wanita mencari nafkah bukan merupakan tugas pokoknya, tentunya masalah gaji ini bisa dinomor duakan. Seorang dosen universitas negeri biasanya mendapatkan penghasilan sekitar 10 juta rupiah sebelum ia menjadi seorang profesor.

4. Peneliti

Ilmu selalu tiada henti diteliti untuk memberikan sebuah inovasi baru, begitupula dalam bidang geologi. Anda bisa melamar menjadi seorang peneliti di LIPI atau lembaga penelitian lainnya. Memang menjadi peneliti ini tidak membuat anda terbebas dari kerja lapangan. Ada beberapa waktu yang mengharuskan seorang peneliti pergi kelapangan untuk mengambil sampel dan melakukan pengamatan. Untuk penghasilan yang bisa didapatkan sebagai seorang peneliti memanglah tidak begitu besar. Peneliti junior biasanya mendapatkan gaji sekitar 5-8 juta rupiah per bulannya.

5. PNS

Saat ini PNS memang memiliki standar gaji yang lumayan bagus, dibandingkan sebelum reformasi. Ada banyak kementerian yang membutuhkan lulusan teknik geologi, diantaranya Kementerian Lingkungan Hidup serta Kehutanan dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Kedua kementrian ini menawarkan jenjang karir yang cukup bagus, anda bisa mendapatkan gaji hingga 30 juta rupiah ketika telah memegang jabatan struktural di kementerian ini. Biasanya untuk mendapatkan jabatan struktural ini, dibutuhkan waktu mengabdi sekitar 20 tahunan.

6. Pengusaha

Tidak ada larangan bagi seorang sarjana teknik untuk menjadi pengusaha sukses. Apalagi jika anda memiliki modal dalam jumlah cukup besar yang menjadi salah satu kebutuhan untuk menjalankan bisnis anda. Beberapa bidang usaha dapat dilakukan seorang sarjana teknik geologi yang berkaitan dengan ilmu yang dimilikinya. Anda bisa menjadi seorang pengusaha batu bara, kontraktor bangunan dan berbagai bidang bisnis lainnya. Tentunya penghasilan yang bisa didapatkan seorang pengusaha sangat tergantung dari tingkat kesuksesan usahanya tersebut. Seorang pengusaha sukses bisa mendapatkan penghasilan diatas 1 milyar rupiah per bulan, tergantung dari jenis usaha dan besarnya bisnis yang dilakukan.

7. Bekerja di LSM

Banyak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang membutuhkan seorang sarjana teknik geologi sebagai pekerjanya. Misalnya saja LSM yang bergerak di bidang lingkungan, tentunya mereka membutuhkan alumni teknik geologi untuk melihat masalah pencemaran tanah. Prospek kerja di LSM ini juga tidak boleh kamu remehkan, banyak LSM yang berafiliasi dengan luar negeri memberikan gaji sangat tinggi. Tentunya untuk memasuki LSM yang bonafid ini juga tidaklah mudah, persaingan pelamar pekerjaan ini relatif cukup banyak.

Itulah beberapa prospek kerja untuk alumni teknik geologi wanita yang tidak membutuhkan banyak kerja di lapangan. Masalah penghasilan memang menjadi salah satu daya tarik dari jurusan ini, sehingga cukup banyak calon mahasiswa yang memilih teknik geologi sebagai pilihannya.