Sekolah Kedinasan di Malang Sebagai Pilihan Studi Anda

Sekolah kedinasan seringkali dipilih banyak orang di Indonesia karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melanjutkan studi disana. Begitupun dengan sekolah kedinasan di Malang yang semua biaya studinya ditanggung oleh pemerintah.

Apalagi masalah biaya hidup, tempat tinggal dan uang saku pun ditanggung pula, sehingga anda murid di sekolah ini tinggal fokus untuk menyelesaikan studinya saja. Setelah selesai studi pun, biasanya pemerintah akan langsung memberikan pekerjaan sehingga tidak ada kata lulusan sekolah kedinasan yang menganggur.

Daftar Sekolah Kedinasan di Malang

Di Malang ada 2 sekolah kedinasan yang bisa anda ikuti, tentunya tidak hanya warga sekitar saja yang boleh mendaftar disana. Seluruh warga Indonesia boleh untuk mendaftarkan diri di sekolah ini, sehingga persaingan untuk memasukinya cukup berat. Kedua sekolah kedinasan di Malang tersebut adalah sebagai berikut :

Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian Malang (STPP Malang)

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara agraris sehingga untuk memajukan pertanian yang ada di negara kita diperlukan banyak penyuluh pertanian. Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan penyuluh pertanian di seluruh Indonesia, didirikanlah Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian Malang (STPP Malang). Lulusan dari STPP Malang dapat ditempatkan di seluruh Indonesia, tergantung dari keputusan yang dilakukan oleh pemerintah setelah kamu lulus.

Ada dua pilihan program studi yang diadakan di STPP Malang, yaitu penyuluh pertanian dan penyuluh peternakan. Kedua jurusan ini memberikan peluang kerja yang sama, karena memang tingginya kebutuhan kedua jenis penyuluh ini di negara kita. Apabila anda lebih menyukai tentang hewan maka pilihlah penyuluh peternakan, sedangkan bila lebih menyukai tentang tumbuhan maka pilihan penyuluh pertanian lebih tepat untuk anda pilih.

Di dalam studi di sekolah kedinasan ini, selain diajarkan tentang ilmu peternakan dan pertanian yang cukup mumpuni anda akan dibina untuk bisa melakukan inovasi. Dengan inovasi tersebut, diharapkan anda bisa memberikan solusi pada masalah yang dihadapi petani dan peternak yang berada di lapangan. Harapannya lulusan sekolah kedinasan di Malang ini dapat memajukan pertanian dan peternakan yang ada di Indonesia dengan melatih para petani dan peternak di lapangan.

Pendaftaran penerimaan siswa baru pada STPP Malang biasanya dilaksanakan setiap bulan April. Untuk bisa masuk ke sekolah ini, anda perlu bersaing dengan ribuan peserta lainnya. Oleh sebab itu, anda perlu mempersiapkan diri dengan baik agar bisa melewati tes yang diadakan dengan baik. Ada 2 jenis tes dalam seleksi penerimaan siswa baru ini, yaitu tes fisik dan tes tulis.

Kamu perlu mempersiapkan fisikmu sedini mungkin agar mendapatkan nilai yang memuaskan. Usahakan untuk pagi setiap harinya, minimal setahun sebelum penerimaan siswa baru di STPP Malang. Hal itu dilakukan agar kondisi fisik selalu prima, sehingga ketika melakukan tes fisik maka kamu akan mendapatkan nilai yang bagus.

Untuk tes tulis yang diadakan pada seleksi masuk sekolah kedinasan di Malang ini biasanya berisi tentang pertanyaan logika dan tes pengetahuan umum. Perbanyaklah membaca buku untuk meningkatkan pengetahuan yang anda miliki, selain itu bacalah berita terbaru di negara kita. Dengan mempersiapkan fisik dan pengetahuan anda secara baik, diharapkan anda bisa diterima di STPP Malang

Politeknik Keuangan STAN Malang

Sekolah kedinasan di Malang yang kedua adalah Politeknik Keuangan STAN yang mendidik para pegawai kementerian Keuangan. STAN di Malang ini merupakan salah satu cabang yang dikhususkan untuk mendidik Diploma 1 saja. Walau begitu bersekolah di STAN memiliki jenjang karir yang cukup bagus pula. Apabila saat anda telah bekerja di Kementerian Keuangan kinerja kerjamu baik, biasanya kamu akan diberi beasiswa untuk melanjutkan studimu.

Related Post

Oleh karena itu, lulusan STAN di Malang ini nantinya tetap bisa menempati posisi tinggi di Kementerian Keuangan. Selain memiliki jenjang karir yang cukup baik, anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya apapun karena semuanya telah ditanggung oleh Pemerintah. Bahkan uang saku dan tempat tinggal pun telah disediakan, sehingga sekolah ini sangat cocok bagi anda yang tidak memiliki biaya untuk melanjutkan studi anda.

Walau hanya menyediakan pendidikan pada jenjang Diploma 1, tidak membuat persaingan memasuki sekolah kedinasan di Malang ini ringan. Anda perlu bersaing menghadapi puluhan ribu pendaftar lainnya untuk bisa mendapatkan 1 kuota pada sekolah ini. Sama seperti tes masuk di STPP Malang, disini tes masuknya juga dibagi menjadi tes tulis dan fisik. Anda yang tidak memiliki fisik yang baik atau memiliki penyakit dalam sebaiknya tidak perlu mendaftar ke mari karena tidak memenuhi persyaratan.

Masalah fisik memang sangat diperhatikan untuk memasuki sekolah ini, karena nantinya fisik seseorang sangat dibutuhkan dalam melaksanakan pekerjaannya. Sayangnya berdasarkan aturan Kemenkeu terbaru, lulusan STAN saat ini tidak otomatis menjadi PNS. Setelah menyelesaikan program studinya, lulusan STAN tetap harus lolos tes CPNS sebelum bisa diangkat menjadi PNS.

Itulah dua sekolah kedinasan yang ada di kota Malang, karena persaingannya yang ketat sebaiknya anda mendaftarkan diri ke keduanya sekaligus. Harapannya dengan mendaftarkan di banyak tempat akan membuat peluang anda semakin besar untuk bisa memasuki salah satu sekolah ini. Saya berdoa semoga anda menjadi salah satu peserta yang diterima di salah satu sekolah tersebut.

Universitas Swasta Terbaik di Malang

Bagi anda yang kurang beruntung sehingga tidak diterima di sekolah kedinasan di atas, anda bisa mencoba mendaftarkan diri pada beberapa universitas swasta. Memang seringkali universitas swasta di nilai memiliki pamor lebih rendah dari universitas negeri ataupun sekolah kedinasan. Akan tetapi apabila anda bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan studi anda di Universitas Swasta ini dan mendapatkan IPK yang bagus, maka masa depan anda akan cerah.

Banyak universitas swasta yang akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi yang dimilikinya, untuk melanjutkan studi S2 di universitas negeri favorit. Nantinya setelah melanjutkan studi S2 tersebut, diharapkan anda bisa menjadi dosen pada universitas tempat anda menyelesaikan studi S1 anda. Malang sendiri memiliki beberapa universitas swasta terbaik yang bisa menjadi alternatif sekolah kedinasan di sini. Universitas swasta tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

UMM dianggap sebagai salah satu Universitas terbaik yang ada di Kota ini. Ia juga mendapatkan gelar sebagai universitas swasta terbaik di seluruh Jawa Timur. Oleh sebab itu, anda tidak akan salah pilih ketika memilih UMM untuk melanjutkan studi anda. Kualitas universitas ini tidak bisa diragukan lagi, terbukti dari akreditasi A yang dimilikinya. UMM merupakan satu-satunya kampus swasta di Malang yang mendapatkan akreditasi A.

2. Universitas Islam Malang (UNISMA)

UNISMA memiliki kualitas yang relatif cukup baik, ia menjadi salah satu dari 100 universitas swasta terbaik di Indonesia. Untuk masalah akreditasinya sendiri, UNISMA mendapatkan nilai B sehingga ijazah yang dikeluarkan oleh UNISMA cukup diperhitungkan. UNISMA merupakan universitas yang berada dibawah NU, sehingga masalah akhlak menjadi salah satu yang ditonjolkan di kampus ini.

3. Institut Teknologi Nasional (ITN)

Bagi anda yang menyukai teknologi, maka memilih ITN sebagai tempat melanjutkan studi anda merupakan pilihan tepat. ITN memiliki spesialisasi pada jurusan teknik yang dimilikinya. Alumni dari jurusan teknik mesin, elektro dan informatika yang dihasilkan dari sekolah ini cukup disegani dalam bursa kerja. Para pengajar yang ada di kampus ini juga cukup kompeten dan merupakan lulusan dari universitas ternama seperti UGM, ITS dan UI.

Itulah sedikit artikel tentang sekolah kedinasan di Malang yang bisa saya sampaikan beserta universitas swasta alternatif yang bisa anda pilih.