Prospek Kerja Teknik Elektro Untuk Wanita yang Menjanjikan

Fakultas Teknik biasanya lebih identik dengan diisi para pria, sangat jarang wanita yang mau mengambil kuliah di fakultas ini. Studinya yang membutuhkan banyak praktik menjadi salah satu penyebabnya. Padahal prospek kerja teknik elektro untuk wanita sangat menjanjikan dan bisa memberikan kehidupan yang mandiri secara finansial.

Biasanya lulusan teknik elektro, baik pria maupun wanita memiliki standar gaji yang cukup tinggi. Apalagi jika universitas tempatnya menimba ilmu merupakan universitas bonafit, seperti UGM dan ITB. Tentunya banyak perusahaan yang berlomba untuk mendapatkan lulusan teknik elektro dengan gaji menarik yang ditawarkannya.

Konsentrasi Jurusan Teknik Elektro

Berbicara mengenai jurusan teknik elektro, banyak orang salah mengira bahwa jurusan ini hanya mempelajari seputar komponen elektronik. Padahal kenyataannya tidak demikian, memang mempelajari komponen listrik seperti elektromagnetik, prosesor, kondensator dan lain sebagainya merupakan salah satu bidang yang dipelajari.

Akan tetapi mahasiswa jurusan teknik elektro juga mempelajari berbagai hal lainnya, sehingga ilmu yang dimiliki lulusan jurusan ini cukup banyak. Di dalam jurusan teknik elektro, memasuki semester tengah para mahasiswanya akan dikonsentrasikan ke beberapa sub jurusan tergantung dari bakat dan minatnya

Kita ambil contoh di jurusan teknik elektro Universitas Gadjah Mada, mahasiswanya akan dikonsentrasikan ke 5 sub jurusan, yaitu Teknik Komputer, Teknik Pengolahan Isyarat, Elektronika dan Biomedika, Teknik Tenaga Listrik, Teknik Instrumentasi Kendali dan Teknik Tenaga Listrik. Pemilihan sub jurusan ini nantinya akan mempengaruhi kemampuan apa yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut.Ini juga akan berpengaruh ketika sang mahasiswa sudah lulus dan akan melamar pekerjaan.

Prospek Kerja Teknik Elektro Untuk Wanita

Jika kita berbicara mengenai prospek kerja teknik elektro untuk wanita, kita harus melihat pekerjaan yang tidak terlalu membutuhkan fisik. Selain itu, biasanya para wanita juga kurang menyukai pekerjaan yang banyak menyibukkan diri di Lapangan. Dengan begitu, ia bisa melakukan tanggung jawabnya untuk mengurusi anak dan suami yang ada di rumah.

Berikut ini beberapa pekerjaan untuk lulusan teknik elektro yang saya rasa cukup prospek dilakukan untuk seorang wanita.

1. Pengajar

Ada yang mengatakan bahwa seorang wanita merupakan pengajar yang lebih baik dibandingkan pria. Mungkin itu ada benarnya, walaupun saya juga tidak sepenuhnya setuju dengan hal ini. Akan tetapi, menjadi pengajar merupakan salah satu prospek kerja yang bagus untuk seorang wanita.

Alumni teknik elektro wanita dapat menjadi seorang pengajar di lembaga studi, SMK ataupun di Universitas. Menjadi seorang pengajar di Universitas (dosen) tentunya lebih disarankan, karena selain memiliki gaji yang lebih tinggi juga jenjang karirnya sangat bagus.

Biasanya untuk menjadi seorang dosen, anda perlu mendapatkan nilai menonjol selama melakukan studi di Universitas tersebut. Jika sudah demikian, biasanya pihak kampus akan menawarkan anda untuk mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi dan setelah lulus bisa menjadi dosen disana.

Tidak mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi juga bukan akhir segalanya, karena anda bisa melanjutkan S2 dengan biaya mandiri. Setelah lulus S2 nantinya anda bisa melamar ke kampus mana yang sekiranya membutuhkan tenaga pengajar.

2. Pegawai Negeri

Prospek kerja teknik elektro untuk wanita selanjutnya adalah menjadi pegawai negeri sipil yang bekerja untuk pemerintah. Menjadi PNS menjadi salah satu pekerjaan impian bagi sebagian besar orang Jawa. Bahkan banyak orang tua yang hanya ingin menikahkan anaknya dengan seorang PNS karena memiliki martabat yang lebih tinggi di matanya.

Ada beberapa lowongan di PNS yang bisa dimasuki oleh alumni teknik elektro wanita, diantaranya menjadi auditor di kementerian perindustrian, penguji mutu barang, teknisi peralatan, teknisi jaringan dan pekerjaan lainnya. Pekerjaan ini tidak terlalu menguras energi fisik, sehingga cocok untuk seorang wanita.

3. Pegawai BUMN

Menjadi pegawai BUMN dianggap sebagai salah satu pekerjaan yang memiliki gaji paling tinggi di Indonesia. Memang, jenjang karir seorang pegawai BUMN saat ini sangatlah bagus dan masa depan finansialnya juga relatif terjamin.

Oleh karena itu, menjadi pegawai BUMN merupakan prospek kerja alumni teknik elektro yang saya rekomendasikan. Pekerjaan di BUMN memang ada yang membutuhkan pekerjaan fisik dan lapangan, sehingga dirasa kurang cocok untuk wanita. Akan tetapi, masih banyak juga posisi yang tidak mengharuskan untuk terjun ke lapangan sehingga bisa menjadi pilihan seorang wanita.

4. Pegawai Swasta

Prospek kerja alumni teknik elektro lainnya adalah menjadi pegawai di perusahaan swasta. Saat ini ada banyak perusahaan swasta nasional maupun multinasional yang menawarkan gaji menggiurkan bagi seorang lulusan teknik elektro.

Anda jangan berkecil hati jika tidak diterima di perusahaan raksasa, anda bisa memulainya dulu di perusahaan skala kecil. Kebutuhan sarjana teknik elektro di perusahaan swasta skala kecil, relatif sangat banyak. Saat ini hampir semua perusahaan telah menggunakan jaringan komputer, sehingga mereka membutuhkan lulusan teknik elektro untuk mengelola jaringan ini.

Setelah mendapatkan pengalaman kerja yang dirasa cukup, anda bisa melamar kembali di perusahaan dengan skala lebih besar. Adanya pengalaman kerja biasanya menjadi salah satu pertimbangan sebuah perusahaan untuk menerima seseorang.

5. Wirausaha

Di era modern seperti sekarang, menjadi wirausaha memiliki prospek yang sangat bagus. Banyak seorang wirausaha mendapatkan penghasilan perbulan jauh lebih besar dibandingkan dengan seorang pegawai. Apalagi jika usaha yang dijalankannya berjalan dengan lancar, seorang teknik elektro bisa naik pangkat menjadi seorang bos.

Ada banyak bidang usaha yang sesuai dengan ilmu yang dimiliki seorang sarjana teknik elektro, misalnya saja pemasangan jaringan listrik, servis barang elektronik, jual beli barang elektronik, pemasangan jaringan komputer dan lain sebagainya. Jam kerja yang relatif fleksibel membuat prospek kerja untuk teknik elektro ini dirasa pas untuk seorang wanita.

6. Software Developer

Seperti yang telah saya ulas sebelumnya, bahwa jurusan teknik elektro tidak hanya berkutat pada komponen elektronik saja. Kita ambil contoh Institut Teknologi Bandung misalnya, dalam penjurusan teknik elektro ada satu bidang konsentrasi teknik informatika. Disini anda akan mempelajari berbagai hal seputar komputer, termasuk tentang pemrogramannya.

Seorang lulusan teknik elektro, memiliki prospek kerja yang cerah untuk menjadi software developer. Contohnya saja pendiri Bukalapak Achmad Zaky yang juga merupakan lulusan teknik elektro dengan konsentrasi informatika. Masalah kekayaan yang didapatkan olehnya dari pembuatan aplikasi bukalapak, tentu saja sangat banyak. Anda bisa mengikuti jejaknya ketika berhasil membuat sebuah software yang banyak diminati masyarakat banyak.

7. System Engineer

Seorang system engineer adalah orang yang merancang, menginstalasi dan mengawasi sebuah sistem. Lowongan pekerjaan untuk menjadi seorang system engineer ada banyak sekali tiap tahunnya. Untuk masalah penghasilan yang ditawarkan juga biasanya lumayan besar, sehingga pekerjaan ini cukup menarik untuk seorang alumni teknik elektro.

Kemampuan mendesain dan mengintegrasikan sebuah sistem menjadi sebuah keharusan bagi anda yang menginginkan pekerjaan ini. Anda juga perlu memiliki kemampuan mengawasi sistem, mencari dan mengatasi suatu masalah yang ada di dalamnya. Anda juga perlu melakukan upgrade sistem anda secara berkala, sehingga sistem yang anda buat tidak ketinggalan jaman.

8. Perminyakan dan pertambangan

Perusahaan perminyakan dan pertambangan banyak juga yang membutuhkan sarjana teknik elektro lho. Memang bekerja di perusahaan sektor ini sering dianggap kurang cocok bagi wanita. Penyebabnya adalah banyak pekerjaan lapangan yang perlu dilakukan, sehingga ia harus sering meninggalkan anak dan suaminya di rumah.

Akan tetapi bukan tanpa keuntungan untuk bekerja di perusahaan bidang perminyakan dan pertambangan. Prospek kerja teknik elektro ini memiliki tawaran gaji yang terbilang fantastis, apalagi jika anda bisa masuk ke perusahaan multinasional. Bekerja di Freeport misalnya, gaji yang ditawarkan di perusahaan ini bisa mencapai puluhan juta per bulannya.

9. Industri Otomotif

Industri otomotif juga tidak bisa dilepaskan dari peralatan elektronik untuk melakukan pembuatan kendaraan bermotor produknya. Hampir semua pekerjaan di industri ini, tidak bisa dilepaskan dengan namanya peralatan elektronik. Oleh karena itu, seorang alumni teknik elektro sangat dibutuhkan di dalamnya.

Anda yang menjadi lulusan teknik elektro tentunya bisa melamar pekerjaan dalam industri ini. Soal jenjang karirnya juga dirasa sangat baik, dengan tawaran penghasilan yang cukup menggiurkan. Mendapatkan gaji perbulan di atas 10 juta rupiah, tentu bukan lagi hanya sebatas mimpi jika anda bisa bekerja di perusahaan otomotif terkenal.

Itulah 9 prospek kerja teknik elektro untuk wanita yang menjanjikan untuk dilakukan. Bagi anda yang masih bingung mengenai jurusan apa yang akan dimasuki, teknik elektro bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat. Tentu saja ini dilakukan apabila bakat dan minat anda sesuai dengan jurusan ini, jika tidak sebaiknya anda tidak memaksakan diri dan memilih yang sesuai dengan bakat dan minatnya.