Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia

Di bumi ini sebenarnya tanpa tumbuhan maka manusia tidak akan bisa hidup dengan baik, jadi memang tumbuhan ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Mungkin karena keberadaannya yang tidak terlalu diperhatikan banyak yang menganggap remeh tumbuhan, bahkan ada yang tega merusaknya demi bisnis. Contohnya penggundulan hutan. Ini adalah sesuatu yang sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup manusia dalam jangka panjang.

Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia

Berikut ini akan saya uraikan apa saja manfaat tumbuhan bagi manusia yang perlu anda ketahui. Karena tanpa kehadirannya kita akan kesulitan untuk bisa hidup secara normal.

1. Penghasil Oksigen

Ini adalah manfaat utama dari tumbuhan. Di mana disebutkan kalau hutan itu adalah paru-paru dunia. Itu karena tumbuhan menghasilkan oksigen yang digunakan untuk kamu bernafas.

Coba deh kamu tahan nafas selama beberapa detik. Pasti kamu akan merasa tersiksa bukan? Nah tanpa tumbuhan maka kamu tidak akan bisa bernafas bukan hanya beberapa detik melainkan seterusnya.

Kebayang kan sekarang pentingnya tumbuhan?

2. Tumbuhan Untuk Dikonsumsi

Memang tidak semua tumbuhan dapat dikonsumsi. Hanya beberapa saja. Biasanya kamu menyebutnya dengan sayur dan buah-buahan.

Ada yang dikonsumsi daunnya dan ada yang buahnya. Jadi tergantung jenis tumbuhan itu. Asalkan kamu tahu orang-orang bisa tidak makan daging dan tetap hidup. Contohnya vegetarian.

Tetapi kalau hanya makan daging dan tidak makan sayur dan buah maka orang tersebut akan sakit-sakitan. Karena sayur dan buah memiliki kandungan vitamin, karbohidrat, dan berbagai zat yang lain yang memang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh manusia.

3. Membuat Udara Sejuk

Fungsi ketiga dari tumbuhan yang tidak boleh kamu pandang sebelah mata adalah untuk membuat udara menjadi sejuk. Tumbuhan ini memang bisa membuat udara jadi sejuk sebab di siang hari tumbuhan akan melakukan proses yang disebut fotosintesis.

Proses ini yakni sebuah proses di mana tumbuhan akan mengambil karbondioksida yang ada di udara, kemudian akan diproses oleh tumbuhan tersebut untuk kemudian dikeluarkan lagi jadi oksigen yang kamu hirup.

Dan oksigen ini yang membuat udara di sekitar jadi semakin sejuk. Karena itu kalau kamu pergi ke tempat yang gersang akan terasa menyiksa.

4. Dijadikan Kerajinan Tangan

Selain itu tumbuhan juga dapat digunakan untuk dibuat jadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual. Namun ini hanya tumbuhan tertentu dan bukan semua jenis tumbuhan ya teman-teman.

Contoh kerajinan tangan yang dapat dibuat dari tanaman antara lain tas, pakaian, hingga dompet.

5. Untuk Bahan Bangunan

Memang jaman sekarang sudah ada berbagai bahan bangunan yang modern. Seperti baja ringan dan lain-lain.

Namun di luar itu, keberadaan kayu tetap tidak bisa disingkirkan. Sebuah bangunan pasti membutuhkan kayu. Contohnya dibuat menjadi triplek, dan lain-lain.

Apalagi bahan bangunan kayu yang berasal dari tumbuhan ini juga lebih murah dibandingkan harga bahan bangunan yang lainnya. Untuk daya tahan asalkan perawatan tepat maka dapat bertahan cukup lama tidak kalah dengan material bangunan yang lainnya.

6. Dibuat Sebagai Bahan Dasar Obat

Kalau di Indonesia mungkin masih jarang yang menggunakan tumbuhan sebagai bahan dasar obat. Tetapi sudah mulai.

Yang paling banyak contohnya di negara Panda itu. Sekarang di kota besar di Indonesia sudah banyak yang menjual obat herbal dari negara China. Nah obat-obatan tersebut rata-rata dibuat menggunakan bahan dasar tumbuhan.

Banyak dari obat-obatan tersebut yang memang terbukti efektif untuk menyembuhkan. Meskipun memang beberapa harganya cukup mahal dibandingkan dengan obat generik.

7. Untuk Pewarna Alami

Memang sih banyak yang tidak terlalu memperhatikan manfaat dari tumbuhan yang satu ini untuk manusia. Walaupun sebenarnya kalau dilihat-lihat cukup vital juga.

Karena makanan dan minuman yang menarik itu yang memiliki warna. Dan memang memungkinkan untuk menggunakan pewarna buatan dari bahan kimia. Namun itu bukanlah sesuatu yang bagus untuk dikonsumsi oleh manusia.

Yang terbaik tetaplah menggunakan pewarna alami. Contohnya ya yang dibuat menggunakan bahan dasar tumbuhan. Contoh aja nih kalau untuk pewarna kuning dapat menggunakan kunyit, untuk pewarna coklat dapat menggunakan kakao, dan untuk pewarna hijau misalkan menggunakan daun suji, dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. Lapangan Kerja

Lho kok bisa manfaat tumbuhan nyambung ke lapangan kerja? Jangan salah. Kalau kamu berkunjung ke tempat wisata alam di daerah dataran tinggi. Maka apa yang menjadi daya tarik utama di tempat wisata tersebut?

Tentunya pemandangan bukan? Nah di sini pepohonan yang hijau itu merupakan pemandangan yang menarik perhatian. Untuk contoh lebih jelas lagi, mari kita melompat ke Jepang.

Di Jepang itu yang menjadi salah satu daya tarik pariwisata mereka adalah Tumbuhan bunga Sakura yang bermekaran.

Dan tempat wisata yang ada pasti membutuhkan orang yang bertugas. Contohnya aja untuk penjaga loket tiket, tukang sapu, manajer, dan lain-lain. Jadi secara tidak langsung manfaat tumbuhan ini ya juga untuk membuka lapangan kerja yang baru.

9. Menyediakan Air Bersih

Manfaat tumbuhan untuk manusia yang berikutnya adalah untuk menyediakan air bersih. Karena hutan mempunyai sistem filtrasi, juga sistem penyimpanan alami.

Di mana hutan akan memproses hampir semua pasokan air bersih yang kamu butuhkan. Saat kamu minum kopi di Cafe tuh. Sesungguhnya air yang kamu minum itu merupakan air yang diambil dari mata air. Sama juga dengan air mineral kemasan diambil dari mata air.

Sekarang kamu sudah tahu apa saja manfaat tumbuhan bagi manusia. Semoga bermanfaat dan belajarlah untuk lebih mencintai alam dari sekarang ya.