Manfaat Batu Giok Asli Menurut Kepercayaan Orang China

Batu giok merupakan salah satu jenis batu mulia yang banyak dikoleksi manusia, khususnya orang China. Ada dua hal yang menyebabkan batu ini begitu disukai, yaitu karena manfaat dan keindahan yang dimilikinya. Orang China percaya bahwa batu giok memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk menjaga kesehatan, keberuntungan dan melancarkan rejeki.

Manfaat Batu Giok

Memang saat ini demam batu akik sudah tidak lagi merajai negeri kita, akan tetapi beberapa jenis batu mulia masih tetap diburu. Giok salah satunya, batu ini sudah lama dikoleksi manusia dan memiliki harga yang sangat stabil. Warnanya yang indah menjadikan batu ini dapat dijadikan aksesoris atau ornamen. Selain karena keindahannya, manfaat batu giok menjadi salah satu yang menjadi daya tarik mengapa banyak orang yang ingin memilikinya.

Manfaat Giok Untuk Kesehatan

Batu giok dipercaya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan manusia, karena diduga mengandung ion positif yang dapat menyehatkan tubuh manusia. Ada juga yang mengatakan bahwa batu giok akan memancarkan sinar inframerah, sehingga akan melancarkan aliran darah kita. Dengan melancarkan alirah darah kita, tentunya akan membuat sirkulasi oksigen dan nutrisi ke seluruh sel di tubuh berlangsung dengan baik.

Beberapa manfaat batu giok untuk kesehatan yang dipercaya orang-orang China diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mampu melancarkan aliran darah manusia
    Batu giok diduga mampu memancarkan ion positif yang dapat membuat peredaran darah menjadi lancar. Hal itu terjadi dikarenakan kolesterol didalam darah akan dihilangkan oleh ion positif ini. Dengan begitu sumbatan yang ada di pembuluh darah menjadi menghilang, sehingga dapat terhindar dari penyakit stroke, jantung, darah tinggi dan lain sebagainya.
  2. Mampu menetralkan racun di dalam tubuh
    Ion positif dari batu giok diduga mampu menetralkan racun di dalam tubuh manusia, sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Akibat hilangnya racun di tubuh ini juga menyebabkan orang yang memakai batu giok diklaim memiliki ginjal lebih sehat.
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Dengan ion positif yang dipancarkan giok ke tubuh manusia, membuatnya mampu membuat daya tahan tubuh meningkat. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh ini, membuat pemakai giok menjadi lebih susah sakit.
  4. Memperbaiki metabolisme
    Dengan ion positif yang dipancarkan oleh giok, mampu membuat metabolisme manusia berjalan dengan lebih lancar. Hal itu membuat metabolisme kita bekerja dengan baik, sehingga menjadi lebih bertenaga dalam menjalankan aktivitasnya.
  5. Sistem pencernaan bekerja dengan lebih baik
    Adanya kandungan mineral di dalam giok diduga mampu membuat makanan dapat diserap nutirisinya dengan lebih baik dan cepat.
  6. Menghambat penuaan dini
    Dengan adanya energi positif yang dikeluarkan giok, akan memberi manfaat untuk menghambat terjadinya gejala penuaan diri. Hal itulah yang membuat para pemakai batu giok terlihat lebih awet muda.
  7. Menghindari stress
    Adanya energi positif yang dipancarkan batu giok membuat pemakainya selalu berpikir positif sehingga terhindar dari stress.
  8. Menolak energi negatif
    Adanya energi positif yang dipancarkan batu giok membuat energi negatif tidak dapat masuk ke tubuh penggunanya. Hal itu membuat pemakai batu giok sulit diserang oleh jin, santet dan lain sebagainya.
  9. Mencegah insomnia
    Dengan memakai batu giok akan membuat tubuh kita menjadi lebih rileks. Hal itu tentunya akan membuat kita lebih mudah tertidur di malam hari.

Kejayaan

Selain dipercaya mampu memberi manfaat bagi kesehatan manusia, batu giok juga dipercaya mampu membawa kejayaan bagi pemiliknya. Hal itulah yang membuat para kaisar Cina pada zaman dahulu mengoleksi banyak batu giok untuk mempertahankan kejayaannya. Para pebisnis dari negeri tirai bambu juga hingga sekarang berlomba-lomba mengoleksi batu ini. Mereka masih mempercayai bahwa dengan memiliki batu giok maka akan membuat usaha bisnis yang dilakukannya menjadi sukses.

Kepercayaan ini jugalah yang membuat harga batu giok asli selalu stabil mahalnya. Bahkan banyak batu giok yang harganya menjadi milyaran rupiah, karena kualitas yang dimilikinya. Batu giok yang paling dipercaya dapat meningkatkan kejayaan pada pemiliknya adalah yang berwarna merah. Jenis batu giok ini sangat jarang beredar di indonesia, karena biasanya setiap ditemukan di pertambangan para pengusaha dari negeri tirai bambu akan langsung berlomba membelinya.

Cinta Kasih

Ada mitos yang beredar di negeri cina bahwa dengan memakai batu giok maka urusan percintaan menjadi lancar. Giok juga diklaim mampu membuat hubungan pasangan yang mulai meredup menjadi lebih harmonis. Khasiat batu giok untuk melancarkan urusan asmara ini dikarenakan energi positif yang dipancarkan oleh giok akan mampu menghapus energi negatif di dalam tubuh pemiliknya. Dengan begitu maka urusan percintaan menjadi lancar dan membuat pemiliknya lebih mudah untuk mendekati wanita idamannya. Selain memberikan energi positif, batu giok juga diklaim mampu memberikan rasa damai dan kasih sayang.

Kebijaksanaan

Giok dipercaya juga mampu membuat pemiliknya dapat berpikir lebih jernih sehingga memiliki kebijaksanaan tinggi. Pancaran energi positif yang dikeluarkan batu giok diklaim mampu memberikan keharmonisan dengan alam bagi pemakainya. Hal itulah yang membuat batu ini dapat menyebabkan pemiliknya menjadi lebih selaras, serasi dan seimbang dengan alam. Dengan begitu maka pemiliknya menjadi memiliki pemahaman lebih baik dibandingkan dengan manusia pada umumnya.

Benarkah Manfaat Batu Giok Diatas ?

Klaim manfaat batu giok di atas tergolong sangat fantastis, membuat batu ini dianggap sebagai solusi semua masalah. Banyak orang yang percaya dengan klaim diatas, sehingga membuat banyak yang menggunakannya terutama untuk pengobatan. Bahkan di televisi seringkali muncul iklan tentang batu giok hitam (black jade) yang mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi manusia. Karena promosi yang besar-besaran ini, serta telah beredarnya mitos di masyarakat sejak dulu membuat banyak orang yang percaya bahwa batu giok mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Sayangnya, sebenarnya klaim manfaat batu giok di atas tidak ada yang bisa dibuktikan secara ilmiah. Hingga saat ini tidak ada penelitian yang mampu membuktikan bahwa batu giok benar-benar mampu memberikan manfaat di atas. Biasanya klaim yang ada didasarkan dari pengalaman penggunanya yang merasa menjadi lebih baik ketika memakai batu giok.

Menurut hasil penelitian tim Goldsmith College University of London, perasaan menjadi lebih baik karena memakai batu giok ini berasal dari efek plasebo. Efek plasebo adalah efek psikologis yang muncul akibat menggunakan obat atau suatu perawatan medis tertentu. Efek psikologis yang dihasilkan ini bisa bersifat negatif dan positif.

Orang yang percaya batu giok dapat memberikan manfaat kesehatan akan merasa tubuhnya menjadi sehat. Akan tetapi ketika seseorang tidak mempercayai bahwa batu giok dapat memberikan khasiat, ternyata orang tersebut tidak mendapatkan efek positif apapun darinya. oleh karena itu, kebenaran tentang manfaat batu giok ini lebih cenderung karena adanya efek plasebo bukan karena giok benar-benar mampu memberikan hal tersebut.