Categories: Hewan

Makanan Burung Jalak Bali dan Cara Pemberiannya

Burung jalak bali termasuk ke dalam hewan omnivora, yaitu bisa memakan hewan dan tumbuhan. Makanan burung jalak bali di habitat aslinya biasanya adalah serangga, terkadang ia juga memakan cacing, kelabang, kecebong dan hewan berukuran kecil lainnya. Untuk tumbuhan yang menjadi makanan favorit burung ini diantaranya adalah Jambu, Pisang, Jagung dan lain sebagainya.

Tentunya pakan burung yang berada di penangkaran atau dipelihara dapat dibuat lebih bervariasi daripada yang di alam. Manusia dapat memberikan lebih banyak pilihan kepada Jalak Bali untuk diberikan sebagai asupan makanannya. Tentunya burung jalak bali menjadi tidak bisa mencari makan sendiri karena ruang geraknya dibatasi oleh kandang, sehingga pemberian makanan ini sangat tergantung pada orang yang merawatnya. Oleh karena itu, jika anda merupakan salah satu pemelihara burung ini sebaiknya anda harus menjaga asupan makanannya, agar burung kesayangan anda bisa tetap sehat dan lincah.

Makanan Utama Burung Jalak Bali

Makanan utama yang diberikan kepada burung jalak bali secara rutin dapat berupa campuran buah pepaya, pisang, kroto dan jangkrik. Kroto dan jangkrik termasuk hewan yang banyak dijual sebagai pakan, sehingga tidak akan merepotkan pemelihara burung ini untuk mendapatkannya.

Buah-buahan yang diberikan kepada jalak bali sebaiknya bagian kulitnya dikupas terlebih dahulu dan kemudian dipotong kecil-kecil untuk memudahkan burung ini dalam memakannya. Sebaiknya potongan buah ini dibuat dengan diameter kurang dari 0,5 cm agar pas di mulutnya. Ada juga yang mencampurkan kroto bersama dengan potongan buah tersebut, untuk diberikan secara bersama-sama.

Sepasang burung jalak bali membutuhkan pakan dengan jumlah sekitar 150 gram per hari. Dari jumlah tersebut 100 gram merupakan makanan yang berasal dari tumbuhan, sedangkan 50 gram berasal dari hewan. Pemberian pakan diberikan dengan cara dimasukkan ke kandang dan dikaitkan pada kayu tempatnya bertengger.

Makanan Burung Jalak Bali Berdasarkan Umurnya

Pemberian makanan kepada burung jalak bali juga harus memperhatikan masalah umur. Makanan yang diberikan kepada burung yang baru lahir tentunya berbeda dengan ketika ia dewasa.

Related Post

Makanan untuk burung yang baru menetas

Burung yang baru menetas dari telur biasanya memiliki cadangan makanan dari telur hingga sehari setelahnya. Oleh karena itu pemberian makanan biasa diberikan mulai dari keesokan harinya, pemberian makanan ini dilakukan secara rutin setiap setengah jam sekali. Untuk jenis makanan yang diberikan biasanya adalah kroto yang disuapkan dengan jumlah sedikit tetapi rutin. Jika ditempat anda tidak ada yang menjual kroto, alternatif lain dapat diberi dengan jangkrik yang diambil bagian perutnya saja dan dihaluskan.

Makanan untuk burung berumur satu minggu

Ketika sudah berumur satu minggu, jalak bali tetap diberi makan kroto dan jangkrik. Akan tetapi jangkriknya sudah bisa diberikan secara utuh, walaupun perlu dipotong bagian kakinya agar memudahkan si burung dalam menelannya. Sebaiknya anda memilih jangkrik anakan yang ukurannya kecil dan masih berwarna putih.

Ketika sudah berumur dua minggu

Ketika sudah berumur dua minggu, anda bisa memberikan voer bertekstur lembut sebagai asupan makanan tambahan. Seduh vor tersebut dengan air panas agar memperlunak dan memudahkannya dalam memakan. Pemberian makanan pada umur segini dapat di selang seling antara voer dan jangkrik. Pencampuran kroto pada adonan voer juga dapat dilakukan untuk memberikan nilai gizi yang lebih. Voer yang diberikan kepada burung anda sebaiknya dibuat agak encer sehingga tidak tersedak ketika memakannya.

Pakan harian ketika sudah dewasa

Ketika burung jalak bali sudah berumur 4 minggu, ia sudah mulai bisa bertengger dan dapat dihitung sebagai burung dewasa. Berikan makanan yang dicampur dengan buah kepadanya agar bisa tumbuh dengan sehat. Buah pepaya dan pisang merupakan alternatif yang baik karena penuh nilai gizi dan harganya murah. Perbandingan antara pemberian buah dan hewan adalah 2 : 1, yaitu 100 gram buah-buahan atau biji dan 50 gram makanan dari hewan.

Makanan burung jalak bali siap kawin

Ketika burung jalak bali anda memasuki periode siap kawin, maka berikan buah-buahan dalam dosis lebih sedikit. Pemberian voer atau makanan buatan pabrik dan hewan kecil sebaiknya lebih banyak karena mengandung protein tinggi yang akan memacu birahi burung anda. Untuk takarannya saat ini diubah menjadi 1 : 2, yaitu 50 gram buah-buahan dan 100 gram makanan dari hewan atau voer.

Saat indukan mengeram

Ketika indukan burung anda sedang mengerami telurnya, berikan makanan buah-buahan atau biji dalam jumlah banyak. Pemberian hewan sebaiknya jauh dikurangi agar tidak membuat indukan jantan menjadi birahi. Bila itu yang terjadi maka indukan jantan biasanya akan membuang telur tersebut sebelum menetas. Tentu itu bukanlah hal yang anda inginkan bukan, apalagi burung ini termasuk hewan yang langka.

Itulah beberapa hal seputar makanan burung jalak bali dan cara pemberiannya berdasarkan burung yang sedang dipelihara.