Jenis Kelinci Hias Termahal di Dunia

Kelinci telah menjadi sebuah hewan berharga bagi manusia selama ratusan tahun. Pada awalnya mereka menjadi komoditas yang diambil dagingnya untuk konsumsi. Saat ini dikarenakan kelakuan dan penampilannya yang lucu dan menggemaskan, banyak orang yang menjadikan kelinci sebagai hewan peliharaan. Kemudian muncullah orang yang mengkawin silangkannya, sehingga muncullah Jenis kelinci hias yang dikhususkan untuk hewan peliharaan di rumah. Jenis kelinci hias yang unik dan berkualitas tinggi memiliki harga jual yang sangat mahal. Pada artikel ini saya akan membahas tentang jenis kelinci hias dengan harga termahal yang ada di dunia.

Jenis Kelinci Hias termahal

Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli kelinci untuk dipelihara di rumah Anda, anda mungkin ingin mengetahui tentang ras mana saja yang paling sesuai dengan isi dompet Anda. Sebagian besar ras kelinci hias berharga mulai dari 200 ribu hingga 500 ribu rupiah ketika dibeli langsung dari peternak. Di luar tersebut, ada beberapa ras kelinci yang banyak diburu orang sehingga mengakibatkan harganya menjadi mahal. Dalam artikel ini, kita akan melihat jenis kelinci hias dengan harga termahal yang ada saat ini.

1. Kelinci Harlequin

Jenis kelinci hias ini memiliki bulu yang memiliki dua warna yang kontras, sehingga membuatnya akan terlihat menonjol di keramaian. Awalnya ia dikenal dengan nama kelinci Jepang, walaupun asal muasal ras ini tidak diketahui dengan pasti. Ras ini masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1917, warna bulunya yang unik dan kelangkaannya membuatnya memiliki harga yang mahal. Saat ini harga kelinci harlequin berada di sekitar US $900 atau jika dirupiahkan dengan kurs 15.000 adalah sekitar 13,5 juta rupiah. Saya sendiri kurang mengetahui apakah ras langka ini telah ada yang memilikinya di Indonesia, sepertinya sih tidak ada.

2. Holland Lop

Holland Lop dianggap jenis kelinci hias paling populer untuk pertunjukan. Ia memiliki telinga yang terkulai dan bulu tubuh yang tebal dan lembut. Dengan tampilannya yang sangat menggemaskan ini, membuatnya menjadi peliharaan favorit bagi pecinta kelinci pemula ataupun yang berpengalaman. Karena popularitas ini, ras Kelinci Holland Lop memiliki harga jual yang tinggi secara internasional. Anda perlu merogoh kocek sedalam 4 juta rupiah atau lebih untuk memiliki kucing ini.

3. Kelinci Lionhead

Lionhead merupakan ras yang relatif baru yang ada di American Rabbit Breeders Association. Ia baru diakui sebagai salah satu ras kelinci pada tahun 2014. Ia memiliki bulu wajah yang sangat tebal sehingga dianggap mirip seperti kepala singa (lion head). Awalnya ras ini dianggap sebagai hasil persilangan anggora yang gagal karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah telinganya yang pendek dan bulu wajah yang sangat tebal. Akan tetapi justru tampilannya tersebutlah yang membuat ras ini terlihat sangat lucu. Saat ini harga kelinci lionhead di pasaran adalah sekitar 1,4 sampai 2 juta rupiah.

4. Mini Rex

Jenis kelinci hias ini dianggap sebagai pewaris dari salah satu ras termahal yang pernah terjual, yaitu kelinci Rex. Mini Rex bersaing ketat dengan Holland lop untuk menjadi ras yang paling disukai saat ini. Ia mempunyai bulu yang tebal dan lembut sehingga membuatnya terlihat sangat menggemaskan. Ras ini juga termasuk lincah, bahkan banyak pemilik hewan ini yang mengatakan bahwa mini rex merupakan hewan yang hiperaktif karena suka sekali loncat kemana mana. Mini rex dengan sertifikat silsilah keturunannya yang menjamin bahwa kelinci tersebut sebagai ras murni dijual sekitar 4 juta rupiah. Jika anda ingin membeli mini rex ini sebaiknya anda berhati-hati karena banyak ras campuran yang dijual dengan nama mini rex. Apalagi jika kelinci tersebut dijual dengan harga kurang dari sejuta rupiah, kemungkinan besar itu merupakan ras campuran.

5. Kelinci Netherland Dwarfs

Jenis kelinci hias ini berukuran mungil tetapi sangat penuh energi, sehingga suka sekali bergerak kesana kemari. Netherland Dwarfs mempunyai ukuran yang hanya sebesar anak kucing, sehingga terlihat sangat menggemaskan. Akan tetapi bagi anda yang mempunyai anak kecil sebaiknya jangan memeliharanya, karena hewan ini mudah sekali stress. Apalagi biasanya anak kecil suka sekali untuk menggendong dan memeluk hewan peliharaannya. Netherland Dwarfs memiliki harga yang lumayan yang membuatnya sejajar dengan jenis kelinci termahal lainya. Saat ini Netherland Dwarfs yang telah dilengkapi dengan sertifikat tentang keasliannya dijual dengan harga sekitar 3 juta rupiah.

6. Kelinci Rex

Jenis kelinci hias ini masih memegang rekor sebagai kelinci termahal sepanjang sejarah. Ia memiliki bulu yang sangat tebal sehingga sangat digemari ketika pertama kali muncul di Amerika Serikat pada awal tahun 1920an. Kemunculan ras ini diawali dari persilangan kelinci liar yang dilakukan oleh orang-orang Prancis sehingga akhirnya setelah puluhan tahun, muncullah ras baru yang disebut sebagai Kelinci Rex. Pada tahun 1930an, harga 1 ekor kelinci rex dewasa berkisar US $1.500 atau bila dikonversikan kedalam kurs saat ini berarti mencapai US $22.000 yang jika dirupiahkan berarti sekitar 300 juta rupiah. Akan tetapi saat ini harganya sudah tidak semahal itu kok, anda bisa mendapatkannya dengan harga kurang dari 1 juta rupiah saja.

7. Kelinci Anggora Jerman

Jenis kelinci hias ini memiliki bulu yang sangat lebat dengan warna putih polos membuatnya terlihat seperti gumpalan kapas. Dulunya ras ini dibudidayakan di Eropa untuk diambil bulunya yang dijadikan sebagai kain Wol. Akan tetapi karena kelucuan yang dimiliki ras ini serta sifatnya yang lincah dan ceria membuatnya banyak disukai orang. Kelinci anggora jerman biasanya dijual di Indonesia dengan harga sekitar 1 juta rupiah.